A HELPFUL GUIDE TO NCT & WAYV

NCT Logo | Credit to : Pinterest



































Wassup buddies,

Happy New Year 2020 ya semuaaa. Nggak kerasa waktu berjalan secepet itu. Oke, pada kesempatan kali ini aku bakal ajak kalian kenalan lebih dalam tentang NCT sama WayV. Kita bongkar abis-abisan okaaay? Dengan adanya postingan aku ini tentang NCT sama WayV, semoga dapat ngebantu kalian banget dalam memahami konsep ataupun siapa aja member NCT sama WayV yang katanya kaya anak STM mau tawuran karena saking banyaknya.

NCT 2018 Members | Dari Kiri ke Kanan : Kun, Taeil, Doyoung, Chenle, Renjun, Jungwoo, Jaemin, Jeno, Jaehyun, Taeyong, Winwin, Lucas, Ten, Mark, Jisung, Yuta, Johnny, Haechan | Credit : nct2018.com

Oke, NCT sendiri merupakan sebuah kependekan dari Neo Culture Technology. Mereka berada di bawah naungan S.M Entertainment sejauh postingan ini aku terbitkan NCT masih jadi grup termuda dari S.M. S.M Entertainment itu agensinya TVXQ, Super Junior, Girls Generations, SHINee, f(x), EXO sama Red Velvet nama-nama idol group yang pastinya nggak asing lagi kan buat kalian? 

NCT sendiri debut pada tahun 2016 setelah sebelumnya tergabung dalam S.M Rookies. S.M Rookies sendiri semacam suatu wadah (?) yang menaungi trainee SM Entertainment yang disiapkan untuk debut sebagai idol. Jadi, sebelum resmi hadir dengan nama NCT mereka nih dikenalin dulu ke publik di bawah naungan S.M Rookies.

S.M Rookies Logo | Credit : twitter.com/smrookies

Selama masa trainee mereka, maksud aku selama mereka masih jadi S.M Rookies mereka udah mulai dikenalin oleh S.M dengan banyak hal mulai dari teaser, kolab sama senior mereka, ada kaya semacam reality show gitu juga tampil di acara tv juga ada. Jadi begitu mereka fix di announce sebagai member NCT publik udah “akrab” sama wajah mereka.

NCT bisa dibilang unik karena kayanya di dunia baru mereka deh idol group dengan member yang limitless. Makanya jangan heran kalo semakin tahun member NCT semakin banyak. Jadi sebelum semakin susah menghafal membernya segera deh gabung jadi NCTZen. 

Oh ya, kalo kebanyakan idol Korea tuh suka punya greeting kan kaya misal yang deket aja deh , EXO. Pasti diawali dengan "We Are One. We Are EXO" buset lengkap banget cuy. Nah NCT juga punya greeting yaitu " To The World 여기는 NCT" Hangulnya dibaca "yeogineun". Greeting mereka artinya ih kurang lebih semacem "To the world here is NCT" begitu.


Baru beberapa minggu kebelakang muncul semacem diagram venn tentang NCT. Dengan diagram venn itu juga bakal aku coba bantu jelasin dan bedah mengenai konsep NCT itu sendiri. Kita mulai aja ya. Bismillahirohmanirohim.

Diagram Venn NCT | Credit : twiiter.com/youjamin

Kalau kalian lihat garis berwarna pink itu merupakan S.M Entertainment dan  kotak berwarna hijau yaitu NCT berada di dalamnya berarti NCT merupakan anak asuh S.M Entertainment. Wkwkwkkwk anak TK juga ngerti *batin yang ngebaca*

Kemudian di kotak hijau terdapat 3 lingkaran besar yaitu sub grup NCT per 2018 ingat per 2018 ada NCT 127, NCT U dan juga NCT Dream. NCT sendiri secara keseluruhan punya leader yaitu Taeyong. Taeyong sendiri kegabung dalam beberapa grup sekaligus. Untuk mempermudah menghafal member per unit / sub grup aku tulisin ya membernya per 2018.



NCT 127 : Taeyong, Doyoung, Johnny, Yuta, Taeil, Haechan, Winwin, Mark, Jungwoo, Jaehyun
NCT U : Taeyong, Doyoung, Winwin, Mark, Jaehyun, Taeil, Ten, Jungwoo, Lucas, Kun
NCT Dream : Mark, Jeno, Jaemin, Haechan, Chenle, Renjun, Jisung

NCT U Logo | Cedit: modernseoul.org

Lingkaran hijau tuanya itu adalah NCT U. U sendiri artiya United. Unit ini yang pertama kali debut dan dikenalkan ke khalayak dengan lagu super ikonik yaitu The 7th Sense di tahun 2016. NCT U sendiri bukan fixed unit jadi tiap comeback membernya beda-beda menyesuaikan konsep dan vibes membernya. Kalo sekiranya masuk ya “Yok comeback bareng NCT U” kalo sekiranya “Ah, ini enggak gue banget nih” ya kasih bagian dia ke member lain. Kasarannya gitu.
 
NCT U Boss Era | Dari Kiri ke Kanan : Lucas, Doyoung, Jungwoo, Mark, Taeyong, Jaehyun, Winwin | Credit : youtube.com/SMTOWN

Nah, di dalam lingkaran ungu NCT U ada yang oval-oval banyak tuh. Itu adalah judul title track dan member yang terlibat dalam setiap comeback. Udah ada beberapa title track (title track tu semacem lagu popular yang ada videoklipnya misal kalo gampangnya di Indonesia nih Noah bikin album judul albumnya Seperti Seharusnya. Di album itu tuh banyak lagu kan katakan 10 nih nah yang dilempar pertama ke pasaran dan paling diunggulin misal lagu Separuh Aku. Nah Separuh Aku itulah title track dan misal lagu lain yang ga dijagoin katakanlah tapi ada di album Seperti Seharusnya, ya sebut aja lagu Demi Kita, nah Demi kita itu di sebut B-Side Track *btw aku googling beneran lagu NOAH*). Beberapa title track tersebut diantaranya


The 7th Sense : Taeyong, Ten, Doyoung, Jaehyun sama Mark
Without You : Jaehyun, Doyoung, Taeil plus Kun (Without You Chinese Version)
Boss : Taeyong, Doyoung, Jaehyun, Jungwoo, Winwin, Mark, sama Lucas
Baby Don’t Stop : Taeyong sama Ten
Yestoday : Taeyong, Lucas, Mark, sama Doyoung
Coming Home : Taeil, Haechan, Jaehyun sama Doyoung


NCT U The 7th Sense Era | Dari Kiri ke Kanan : Ten, Jaehyun, Doyoung, Taeyong, Mark | Credit : nctuthe7thsense.smtown.com

SUMMARY : NCT U membernya engga tetap comebacknya menyesuaikan konsep membernya. Sub unit pertamanya NCT. Siapapun member NCT boleh comeback sama NCT U asal konsepnya match sama mereka. 

NCT 127 Logo yang lama | Credit : Amino Apps

Lanjut ke lingkaran warna ungu yaitu NCT 127. 127 sendiri merupakan titik koordinat garis bujur dari kota Seoul. Soalnya di awal terbentuknya NCT 127 emang difokusin di Seoul tapi sekarang udah mulai ekspansi ke mancanegara, sih. Per tahun 2020 dimana postingan ini di rilis. Dari 3 unit NCT, NCT 127 lah yang memiliki member permanen setiap comeback, hanya aja pas awal-awal dulu sampe sebelum album Reguler ditambah beberapa member tapi yang lainnya konsisten kok membernya. 

NCT 127 Regular - Iregular Era Full Lengkap 10 Member | Dari Kiri ke Kanan : Doyoung, Haechan, Mark, Winwin, Taeyong, Jaehyun, Yuta, Taeil, Jungwoo, Johnny | Credit : SMTOWN

Per 2020 member NCT 127 ada 10 orang cuman pas tahun 2019 mereka comeback sama 8 orang karena Jungwoo lagi hiatus karena sakit dan Winwin (masih jadi misteri dan perdebatan akan nasib Winwin sama NCT 127 apakah suatu saat dia akan kembali ke NCT 127 atau NCT U atau bagaimana? Hanyya agensi dan Allah yang tau) yang lagi fokus sama unit baru yaitu WayV.  Sama kaya NCT U, NCT 127 juga punya tittle track yang digambarin pada gambar oval-oval itu tuh. Buat mempermudah aku urutin juga ya.


Firetruck : Taeyong, Taeil, Winwin, Yuta, Jaehyun, Mark sama Haechan
Limitless : Taeyong, Taeil, Winwin, Yuta, Jaehyun, Johnny, Doyoung, Mark sama Haechan
Cherry Bomb : Taeyong, Taeil, Winwin, Yuta, Jaehyun, Johnny, Doyoung, Mark sama Haechan
Touch : Taeyong, Taeil, Winwin, Yuta, Jaehyun, Johnny, Doyoung, Mark sama Haechan
Chain : Taeyong, Taeil, Winwin, Yuta, Jaehyun, Johnny, Doyoung, Mark sama Haechan
Regular (Kor and Eng Ver) : Taeyong, Taeil, Winwin, Yuta, Jaehyun, Johnny, Doyoung, Jungwoo, Mark sama Haechan
Simon Says : Taeyong, Taeil, Winwin, Yuta, Jaehyun, Johnny, Doyoung, Jungwoo, Mark sama Haechan
Superhuman : Taeyong, Taeil, Yuta, Jaehyun, Johnny, Doyoung, Jungwoo, Mark sama Haechan
Highway To Heaven : Taeyong, Taeil, Yuta, Jaehyun, Johnny, Doyoung, Jungwoo, Mark sama Haechan

NCT 127 Cherry Bomb Era | Dari Kiri ke Kanan 3 di depan : Haechan, Taeyong, Taeil | Dari Kiri ke Kanan 3 di tengah : Mark, Jaehyun, Johnny | Dari Kiri ke Kanan 3 di belakang : Winwin, Yuta, Doyoung | Credit : SMTOWN

SUMARRY : NCT 127 adalah unit kedua NCT. Fixed unit membernya permanen so far ada 10 member NCT 127

Logo NCT Dream

Kemudian yang warna lingkaran biru muda adalah NCT Dream. Aku pribadi sempet kaget pas grup ini muncul karena mereka emang masih sebocah itu bener-bener bocah yang paling tua saat itu Mark dan yang paling muda Jisung kelahiran 2002. Mereka debut ditahun 2016 btw dan comeon 2016 dikurang 2002 berapa 14 tahun woy masih kecil banget si Jisung. Sesuai konsepnya yang fresh and young kalo kamu ngikutin atau sekarang ke youtube dan flashback NCT Dream pasti kamu berasa kaya seorang ibu yang gedein anaknya, deh. Dari mereka se piyik itu sampe sekarang udah bener-bener berubah jadi dewasa.

NCT Dream Members | Dari Kiri ke Kanan : Renjun, Mark, Haechan, Chenle, Jisung, Jaemin, Jeno

Kalo JKT 48 dan sister group serupanya menerapkan sistem graduate alias harus lulus dan nggak ikut promosi sama grup lagi NCT Dream pun begitu. Semisal member udah berusia 20 tahun dia harus graduate dari NCT Dream. Member NCT Dream yang udah graduate yaitu Mark. Sekarang banyak NCTZen (nama fans NCT) yang berharap kaya “Udah NCT Dream fixed unit aja biar nggak ada nambah atau berkurang member lagi” ya semoga aja ya tapi semua balik lagi dong ke agensi maunya gimana huhuhu sedih. Aku juga maunya gitu huaaaaaaa. Kek mana pasti baru pada pertama kali juga nge-stan group yang sistemnya enggak kaya group kebanyakan gitu, kan?

NCT Dream We Go Up Era | Dari Kiri ke Kanan : Mark, Renjun, Jeno, Jisung, Jaemin, Chenle, Haechan

Yuk kita bahas bagian oval-ovalnya dan juga siapa aja member yang berpartisipasi dalam title track NCT Dream. Oh ya di 2 title track Jamin enggak bisa bergabung karena harus hiatus sementara karena masalah kesehatan barulah dia muncul lagi di title track selanjutnya.


Chewing Gum : Mark, Haechan, Jaemin, Jeno, Renjun, Chenle, Jisung
My First and Last : Mark, Haechan, Jeno, Renjun, Chenle, Jisung
We Young : Mark, Haechan , Jeno, Renjun, Chenle, Jisung
Go : Mark, Haechan, Jaemin, Jeno, Renjun, Chenle, Jisung
We Go Up : Mark, Haechan, Jaemin, Jeno, Renjun, Chenle, Jisung
Boom : Haechan, Jaemin, Jeno, Renjun, Chenle, Jisung

NCT Dream minus Mark that already graduated | Dari Kiri ke Kanan : Chenle, Jeno, Jaemin, Jisung, Haechan, Renjun

SUMARRY : NCT Dream beranggotakan para member termuda NCT. Menerapkan sistem graduate bila member menginjak usia 20 akan graduate dari NCT Dream


NCT 2018 Emphaty Era | Credit to : SMTOWN *original photo* | Ni mohon maaf bener-bener dah buat orang S.M dan jajarannya. hamba bingung nyari foto 18 orang yang berjejer yaudah ini hamba edit dah ya punten nya punten ni

Sebelum aku lanjut nama-nama yang udah aku sebutin tadi di atas pernah bersatu membuat gempar jagad perfandoman KPOP karena talent dan visual yang berjalan beriringan. Merka ber 18 pernah semenggemparkan dunia gaessss mereka muncul dalam naungan project NCT 2018 isinya 18 member. Wadaw wadidaw. Mereka ber 18 fix sebagai bagian dari keluarga besar NCT.

3 New Members | Dari Kiri ke Kanan : Hendery, Yangyang, Xiaojun

Nah kemudian muncullah 3 pangeran tampan dari Tiongkok yang diperkenalkan dulu dari SM Rookies. Masih banyak yang susah ngebedain mereka padahal sebeda itu huhuhu mereka adalah Xiaojun, Hendery sama Yangyang. Mereka bertiga emang belum secara sah, gamblang, terang-terangan, diperkenalkan sebagai member NCT karena mereka tergabung dalam WayV dan diperkenalakan sebagai member WayV.

WayV Logo

WayV sendiri berada di bawah naungan label eksklusif  punyanya S.M di Tiongkok yaitu Label V. Meski terjadi perdebatan di kalangan fans WayV is a part of NCT or not. For me WayV is a part of NCT. They’re NCT sub unit that focused on China. Yang diperdebatkan karena ada tiga member yang belum diperkenalkan sebagai bagian dari NCT, karena mereka maksud aku WayV di bawah naungan Label V, mereka punya lightstick dan juga nama fandom sendiri. Tapi, mari kita lihat aja yak ke depan apakah Yangyang, Hendery dan Xiaojun bakal ada  project bareng anak NCT yang lain? Atau WayV WayV NCT NCT? Let’s wait and see. 

WayV Members | Dari Kiri ke Kanan : Kun, Yangyang, Winwin, Lucas, Ten, Xiaojun, Hendery

Seperti yang terlihat di diagram WayV / Weishen V digambarkan dengan oval berwarna biru tua. Nama WayV sendiri merupakan singkatan dari We Are Your Vision. Sebelumnya sempat beredar nama sub grupnya bakal NCT China lah NCT Vision lah tapi pas awal tahun 2019 pas bener-bener bulan Januari banget awal-awal S.M announce mereka namanya WayV. Inget ya WayV!

WayV Take Off Era | Dari Kiri ke Kanan 4 di belakang Xiaojun, Ten, Yangyang, Hendery | Dari Kiri ke Kanan 3 di depan : Winwin, Lucas, Kun

WayV beranggotakan Ten, Lucas, Winwin, Kun, Yangyang, Hendery sama Xiaojun. Selain Ten semua membernya dari Tiongkok, Ten sendiri dari Thailand. Awal kemunculannya emang se-hype itu sih teaser terbaik kata aku pribadi mah sepanjang aku jadi fangirl. Ya pokoknya itu teasernya oke punya. Aku enggak bakal ngelist siapa-siapa aja dan title tracknya ya menginggat WayV baru debut dan nggak ada pergantian member atau apa mereka utuh bertujuh dari awal debut hingga detik ini. So far WayV udah ngeluarin title track Regular (Chinese Version), Take Off, Let Me Love You, Dream Launch, Moonwalk sama Love Talk.


WayV on MAMA 2019 Red Carpet | Dari Kiri ke Kanan : Xiaojun, Ten, Winwin, Kun, Lucas, Yangyang, Hendery

Tapi diakhir 2019 kemarin semenjak album Moonwalk WayV diberi kesempatan tampil di TV Korea, kok bahkan menang juga penghargaan di Korea. Semakin pusing kan akan apa maunya agensi? Mari kita berdoa yang terbaik untuk semua. Disinyalir sih ya ini salah satu cara buat promosi WayV karena konon kabarnya program acara musik di Tiongkok engga sebanyak di Korea. Yang terbaik aja, deh. Yuk tetep terus dukung WayV.

Oh ya WayV walaupun fokus karirnya di China dormnya/ asramanya/ kosannya/ tinggalnya tetep di Korea. Mengenai apakah dorm mereka satu building atau engga kurang tahu ya tapi sepertinya engga. Mengenai saling mention satu sama lain udah sering kita lihat nih ya.

Jadi terlepas perdebatan apakah WayV itu NCT atau bukan please tetap dukung mereka semua ini. Stop ya guys war antAr fandom war antar unit. Stop juga bawa-bawa tokoh fanfic populer yang pake visualisasi NCT apa WayV. Karakter di fanfiction itu bukan karakter mereka di dunia nyata. Sebisa mungkin juga panggil mereka dengan nama asli mereka, kalau mau manggil lain please buat inner circle kamu aja stop di grup chat kamu aja. Panggilan kaya kating galak, kang kopi, pakde, badrol dan sebagainya buat konsumsi antar temen kamu aja. Kalo WayV atau NCT lagi live please nih panggil aja mereka dengan nama mereka panggil sayang malah nggak apa-apa


NCT and WayV Members Back to School Kit | Dari Kiri ke Kanan 7 di atas : Taeil, Taeyong, Yuta, Kun, Ten, Doyoung, Jaehyun | Dari Kiri ke Kanan 7 di tengah : Xiaojun, Hendery, Mark, Yangyang, Lucas, Renjun, Haechan | Dari Kiri ke Kanan 7 dibawah : Jisung, Winwin, Johnny, Jungwoo, Jaemin, Jeno, Chenle | Credit : twitter.com/fungsiuang

At this point ada juga yang menyimpulkan WayV is not a part of NCT. Mereka berdiri sendiri. Lucas, Ten sama Kun was part of NCT before. It's okay. Meski aku pribadi berpendapat ya aku support 21 orang itu  tapi apapun itu keep on supporting them guys. Mau kamu individual stan, OT21 stan, suka sub unit nya doang aja atau apa please don't throwing hate on each others.

Aku sepenuhnya sadar postingan ini dibuat pasti bakal menuai pro dan kontra. Tapi aku harap apapun keputusan agensi kalian bisa tetep support dan ngedukung. karena jujur aja aku trauma respon orang-orang pas SuperM kebentuk kaya sampe bikin trending di Twitter nyuruh mereka bubar. Aku dukung semua artis SM guys jadi kalo ada yang throwing hate each other gitu aku sedih banget banget banget enggak lebay. Mohon dihargai juga ya pemikiran aku ini. Aku memaparkan panjang lebar di atas juga karena aku jelasin bagan itu.
SUMARRY : WayV memiliki 7 anggota fokus karir di China. WayV punya leader sendiri yaitu Kun dan punya nama fandom sendir serta lightstick sendiri

Salah satu contoh proyek individual member NCT | Ten - New Heroes | Credit : SMTOWN

Oh ya hahaha seru kan bahas NCT sam WayV? Gamblang banget kan gue spill semuanya kek nggak ada hari besok. Lanjut yah kita belum udahan, lho. Oke lanjut. Sedangkan kalo kalian liat di diagram itu ada garis putus-putus itu individual activity and project ya. Ada yang project solo atau ngisi OST dan sebagainya. Ada yang collab sama bule, ada yang sama agensi lain, single solo gitu, grup banyak dah rame job gitu dikata mah nggak kenal mereka tanggal tua apalagi makan nasi sama garem, makan promag nggak nggak ada. Oh ya 4 dari NCT, i mean 2 dari NCT 127 Mark sama Taeyong dan 2 dari WayV Lucas sama Ten kegabung bareng senior mereka Baekhyun, Kai sama Taemin di grup SuperM yang fokus pasarnya luar negeri.

SuperM Member dimana ada 2 member dari NCT dan 2 member dari WayV | Dari Kiri ke Kanan 5 di belakang : Baekhyun, Lucas, Taemin, Taeyong, Mark | Dari Kiri ke Kanan 2 di depan : Ten dan Kai | Credit : Billboard

Itu tadi penjelasan secara garis besar konsep NCT dan WayV. Panjang panget ya. Intinya NCT adalah grup dengan member yang limitless dan multinational group. Punya subgroup NCT U, NCT 127 sama NCT Dream serta WayV.

Sekian penjelasan aku semoga dipahami huhuhu kalo tidak paham boleh komentar di bawah tanya-tanya.Makasih banget udah mau mampir ke blog aku. I love each and every one of you. See you on my next post. Bye bye~

XOXO,




19 Comments

  1. Ganteng semua bikin bingung mau naksir yang mana hahahahaha

    ReplyDelete
  2. NU Green Tea brought me here. Doyoung sama Haechan yang ngover andmesh kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha NU Green Tea boleh lho endorse kita. Iya betulllllll

      Delete
  3. Pernah baca teori Matrix nggak? Di twitter rame banget. katanya emang nyambung WayV sm NCT sm SuperM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadi pagi sih sempet liat tapi belum baca. S.M tuh kenapa sukanya pake teori-teori sih

      Delete
  4. Xiaojun sm Yangyang juga pernah kok ngedance Kick It

    ReplyDelete
  5. Kak Annichut siapa biasnya di NCT? Pasti Jaehyun yakkkk

    ReplyDelete
  6. Kok suka NCT knp gk suka BTS aja?

    ReplyDelete
  7. Curang nggak sih NCT 127 sm Dream aja cpt bgt comeback WayV nggak pernah dicomeback" in

    ReplyDelete
  8. Jadi kapan dah wayv kambek

    ReplyDelete