FAQ Nulis di IDN Times




Hellooo wassup buddies,

Kali ini aku bakal sharing pengalamanku nulis di IDN Times semoga bermanfaat buat kamu semua yang mau ikut nulis juga yah. Btw aku bakal bikin model Q n A biar agak gampang gitu dimengerti. Jujur aja aku udah lama banget pengen sharing hal yang satu ini ke kalian. Semoga postingan ini bisa menjawab rasa penasaran kamu. Cekidooootttt

Q : Awal mula tau dan kepikiran nulis di IDN gimana sih?
A : Pas waktu itu sebenernya aku ada job yang butuh portofolio sebagai mass media writer yang berpengalaman terus aku googling aja situs mana nih yang sekiranya bisa menerima un-experienced writers yang bener-bener masih pemula banget. Aku nemu beberapa situs kaya BaBe, Jalan Tikus, Fimela, Sociolla Journal (kebetulan aku member SOCO pernah ngirim tapi artikel nggak pernah lolos LOL),

Kompasiana, Fimela, IDN Times dan lain-lain. Aku cermati betul gaya penulisannya dan yang paling cocok di aku IDN Times. Mostly, platform yang aku sebutin di atas ngasih rewards buat penulisnya yah masing-masing punya kebijakan sendiri. Beberapa diantaranya emang ngasih uang. Tapi saat itu fokus aku bukan di uangnya. Tapi buat portofolio. Oh ya aku join kalo nggak salah sekitar tanggal 25 Agustus 2019 baru banget nget nget nget

Q : Gimana caranya bisa gabung di IDN Times?


Landing Page IDN Times | Sumber : idntimes.com

A : Ya kamu login dulu ketik aja situsnya IDNTimes.com atau googling. Klik aja situsnya ntar di bagian kanan atas ada 3 button search, write, sama user nah klik aja yang user terus daftar bisa via email sama facebook kayanya google juga bisa sih itu lho yang ntar intinya kita klik otomatis ke konek cuma butuh authorization, paham kan?

Ya pokoknya mereka menyediakan cara login yang kaya begitu. Tinggal isi biodata terus udah deh siap nulis. Nggak ada seleksi khusus kok. Di IDN Times semua berkesempatan menulis tidak ada pilihan yang pilihan hanya Malika si kedelai hitam

Q : Gimana caranya artikel bisa di publish di IDN Times? Taunya bakal di publish atau engga kaya gimana?

Menu di Dashboard IDN Times | Sumber : idntimes.com

A: Di IDN Times kalo abis nulis artikel abis di submit bakal masuk di menu yang namanya Pending (nggak bisa ditentuin berapa lama ada di sini bahkan artikel pertama aku aja masih berstatus Pending hingga detik ini) bisa dibilang Pending ini artikel kamu masih di review sama editor nanti dapet email notifikasi kok. Kalo beruntung ya bisa pas kamu submit sejam kemudian atau beberapa jam atau berapa hari kemudian bakal di publish.

Tapi kalo berhasil publish kamu bisa tau via button yang bentuknya bell alias button notifikasi. Kamu nggak dapet email kalo artikel kamu di publish. Tapi, kalo artike kamu butuh perbaikan sedikit bakal dapet notifkasi lewat email sama notifikasi di situsnya masuk di menu Revision. Editor bakal ngasih saran kok apa yang harus kamu ubah. Biasanya sih kalo udah kamu ubah sesuai saran editor nggak perlu nunggu waktu lama artikel kamu bakal di publish juga. Nah yang paling menakutkan adalah Rejected.

Haduh aku pernah juga lho selama menulis dapet pemberitahuan ada kali ya sekitar 4 artikel ku di rejected alesannya macem-macem ada yang nggak memenuhi syarat (misal kamu bikin artikel yang listicle atau poin poin itu lho minimal kan 5 nah pas itu aku bikin Cuma 4 otomatis ke rejected), semisal lagi topiknya udah ada terus kita bikin artikel serupa nah itu juga bisa jadi kena rejected dan lain sebagainya.

Tapi so far sih kebanyakan langsung terbit aja heheh bukannya sombong. Oh ya kalo misal udah berada di status Pending selama kurang lebih seminggu atau dua minggu udah deh balik kanan bubar jalan post aja di platform lain. Udah kagak bakal dijamah editor.

Q : Kalo di IDN Times tiap artikel terbit dibayar ya? Ichut udah kaya raya dong berarti
A : HAHAHAHHAHAHAHAHAHAAHHAHA ngimpi lah. Di IDN Times itu sistemnya pake poin. Setiap 100 views akan mendapatkan 1 poin. 500 poin setara 50.000. Nah kita baru bisa mencairkan uang kalo udah punya 2500 poin ya itung aja sendiri berapa view buat at least dapetin duit setara 250.000.

Kalo emang kamu orangnya money oriented banget ya mending nulis di platform yang sekali publish dibayar kaya di Kompas (bukan Kompasiana lho Kompas-nya yang surat kabar yg di kolom Opini itu) atau di The Jakarta Post dan surat-surat kabar lain yang menyediakan kolom Opini biasanya sekali muat bisa dibayar 500 - 1 juta langsung. Ya tentu aja topik yang diusung ga se easy peasy di IDN Times ya tentu topik aktual dengan pembahasan berat dan mendalam.


Contoh Event Bulan Oktober 2019 | Sumber : idntimes.com

Cuman kita bisa mempercepat perolehan poin dengan ikut event kalo di IDN Times. Biasanya tiap satu artikel pertama yang berhasil dirilis bakal dapet bonus 500 poin atau kalo di duitin setara 50.000 nggak berlaku kelipatan ya cuma buat artikel pertama kamu doang aja. Terus nanti misal kita berhasil nerbitin 20 atau 10 artikel tinggal kita email aja ke community@idntimes.com link-link artikel kita ntar bakal otomatis dituker sama 2500-5000 poin lumayan kan?

Nggak perlu lama nunggu kudu sampe mencapai 250.000 viewers. Cuma ya in order to make it happens is not easy as we think lho. Eh ya eventnya ini tiap bulan berbeda ya nggak mesti paten harus nerbitin apa atau sebanyak apa artikelnya biar bisa dituker poin. Bisa dibaca di How To & FAQ atau Community Guide di IDN Times yaah untuk penjelasan lebih spesifik

Q : Sejauh ini udah berhasil nerbitin berapa artikel? Dan udah dapet berapa poin?
A : Sejauh postingan ini rilis ada sekitar 40 an artikel. Aku paling engga sehari submit satu sih kalo misal sehari nggak submit ya besoknya submit 2 gitu atau kelipatannya. Jadinya bisa produktif wkwkwk.

Kalo poin sih ada kali ya 9000an hingga detik ini yang belum aku redeem. Aku pernah redeem 2500 poin pertamaku tanggal 7 Oktober kemarin. Kalo dijumlah ya ada kali 11.500 an poin. Aku mau endapin dulu biar banyak baru nanti aku redeem heheheh

Q : Nulis artikel gitu inspirasinya dapet dari mana? Apa harus banyak baca dan suka membaca?
A : Aku pribadi sih aslinya dibilang hobi baca juga engga hobi aku baca timeline bukan buku wkwkwkkw ya tau lah aku pasti apa-apa ngetweet. Kayanya sih kalo inspirasi gatau ya dateng dari mana aja. Misal aku mau nulis tentang fashion ya berdasarkan pengamatan aku sehari-hari aja, atau nonton program tv tentang fashion, di youtube, paling referensi liat majalah fashion aja sama di pinterest.

Mostly artikel aku emang berdasarkan pengalaman sehari-hari. Aku pribadi emang nggak mau nulis artikel yang ecek-ecek sebisa mungkin aku menjelaskan dengan detail jadi meski artikel di IDN Times jenisnya sekali baca kelar tapi setiap orang yang baca artikel aku selain terhibur juga dapet informasi baru gitu lho, ngerti nggak sih? Ya gitu pokoknya cirri khas aku dalam menulis. Setiap baca artikelku aku pengen ngasih kaya kesan aku lagi story telling ke semua pembaca aku. Ciee banget

Q : Jenis artikel apa aja yang paling laku di IDN Times berdasarkan yang kamu tulis?
A : Nggak bisa ketebak sih artikel apa. Most viewed artikelku sih tentang hijab. Ada kali dibaca hampir 90.000 viewers. But I wrote couple times about hijab still not has the same engagement as the first one gitu. Semua tu unpredictable. Mungkin kalo kamu nulis artikel “News” kaya berita yang aktual gitu yang bener-bener berita dan mengabarkan kaya kamu baca di detik, kompas gitu mungkin ya engagement nya tinggi soalnya pasti bakal ada di front page gitu kan?

Beda sama artikel-artikel informatif yang sifatnya menghibur dan mengedukasi bakal susah banget bisa tembus di front page. Oh ya, informasi tambahan artikel kita nih bisa tembus platform lain lho kaya misal LINE Today. Cuma sedihnya misal tembus nih di LINE Today page views disana nggak keitung yang keitung page views yang ada di Dashboard IDN aja huhuhu this world is cruel

Q : Biar cepet tembus dan di publish enaknya nulis artikel apa sih?
A : Sama kaya di atas. Semua tergantung editor dan kita nggak bisa nebak yang pasti diterbitin yang kaya apa. Aku dulu mikir Kpop kan? Karena mostly artikel Kpop di IDN Times sorry to say I don’t have mean to offened you my writer fellas ya bisa dibilang artikel Kpop di IDN Times sesederhana itu aja I mean Cuma kaya “10 Potret Gantengnya Jaehyun NCT Kaya Pangeran Banget Lho” terus isinya cuma foto-foto dan short description aja. Terlihat gampang dan simple kan? I’ve tried dan ga tembus wkwkwkwkkwkwkwkkwkwk eh tembus satu tentang Song Yuvin Produce X-101.

Emang kayanya yang di cari IDN yang begitu itu lho yang kekinian banget, nggak bikin kamu mikir panjang, langsung menghibur. Kamu harus bener-bener pelajarin cara nulis dan gaya penulisan  di IDN Times biar bisa tembus. Ini rada idealis sih tapi aku lebih seneng nulis artikel yang sama kaya apa yang bikin selama ini dibanding 10 Potret gitu gitu. Soalnya aku pernah liat ada writers yang kesemua artikelnya Cuma 10 Potret melulu.

Ya nggak apa-apa. No offense ya sekali lagi. You doing great in your way kok. Keep on writing guys. But for me I wanna took the high roads in case just for gaining viewers and money gitu 

Q : Sebutin dong suka dukanya nulis di IDN Times?
A : Sukanya ya kalo nulis artikel terus di publish eh yang baca banyak. Terus dapet feedback dari orang-orang kaya “aku baca artikel kamu lho”, “Makasih ya Ichut artikelnya bermanfaat banget”, dan sederet feedback lainnya. Kalo dukanya ya kalo artikel di rejected jelas atau di pending anjir kaya di gantungin gebetan.

Sama ini sih, ini perihal teknis aja pernah suatu hari artikel aku di review sama editor yang nggak biasanya ngereview punyaku. Bukan aku menggantungkan ya cuma mostly editor yang ngereview punyaku kalo ada typo, gambar nggak sesuai atau ada penulisan sumber gambar ga sesuai bakal dibenerin. Nah ini tu engga. Artikel aku minta direvisi tapi bukan artikelnya yang direvisi tapi penulisan sumbernya. Sedangkan di IDN Times tuh begitu kita upload gambar nggak ada tools buat edit gitu lho sekali upload ya udah itu.

Sedangkan aku harus revisi 7 penulisan sumber gambar. Perkaranya sepele kan aku kalo sumber gambar biasanya pake di Unsplash kan karena di sana gambarnya HD terus free asal ngasih credit. Kan tiap kita download gambar di Unsplash mereka bakal kasih tulisan kaya Photo by Alex Turner on Unsplash begitu kita dapet direct download gambarnya gitu kan. Berkali-kali artiklel aku di publish kaya gitu oke-oke aja kok. Nah kakak editor yang ini minta supaya penulisan sumbernya diganti jadi kaya Unsplash.com/Alex Turner.

Ya Allah aku kudu nge-back track lagi gambar mana yang aku pake dari sumber mana dan harus ngebenahin. Sedih banget. Saran dong buat IDN Times diadain tools edit URL atau keterangan buat gambarnya jadi sama-sama enak semisal ada kesalahan penulisan atau apa. tapi ya aku nggak apa-apa sih ini pelajaran buat aku aja. Makasih ya kakaknya

Q : Saran dong buat yang baru mau nulis di IDN harus gimana
A : Jangan mudah menyerah aja sih. Harus sabar. Kalo mau cepet dapet uang hehehheeh mending kerja yang lain jangan ngegantungin atau berharap pemasukan utama dari sini. Because it took a long wayyyyyyyyy. Kayanya banyak juga kok temen-temen aku yang diem-diem juga bikin akun di IDN Times ya nggak apa-apa nggak kesaing juga. Rejeki mah udah ada yang atur. Tetap semangat ya kalian semua agar terus menghasilkan konten yang berkualitas.

Fighting heyadwaeeeeeeee!!!!!!!!!!

Oh ya satu lagi sih, jangan pandang sebelah mata kali ya konten yang ada di IDN Times kalo kamu emang beneran masih noob dan un-experience mungkin diawal kamu bakal punya mindset kaya “Halah anjir apaan gini doang gue juga bisa. Nggak mutu amat tulisan begini bisa dipublish” wait until you submit your article dan artikelmu mengendap di menu pending sampe lumutan dan dipenuhi jaring laba-laba wkwkwkwk. Kidding yaaah

(Tambahan ini aku tulis pada tanggal 26 April 2020) Sama satu lagi jangan datang karena uang. It's true that you can earn money and they also provide that. Kalau kamu mau nulis di IDN dan mindsetnya cuma nulis  karena uangnya mending nulis diweb lain atau kerja beneran.

It takes time to earn money. Selama kamu ngejar uang kamu akan cenderung nulis apa aja asal publish asal dapet duit. It's not good seriously. Tulis sesuatu yang tetap informatif, menarik, dan bermanfaat jangan asal publish tanpa ada pertanggung jawaban.

Jumlah editornya semakin sedikit sedangkan jumlah writersnya semakin banyak, semakin kecil pula peluang dipublish secara dimasa pandemic ini banyak orang yang lebih senggang untuk nulis karena adanya swakarantina. semakin kecil juga probability untuk dipublish kalo kita nggak menghasilkan konten yang baik semakin kecil kesempatan terbitnya.

Aku pribadi juga ngerasain ini semakin kesini semakin lama buat dipublishnya. kalo kamu ngerasa udah submit 5 artikel pending terus 10 artikel pending terus. Ketahui aja aku dan yang lain ada lebih dari 100 artikel yang pending per bulan ini. jangan nyerah. tetep nulis 1-2 artikel tiap hari syukur bisa lebih. Publish, trending, bisa tukar poin, dapet duit itu bonus. Kejar target nulis bukan target publish.

Bisa juga ya baca postingan aku FAQ IDN Times 2.0

Nah itu tadi beberapa penjelasan aku semoga bermanfaat buat kamu. Setiap hari aku liat ada banyak orang yang join di IDN Times ya nggak apa-apa cuma akhir-akhir ini aku ngerasa intensitas artikel ku yang ke publish makin sedikit aku nggak tau apa editornya makin selektif atau kemampuan menulisku yang menurun.

Tapi aku ngerasa aku ngehasilin konten yang kualitasnya sama aja kok. Tapi aku tetep submit tiap hari  sih at least satu artikel hehehe kalo nggak di publish ya nggak apa-apa aku masukin blog wkwkwkkw. Eh iya IDN Times aku mau ngefollback temen aku yang follow kenapa enggak bisa ya? Huhuhu sedih :(

Semoga artikel ini bisa membantu kamu yah. Oh ya kalo mau baca artikel aku bisa liat disini. Aku membuka kesempatan semisal kalian mau berdiskusi atau bertanya di kolom yang ada di bawah. Thank you. See you on my next post. I love each and every one of you. Bye-bye

XOXO,


 

59 Comments

  1. Gimana caranya artikel bisa trending kaya kakak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, trending mah bonus sayang. Terus nulis aja

      Delete
  2. kak, berapa lama waktu untuk diditerima editornya? menurut pengalaman kakak aja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengalaman aku ada yang hitungan menit, jam bahkan hari. Paling cepet 20 menit paling lama sekitar 2 mingguan lebih bahkan,tapi nggak sampai satu bulan

      Delete
    2. Maaf aku salah baca aku kira dipublishnya. Yang jelas ga ada yang tau berapa lama editor ngelirik artikel kita. Pokoknya kalo mereka merasa itu menarik dan layak pasti ga butuh waktu lama bisa langsung diterbitkan

      Delete
  3. Kak, biar artikelnya bisa trending dan publish terus kaya kakak gimana aku satu aja gada yg lolos editor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep nulis aja meski berat aku tau karena ga lolos. Coba liat artikel yg udah pada lolos. Atau kalo ngejar terbit ya tulis aja puisi atau cerpen. Trending itu bonus

      Delete
  4. Kak tanya yah, kalo artikel kita direvisi antreannya bareng artikel yang lain apa ada antrean sendiri

    ReplyDelete
  5. Biar terus dapet inspirasi gimana kak? Aku aja kadang kalo nggak dipublish2 mls bgt nulis lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gatau juga ya kadang muncul gitu aja pas buka twitter atau ig

      Delete
  6. Saya salut dan kagum dengan Mbak Annisa, saya lihat di instagramnya tidak WFH karena COVID tapi masih terus produktif menulis artikel. saya yang di rumah aja kadang malas membuat artikel. bagaimana sih Mbak caranya mengatur waktu seperti itu? Bahkan sempat menulis postingan di blog juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada alokasi tersendiri sih kak aku biasanya kaya kepikiran terus nulis aja nggak pake ada menyempatkan nulis dijalm tertentu. kadang gabut yaudah nulis

      Delete
  7. Kak tanya dong, kakak paling cepet berapa lama rilis artikelnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman aku sih paling cepet kurang dari setengah jam

      Delete
  8. Aku baru mau coba buat nulis di idn. Baca FAQ kakak ini rasanya bermanfaat bgttt bikin aku terpacu buat jadi penulis kaya kakak hehr makasih ya udah sharing infonya��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, terima kasih sudah berkunjung ya. Semangat kamu semoga berhasil menulis di IDN

      Delete
  9. Makasih informasinya Kak, bener-bener bermanfaat buat aku. Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai terima kasih yaaah atas feedbacknya. Salam kenal juga

      Delete
  10. Duh bahasanya campuran. Kasihan orang gak bisa inggris harus translate. Perusak bahasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya kak atas atensi dan masukkan. Mohon maaf apabila kurang berkenan. Mungkin lain kali bisa komennya jangan anonim biar kita bisa ngobrol lebih panjang

      Delete
  11. Kak email untuk idn times community itu alamatnya apa ya?

    ReplyDelete
  12. Kak may i know cara klaim artikel? aku email ke community kok katanya udah gabisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sure. kamu buka lewat web atau app nanti klik aja di event. misal kamu mau ngeklaim karena udah nerbitin 4 artikel tentang science. event yang ada bonus poinnya itu kamu klik. terus kamu pilih gabung. nanti akan ada otomatis artikel yang berhasil kamu tebitkan. tinggal pilih aja. terus udah deh. maaf ya aku belum update di blog perihal metode terbaru klaim ini

      Delete
  13. Aku jd tertarik pgn jadi penulis jg. Oh iya kak, ini pertanyaanku melenceng dr pembahasan kakak diatas ttg nulis di platform idn. Sbnrnya aku udh lama bgt cari2 info ttg bikin2 blog di internet. Katanya kita jg bisa dpet penghasilan dr blog. Nah yg mau aku tanyain kl mau bikin blog yg hrs kita lakuin apa aja si kak? Bikin blognya tu dimana dan gimana.Makasih ya kak jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai makasih ya Ardita sudah mampir dan maaf baru menjawab. Bikin blog di blogspotpun bisa, di wordpress juga bisa, atau beli domain sendiri juga bisa banget. Pengahsilan bisa dari mana-mana sih. Bisa dari ad sense. Ya sama kaya youtube blog juga bisa dimonetisasi cuma ga secepet dan segampang youtube duitnya cair. Mengingat orang lebih suka yang visual ketimbang ngeluangin waktu blog waking. Bisa juga ikut kompetisi blog biasanya bisa dapet hadiah jutaan rupiah. Kalo sudah bisa punya blog besar atau platformnya sudah besar bisa nih kerjasama endorse suatu brand terus diposting di blog kita. Review atau apa bisa exchange with fee, money, atau dapet barangnya langsung. Atau bisa juga kamu ke web freelancer kaya sribulancer atau projects.co.id cari aja job freelance yang nulis gitu. Nanti bisa kita dibayar. Maaf kalo panjang banget. Semoga membantu yah. Ditunggu tulisan pertamanya

      Delete
  14. Halo Kak, Saya ada beberapa pertanyaan nih:
    1. Kakak tau gak cara penulisan sumber buat artikel di idn times itu gimana?
    2. Letaknya? Terus ada ketentuannya gak minimal dicantumkan berapa sumbernya?

    Saya sudah baca FAQ dan panduan menulisnya. Tapi saya masih bingung.soalnya disitu dijelaskan wajib minimal 2 sumber tapi saya kalo nulis ambil sumbernya dari banyak artikel dan juga beberapa video yang saya tonton. Apakah harus dicantumkan semua linknya?

    Kalo Kakak tahu dan berkenan mohon bantuannya ya, Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo maaf sebelumnya aku telat balesin. untuk penulisan sumber biasanya aku taruh diakhir kalimat. misalnya aja gini :

      "Seperti halnya yang diungkapkan dalam jurnal dari University Medical Center Groningen Netherlands (nah di sini aku copas sumber atu link jurnal yang aku baca) wijen mengandung magnesium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah"

      kalo untuk penulisan ilmiah gini biasanya aku sesuaikan sama berapa bullet poin yang aku buat. misal aku bikin 5 keuntungan mengonsumsi wijen ya disetiap bullet poin aku kasih sumber rujukan, gitu. kadang juga 3. tapi seringnya 5 dan pastiin juga sumbernya kredibel. kalo misal 7 atau 10 bullet poin ya disesuaikan aja mana yang perlu tambahan sumber ilmiah gitu.

      semoga dapat dipahami dan membantu kamu ya. sekali lagi maaf baru bales karena baru buka blog

      Delete
  15. Saya ada pertanyaan nih kak, kemaren udah post pertanyaan tapi pas di cek kok gak ada?
    1. Kakak tau gak penulisan sumber rujukan buat artikel idn times itu gimana? langsung ditaruh aja gitu dalam artikel?
    2. Apakah semua sumber wajib dimasukkan ke artikel atau minimal 2 aja?

    Makasih kak, mohon kalau kakak berkenan bisa memberitahukan gimana prosedurnya.
    Sekali lagi makasih.

    ReplyDelete
  16. Replies
    1. atm? amati tiru modifikasi, automatic teller machine atau maksudnya banknya? kalo banknya sih aku pake bni

      Delete
  17. Assalamuu'alaikum, kak mau tanya. Kalau mau nulis berita listicle seputar artis Indonesia, kira kira sumber berita yg diterima oleh editor IDN itu yg gimana ya kak? Karena di aturan penulis, katanya tidak boleh mencantumkan sumber berita dari Indonesia. Mohon bantuan infonya ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam terima kasih atas pertanyaannya. Kalau boleh tahu sumber berita yang dimaksud bagaimana, ya? Terus kira-kira yang mau ditulis tentang apa? Sepertinya kalo model listicle gak perlu mencantumkan sumber. Kalo sumber gambar baru bisa pakai dr instagram. Kalo sekadar misal tanggal lahir atau nama asli artis kan ada di google tinggal di rangkai saja. Biasanya kalo artikel artis banyak yang gak pake sumber apalagi model listcle kecuali artikel science atau kesehatan misal butuh rujukan jurnal atau apa baru deh pake sumber. Semoga membantu, ya

      Delete
  18. Assalamuu'alaikum, kak mau tanya. Kalau mau nulis berita listicle seputar artis Indonesia, kira kira sumber berita yg diterima oleh editor IDN itu yg gimana ya kak? Karena di aturan penulis, katanya tidak boleh mencantumkan sumber berita dari Indonesia. Mohon bantuan infonya ya kak

    ReplyDelete
  19. Kak, kalo mau posting foto dari akun ig pribadi orang itu wajib dicantumin kh, sc yang isinya bukti dm izin dari yg punya akun? Atau langsung posting aja yg penting dicantumin link sumber pemilik akunnya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa harus pake bukti dm izin dari yang punya akun. Tp kalo akun pribadi yang followersnya udah ber ribu2 meski akunnya belum verified langsung aja

      Delete
  20. Kak mau nanya, saya sering liat penulis di idn times yang nulis kaya resep2 masakan gitu, kira-kira kakak tau gak mereka ngambil sumbernya dari mana? Kaya gak mungkin bgt kalo pengalaman sendiri gitu? Kdg juga suka liat ada penulis yang nulis artikel resep berdasarkan youtuber siapa gitu emangnya boleh ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku pribadi emang nulis resep berdasarkan pengalaman aku sendiri jadi ya resepnya itu-itu aja dan gak sering bagi resep juga. Tapi kalo yang menjadikan resep sebagai konten utama mereka kurang paham juga, ya dapet inspirasi dari mana. Soalnya resep tuh konsepnya bias, sih ada kemiripan resep pun kaya bisa dimaklumi gitu, lho soalnya gak ada pakem pastinya, ukurannya, takarannya dan gak menuntut sumber juga. Kadang aku juga suka mikir kaya kamu, sih cuma gak mau suudzon juga. dipostingan aku yang lain juga pernah ada yang meragukan keoriginalitasan mereka yang pada ngejadiin resep sebagai konten utama tapi ya gamau suudzon juga akunya. mungkin bisa lolos karena dia udah cek plagiasinya dulu atau gimana kurang paham juga soalnya kan yang meloloskan juga editor. mungkin editor punya penilaian sendiri entah dari faktor judulnya, penggunaan gambar, kalo isi atau takaran ya gitu tadi sih namanya resep bisa mirip sana sini gitu. beda sama kita nulis artikel tentang relationship nulis beberapa kalimat aja bisa langsung kena plagiasi atau nulis tentang health atau science yang wajib pake jurnal. semoga membantu, yah. kalau kamu berniat mau coba submit artikel resep coba aja bikin terus cek plagiasinya dulu kalo lolos baru submit siapa tahu berhasil terbit juga. iseng aja coba kamu pake resep youtuber terus kamu atur sendiri kalimatnya nobody's gonna know juga. cuma ya jangan sering-sering kaya gini gabaik. gimanapun juga tetep utamakan keoriginalitasan tulisan kamu. lagian malu juga kali artikel trending mulu tapi hasil plagiat orang. soon, kalo ada kesempatan FGD lagi sama orang IDN coba aku follow up concern kamu ini, yah

      Delete
    2. Iya sih kak, tapi pernah baca di internet, katanya kalo resep masakan itu memang gak punya hak cipta, kalo kata-kata yg dipake untuk ngejelasin langkah-langkah pembuatan masakannya, itu baru yg katanya pake hak cipta. Makanya biar gak kena plagiasi, mungkin penulis2 itu nulis cara pembuatannya diubah sesuai bahasa sendiri. Masih bingung juga sih, kak. Hehehe...pengin juga sih coba bikin artikel resep kaya gitu, tapi kok kaya takut dosa nyomot resep orang gak bilang-bilang :D...Mau minta izin pun kayaknya blm tentu dibalas?

      Delete
    3. Anonnya aneh kak, nanya dikasih tau disuruh buktiin sendiri malah seolah ngeguruin. Serah dia lah kak. Lagian kak ichut juga gak suruh dia bikin artikel gitu kak ichut cuma suruh dia buktiin ke suudzonan si anon. Aneh banget heran. Delete aja komennya kak

      Delete
    4. Yang saya tangkap anon nanya : pd dapet resep dr mana? masa nyolong internet
      Kak Annisa jawab : kurang tau soalnya kakaknya pake resep sendiri terus disarankan buat membuktikan rasa suudzonnya ke penulis lain buat copas dr internet (intinya nyuruh tabayun)
      Anonnya bales : gak ah takut dosa

      Pendapat saya: dia suudzon aja udah dosa. kocak banget. instead of nanya ke Kak Annisa kan bisa tanya ke penulisnya langsung tinggal cari instagramnya DM nanya atau karena di sini bisa anon makanya beraninya anon?

      Delete
  21. Lg pd bahas kejanggalan yg nulis resep ya? Sempat ngerasa gt jg sih kaya 'Mas-mas ini betulan pinter masak atau masak jd konten' Aku fllw kak ichut sjk 2017 ditwitter dan dia emg beken krn thread resepnya sih jd aku pcy kalo dia nulis resep bdsrkan pengalaman. Lgan resep kak ichut jg kebanyakan resep masakan western atau asia lain yg diadaptasi low budget dan lidah orang sini. Aku sih percaya kalo kak ichut mah kalo yg lain gak tau terutama mas-mas yang itu mgkn cm konten doang biar dpt $$$$$. Ga munafik jg jaman sulit butuh bny duit

    ReplyDelete
  22. kalau nulis puisi dan terbit hitungan pembayarannya kaya artikel yang lain ga mb. Apa kalo puisi ga dibayar ya walau banyak bgt yg baca.mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu aku kalo puisi ya dapet uangnya dr jumlah viewers itu aja sih yg nanti bisa jd poin. Kurang tahu kenapa begitu regulasi dr IDN nya. Kalo fiksi gt malah boleh di klaim poin kaya artikel lain. Jujur gapaham tentang ini tp agak kaget juga pas baca syarat dan ketentuan buat klaim poin.

      Delete
  23. Apa setiap penulis IDN Times harus mendapat verifikasi terlebih dahulu akun profilnya sebelum mulai menulis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya akunnya harus verified atau gimana? Kurasa engga sih begitu berhasil join langsung bisa nulis cuma ya gak yang sekali nulis langsung publish ada proses moderasi dulu dr editor

      Delete
  24. Makasih kak... Bermanfaat sekaliii

    ReplyDelete
  25. Makasih, Bermanfaat banget kak..

    ReplyDelete
  26. wkwk bener banget sih yg 10 foto artis kpop, itu ngeselin sih asli, ktika kita bikin artikel panjang2, tpi yg sesimple itu bisa publish, tapi yaudahlah, tiap orang ada stylenya masing2, btw saya msih newbie nih, kadang2 saya ngepost langsung 5 artikel ato 10 artikel tpi yg kePublish cuma 2...itu apa bakal dibiarin aja mengendap gitu??? apa msih ada kmungkinan lebih dari beberapa minggu/sbulan bisa publish ya??,terus kira2 lebih bagus mana ya,ngepost langsung banyak atau satu satu aja tiap hari??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kaaaaaan bingung juga kalo kpop kaya semuanya udah ada ajaaa yg dibahas sm orang. Coba diperbaiki dulu kak mungkin dr judul atau apa biar makin menarikkkk. Saran aku berapapun gapapa kak kalo kakanya sanggup sehari 5 artikel ya gas aja 5 artikel rutin kalo 1 1 juga gapapa. Perihal dipublish atau engganya kita juga gatau kan yah. Berdoa aja sm yakin artikel kakak layak dan pasti di publish. Kemarin bgt ni blm ada seminggu artikelku dr tgl 30 desember 2020 dipublish agustus ini. Aku bahkan udah lupa pernah nulis itu eh tapi dipublish. Kita ga pernah tahu sih kak apa maunya editor hehehhe

      Delete
  27. hmm banyak juga ya 11.500an point dalam sebulan, tapi itu dari event jga y kak? saya mau nulis tapi niche bgt, kalopun bisa ikut event, pling cuma 1 jadi rada pesimis bisa dapet point segede itu perbulannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya waktu itu pas ada event. Kalo lagi pengen kejar poin saran aku apalagi masih newbie mending nulis niche apa aja kalo harus terpatok satu niche emang sulit. Mungkin bisa dicoba gitu nulis macem-macem niche dulu. Tapi kalo mau tetep satu niche juga gamasalah sih cuma ya bejo-bejonan aja. Good luck ya kaaaak all the best of luck for the both of us

      Delete
  28. Halo kak, izin bertanya dong. Waktu pertama kali redeem poin dulu kakak inget gak butuh waktu berapa lama uangnya bisa cair? Soalnya aku udah hampir dua mingguan ini redeem poin tapi belum cair juga��. Terima kasih��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya ga pernah sampe selama itu deh. Coba kamu hubungi talk to us atau apa sih menu yg ada di web itu lhoooo coba tanya aja ke adminnya

      Delete
  29. Halo kak, izin bertanya dong. Waktu pertama kali redeem poin dulu kakak inget gak butuh waktu berapa lama uangnya bisa cair? Soalnya aku udah hampir dua mingguan ini redeem poin tapi belum cair juga🤤.

    ReplyDelete