DIY – RESEP CATERPILLAR COOKIES (COOKIES ULAT)




Hello....
Wassup buddies. Gimana nih lebarannya? Makin lebar-an apa enggak nih? Semoga enggak ya hehe
Well, ada section baru loh di blog gue. Yup, it’s DIY. DIY itu kepanjangan dari Do It Yourself dan DIY pertama yang bakal gue share ke kalian adalah Caterpillar Cookies. Kayanya, cookies ini lagi jadi primadona nih hehehe hits banget dimana-mana. Gue dapet referensi resep ini dari instagram dengan cara membandingkan takaran bahan yang akan dijadikan adonan. Takaran paling banyak digunakan misal 8/10 resep takarannya sama maka itulah yang gue jadiin panduan. Massive thanks buat siapapun yang petama kali mencetuskan bikin cookies ini. You’re so damn creative. I don’t even know who you are but I admire you so much. You’re such a brilliant *_*
Nah, maka dari itu gue yang sangat terinspirasi ini  bakal berbagi resep dan cara bikin cookies yang lagi hits ini ke kalian dengan step-step yang udah beneran gue praktekin! Come on!!!!  Let’s check this out!!!

BAHAN:
200 gr                    Tepung Maizena
2 sachets                Susu Kental Manis Putih ( gue pake: Frisian Flag)
125 gr                    Butter ( gue pake: Blue Band Cake and Cookie karena itu campuran margarine + butter jadi lebih gurih atau kalian bisa pake merk Palmia)
1 sdt                      Pewarna makanan warna hijau (gue pake: Rajawali)
Chocochips
Pisau  Acar          (gue pake: pisau acar karena menurut hasilnya lebih bagus dibanding sisir)

CARA MEMBUAT:
1. Masukkan butter dan susu kental manis. Hancurkan butter dengan menggunakan garpu atau whisk. Kemudian campur keduanya hingga tercampur rata.
2. Setelah tercampur rata masukan tepung maizena, uleni dengan tangan sampai rata.
3. Jika, adonan sudah rata segera masukkan pewarna makanan warna hijau. Uleni hingga semua adonan berwana hijau
4. Siapkan loyang (tidak usah diolesi mentega)
5. Ambil sedikit adonan, bentuk memanjang hingga menyerupai ulat
6. Untuk mendapatkan tekstur seperti ulat, siapkan pisau acar. Kemudian, letakkan adonan diatas pisau acar. Lalu gerakkan ke depan dengan cara digulung (cukup satu sisi saja yang terdapat tekstur garisnya)
7. Letakkan chocochips satu disisi kiri satu disisi kanan sebagai mata pada bagian adonan yang telah bertekstur garis
8. Panggang dalam oven sekitar 15-20 menit dengan api sedang (gue disini pake oven jadul yang ditaruh diatas komor gitu guys, jadi lama pemanggangan tergantung oven masing-masing. Buat nyari aman kalo pake oven kaya gue sering-sering aja diintip dengan cara: pake senter buat nyenterin adonan yang dipanggang lewat kaca ovennya)

Well itu tadi resep buat bikin Caterpillar Cookies nya. Gimana gampang kan? Untuk mendapatkan kesan nyata dari Caterpillar Cookies ini maka gue sengaja taruh di wadah kaya gini dan dihias pake daun artificial (daun-daunan, daun palsu, beli di toko peralatan bikin bunga). Soalnya, kalo ditaruh di stoples orang bakal ngira kita beli nggak bikin sendiri wkwkwk. Dan kalo ditaruh di toples kesannya udah biasa banget yak an? Oh ya kenapa dipilih daun artificial soalnya kalo pake daun asli takutnya pas wadahnya ditutup bakal berpengaruh ke rasanya. Jadi lah daun artificial yang harganya cuma 9 ribu aja ini sebagai jalan keluar.

Untuk warnanya sesuai minat kalian aja, mau dikasih warna apa.  Gue pribadi meilih warna hijau karena ceritanya ini ulat jambu wkwkwk makanya warnanya ijo. Oh ya, buat hiasan mata dari chocochips nya diusahakan nempelinnya agak ditengah atau rada diatas dikit kalo terlalu kebawah nanti : pertama bakal ada bagian chocohips nempel di loyang dan ninggalin bekas, kedua misal nggak nempel bakal gampang lepas.

Correct me if I’m wrong ada yang nyebut ini cookies ada yang bilang ini semprit susu. Gue anggep dua dua nya bener. Jadi, jangan ada perdebatan mengenai nama ini ya. hehe oh iya gue lihat dibeberapa resep ada yang namain Caterpillar Cookies ada yang namain juga Worm Cookies tapi gue lebih memilih Caterpillar Cookies karena dari bentuk dan warna yang gue buat emang lebih mirip ulet daripada cacing.

Buat kalian yang mau bikin cookies ini terutama mau disajikan hati-hati ya soalnya beberapa tamu di rumah gue pas lebaran banyak yang geli dan mungkin emang phobia sama ulet kali ya jadi ada yang sampe histeris gitu bahkan sampe nangis. Nggak cuma anak kecil tapi orang dewasa juga. Tapi, banyak juga sih yang takut tapi kepo pengen tau rasanya kaya gimana hehe

Well, sekian dulu DIY Resep Caterpillar Cookies kali ini, semoga bermanfaat buat kalian dan kalian bisa coba sendiri di rumah. Semisal kalian mau re-cook resep dari gue ini boleh banget kok buat nge-tag atau mention gue ke akun-akun medsos gue di @annichut hehehe cari aja @annichut di semua portal sosmed disana kalian bakal ketemu gue. Thank you for coming to my blog.  See you on my next post. Spread the good vibes. I love each and every one of you. Bye bye~
XOXO,

3 Comments

  1. Ide kue lebaran. Baru lihat gara2 postingan yang gyudon itu. Ternyata gampang banget dibikinnya, ya. Jadi pengen coba

    ReplyDelete
  2. Sudah buat sudah praktek eh gada tamu yang dateng :( makan sendiri

    ReplyDelete