“ARTHDAL CHRONICLES” RECOMMENDED K-DRAMA WAJIB NONTON!



Poster Season 1 Arthdal Chronicles | Sumber : tvN
Hello...
Wassup buddies. Setelah sekian lama hiatus aku datang lagi yeayyyyy. Oh ya blog aku yang pertama aktif lagi ya guys setelah dulu isinya cuma bahas EXO sekarang aku isi dengan beberapa artikel aku yang udah aku submit di media massa tapi udah lebih dari 2 minggu pending nggak disentuh sama editor buat di publish aku putuskan buat aku tulis ulang di blog aku, kalo kalian mau baca boleh lihat di blog aku namanya Mocca Floats. Klik aja terus baca yah.

Okay, kali ini aku bakal bahas drama korea yang lagi hype banget setelah seminggu lalu comeback dengan season ketiga nya setelah kurang lebih dua bulan hiatus dijeda sama drama Hotel Del Luna yup it’s Arthdal Chronicles. Kenapa kalian wajib banget nonton Arthdal Chronicles soalnya ceritanya emang beda banget. Mungkin kalian bosen denger alesan “ceritanya beda banget” tapi emang beneran cerita di drama Arthdal Chronicles ini sebeda itu.


Genre Arthdal Chronicles sebenernya adalah historical dan high fantasy. Awalnya aku kira bakal kaya drama kolosal korea pada umumnya berlatar belakang Dinasti Joseon, Dinasti Goryeo dan lainnya tapi ternyata enggak. Meski di drama ini ada semacam pemerintahannya bisa dibilang dinasti juga tapi bukan yang kerajaan korea gitu tapi beneran high fantasy banget, karena penulis skenarionya harus berimajinasi menciptakan sebuah setting yang beda dari drama biasanya. Arthdal Chronicles merupakan drama yang berpusat pada sebuah tanah bernama Arthdal. Nah di tanah Arthdal ini terjadi banyak perebutan kekuasaan baik dari mereka yang tinggal di Arthdal atau dari suku-suku lain, klan-klan lain atau bangsa-bangsa lain di luar Arthdal itu sendiri. Soalnya bisa dibilang Arthdal adalah cikal bakal tanah leluhur dan tanah dengan peradaban yang lebih maju dibanding tanah yang lain. Ya bisa dibilang hampir mirip kaya Game of Thrones gitu. Nah sampe sini aja udah ketauan kan dimana bedanya. Seseru ituuuuu

Pembagian Ras di Arthdal Saram, Neanthal, dan Igutu | Sumber : tvN
Ada yang unik di drama ini adalah ada pembagian dua ras di wilayah Arthdal, yaitu Saram dan Neanthal. Saram adalah manusia biasa nah kalau Neanthal ini bukan manusia biasa mereka punya ciri khusus yaitu punya bibir sama darah yang warnanya biru. Secara kekuatan Neanthal lebih cepat dan kuat dibanding sama Saram dan mereka merupakan satu-satunya ras di Arthdal yang semua rasnya bisa bermimpi. Nah ada juga anak percampuran antara Saram dan Neanthal mereka disebut Igutu. Igutu ini kaya ditakuti, dihindari, pokoknya hina banget deh di mata Saram kaya semacam anak aib.

Nah si Song Joongki ini merupakan seorang Igutu dia berperan sebagai Eunsom anak dari seorang Klan Asa dengan seorang Neanthal. Klan Asa kalo di Arthdal tu bisa dibilang Klan suci, para pendeta yang bisa bicara sama dewa. Pendeta dalam hal ini adalah orang yang suci yang dekat dengan Tuhan mereka bukan Pendeta dalam agama Kristiani apa Nasrani di dunia nyata kita yah. Nah ternyata Eunsom ni punya kembaran namanya Saya dan dia dirawat sama Tagon sama Taealha dari kecil.

Poster Season 2 Arthdal Chronicles | Sumber : tvN
Konflik utama Arthdal Chronicles sebenarnya cuma perebutan kekuasaan dan ambisi beberapa  tokohnya untuk jadi pemimpin di Arthdal. Karena ambisi yang sangat ambisus itulah, kemudian tanah yang dimiliki oleh ras Neanthal direbut oleh orang-orang dari Arthdal dan semua ras Neanthal diburu dan dibunuh. Selain itu, suku-suku kecil di sekitar Arthdal sering ditangkap dan dijadikan budak di Arthdal.


Nah kalo dilihat dari konflik yang ada di Arthdal ini, kamu bakal  nemuin kalo ceritanya kaya di buku-buku sejarah kurang lebih kau bakal nemuin hal-hal kaya gimana terjadinya pendudukan terhadap suatu bangsa, alasan kenapa terjadinya penindasan di dunia ini, dan juga gimana bisa terjadi sebuah bangsa yaitu adanya banyak suku yang berdiam di suatu wilayah dan bersatu jadi satu kekuasaan.


Drama kaya Arthdal gini meski terkesan berat banget, aslinya nggak seberat yang kamu kira kok. Malah di tiap episode selalu bikin penasaran. Secara keseluruhan Arthdal ada 18 episode yang dibagi jadi 3 seasons. Nah episode 1 tayang bulan Juni lalu terus setelah season 2 kelar mereka mulai tayang lagi minggu kemarin buat mulai season 3 nya yaitu tanggal 7 September kemarin. Sekarang udah masuk ep 16 buddies tinggal 2 episode lagi bakal kelar deh drama ini. Aku tadi baru aja nonton episode 15 dan asli tegang banget udah makin banyak bunuh bunuhannya. Tapi ga seserem serial barat kalo bunuh-bunuhannya kok. Tapi aku kalo scene itu tetep gamau liat sih. Takut banget .

Poster Season 3 Arthdal Chronicles | Sumber : tvN
Kenapa Arthdal Chronicles ini keren banget? Selain dibintangi sama aktor-aktor kenamaan kaya Song Joong Ki, Kim Jiwon, Jang Dong Gun, Kim Ok Vin sebagai pemeran utama mereka juga punya sederetan cameo yang bisa dibilang bukan kaleng kaleng. Cameonya terdiri dari banyak aktor kenamaan Korea Selatan yang jugamerupakan kpop idol kaya Nichkhun 2PM, ONE, sampai Jisoo Blackpink lho. Penulis skenarionya aja keren banget yaitu Kim Young Hyun sama Park Sang Yeon mereka berdua emang udah beken abis nulis drama hits Korea salah satunya The Great Queen Seon Deok. Terus diarahin sama sutradara drama Signal yaitu Kim Won Suk. Nggak heran drama yang di produksi TvN ini ditayangin juga di Netflix. 

Aku sebagai pemirsa setia drama korea ngerasa seneng banget dan termanjakan dengan adanya drama korea dengan genre kaya gini. semuanya bener-bener sebagus itu dari acting pemainnya, alur cerita, setting nya, sampe make up sama pakaian pemainnya gila sih bener-bener dikerjain semaksimal mungkin. Aku dari awal selalu suka sama semua pakaian yang dikenakan sama Taealha karakter yang diperanin sama Kim Ok Vin. Bagus banget, elegan bangeeeeeettttttttt dan gatau ya kayanya Kim Ok Vin bener-bener menjiwai perannya sebagai Taealha gatau sih kata aku feel nya dapet banget. Kalau kalian pegen tau silsilah Arthdal lebih lanjut nanti aku buatin postingannya yah. Sementara aku kasih gambaran umum ceritanya dulu

Cinematography nya juga beuh bagus paraaah. Oh ya satu yang aku suka juga itu adalah pengawalnya Tagon si Yangcha aku lupa namanya siapa yang jelas pas aku googling katanya dia anak SM Models gitu. Hahahah sebagai SM Stan mata aku sa ae wkwkw gatau sih aku kira si Yangcha ini yang meranin ONE lho vibesnya ONE banget soalnya rambutnya dibikin panjang gitu kan terus pake masker dan gak pernah ngomong. Kalo ONE pas dia jadi Tagon pas jaman muda kan juga rambutnya panjang gitu. Sama salah satu anggota Daekan Warriors yang namanya  Mugwang tapi sayang dia.... ga mau spoiler wkwkwkwk suka aja sama karakternya. Semua karakter di Arthdal ini punya karakter yang kuat banget dari mulai yperan utama sampe cameonya semua punya karakter yang kuat dan berada diporsinya masing-masing. Kenapa aku ga singgung acting Song Joong Ki sama Kim Jiwon? Soalnya acting mereka emang sebagus itu mereka reunite setelah dulu main di Descendants of The Sun. Jang Dong Gun juga gausah ditanyain lagi lah aktingnya sebagai Tagon kek ada vibes karismatik berkuasa no one can’t stop me gitu. Gilaaaakkkkk

Chart Hubungan Antar Karakter Arthdal Chronicles | Sumber : tvN
Aku sama sekali nggak ada gambaran sih bakal kaya apa ending dari Arthdal ini yang jelas dari mulai episode 13 alias season 3 aku udah sering banget dibikin jaw-dropped di tiap episode bener-bener semenarik itu. Dari drama ini juga aku jadi tahu oh jadi sejak dulu agama emang selalu dipake buat politik yah. Jadi oh aja itu. Wkwwk kalian wajib banget nonton lho ada banyak banget hal yang bisa kalian petik dari drama ini misalnya aja rasisme itu ada banget. yang kuat bakal berkuasa, yang lemah nggak bisa apa-apa dan sebagainya. Kalo ada waktu luang silahkan mulai streaming drama ini bisa nonton di Netflix bisa nonton di situs streaming apapun tinggal googling aja pake keyword “streaming arthdal chronicles” ntar bakal keluar banyak situs yang nyediain buat kamu streaming-an. Kalo aku seringnya streaming di Dramafast soalnya dia emang secepet itu ngerilis drama plus subtitlenya. Tapi Drama Fast subtitle nya bahasa Inggris yah kalo kamu mau yang bahasa Indonesia coba search di google aja yang nyediain sub Indonesia situs apa aja.

Well sekian dulu buddies, review dan rekomendasi aku tentang drama korea Arthdal Chronicles. Kalian wajib banget nonton wajib bangeeeettttt. Setau aku drama genre kaya gini belum ada tandemnya jadi aku gabisa ngasih rekomendasi drama sejenis tapi aku mau saranin kalo kamu mau nonton drama korea on going yang bagus apa aku saranin nonton Love Alarm sama Strangers From Hell. Maaf kalo ada salah salah kata. See you on my next post. I love each and every one of you.

XOXO,

4 Comments

  1. Kalo di drakor lain kenapa nyebutnya pyeha kalo di arthal niruha mohon dijawab ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja sih Mbak setahu aku yah penyebutan Niruha sama Pyeha itu buat Raja gitu kalo nggak salah artinya "Your Majesty"

      Delete
  2. Di sini jd Mubaek di sana jadi Tae Oh yang laknadddddd

    ReplyDelete