PILLOWTALK – KATA KALE


Hello,

Wassup buddies,

Film apa yang kalian tonton dan berkesan banget buat kalian terakhir kali? Kalau aku film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Dulu pas hype-hype nya aku belum sempet nonton langsung di bioskop dikarenakan tau sendirilah ya kerja keras bagai kuda tapi hasilnya belum terlihat juga wkwkwk. Makanya beberpa waktu yang lalu, pas lagi senggang gitu, aku memutuskan buat nonton NKCTHI ini di Netflix.



Buat yang masih sering skeptis sama perfilman di Indonesia. Sekarang udah banyak, lho film Indonesia yang bagus. Ini salah satunya. Slice of life banget. Meski aku anak tunggal tapi aku bisa ngerasain suka dukanya punya saudara, konflik  dan emosi dari tiap pemainnya tu bener-bener ke deliver dengan sempurna. Aku jadi bisa memposisikan diri aku sebagai si A, B, C, D, E dan sebagainya. Relatable dan sedekat itu dengan kehidupan kita.



Nah, masalah dalam film ini kan ga melulu berpusat sama karakter utamanya, ada juga tuh supporting character tapi bisa take over a whole mood dari yang unyu-unyu sampe pengen ngelempar pake sepatu. Yup, karakter itu adalah Kale. Kale diceritakan sebagai sesosok orang yang memberi warna baru dalam hidup Awan. Karakter Kale dimainkan sama Ardhito Pramono dan karakter Awan dimainkan oleh Rachel Amanda. Buat yang belum nonton bolehlah ke Netflix nonton dulu. Kalo udah nonton nanti kita diskusi tentang si Kale ini.

Sebelumnya bukan tanpa sebab aku nulis ini, mungkin banyak yang nanya “kok ga dari dulu aja, sih?” Jadi gini beberapa hari yang lalu aku liat postingan di IG katanya bakal ada entah sekuel apa spin-off dari film NKCHTI ini yang bakal dikasih judul “Story of Kale: When Someone’s In Love” entah kenapa denger namanya doang aja udah emosi keinget dialog legendaris itu.



Diceritakan Kale dan Awan jadi deket selepas Awan ngotot ikut abangnya ke acara musik, ketemulah Awan sama Kale. Ngobrol, ngobrol, ngobrol, eh kok jadi nyambung. Jalan lah mereka kesana kesini hingga pada suatu ketika Awan, nih tanya ke Kale kurang lebih begini “Sebenernya kita nih apasih” terus jawaban Kale be like:



BAGAIMANA? BAGAIMANA MENURUT ANDA? Ada banyak, lho yang bela sosok Kale ini. Ya, nggak salah. Dari omongannya sih bisa ditebak Kale ini pernah terluka. Tapi atas apa yang pernah dia lewati sama Awan rasanya egois betul bicara kaya gitu. Sampe dah dicium, lho Awannya.

Mungkin kalo di luar negeri it means nothing, it’s just a kiss kaya ya momennya pas yaudah terjadilah. Hmmm, tapi gabisa diterapkan di kasus ini. Bukannya mau gimana-gimana tapi setidaknya kalo gamau terikat ya jangan ngasih respon terus menerus gitu, lho. Entah apa maksud awalnya kan orang jadi salah tafsir.



It same goes as my personal story. Nggak sekali dua kali aku pernah berada diposisi Awan dan ketemu cowok modelan kaya si Kale ini. Semua orang juga tau dan bisa ngerasain itu bukanlah perasaan sepihak. Tapi suatu ketika orangnya ngasih jawaban serupa kaya Kale ini. Lho, piye to?

Mostly, orang kaya gini bilangnya “Ya gue kan gini. Gue kan baik sama semua orang. Baiknya gue jangan lo salah artiin lah” Ini nih omongan maut, lingkaran setan, mulut buaya. Kalo baik doang tuh ya misal contoh aku sama Lucas ya. Lucas sama aku ketemu di Trans Jateng, bangku penuh, Lucas ngasih tempat duduk karena aku mukanya kaya mau pingsan katakan gitu. Perbuatan Lucas itu disebut dengan baik aja, dia bisa aja ngelakuin hal yang sama ke orang lain dari si A sampe Z. Itu namanya emang baik ke semua orang.



Nah, tapi kalo Lucas abis turun dari Trans Jateng terus nganter aku pulang, besoknya ngirimin makanan, ngajak kesana kesini, salim sama bapak ibuk, and do all the things that couples do, ya apa namanya? Apa itu bisa disebut “Ya gue kan gini. Gue kan baik sama semua orang. Baiknya gue jangan lo salah artiin lah” Kalo iya, keren dong berarti semua orang dia ajak kesana kemari kaya gitu, dibaperin kaya gitu perlakuan sama dong ke semua orang?

Gitu juga sama si Kale dan orang-orang kaya dia ini, nih.  Kalo cuma sekadar butuh temen main, temen curhat, hahahihi bilang, dong di awal jadi nggak perlu nanyain kaya “Kita ni sebenernya apa sih?” iya apa iya? Entah gangguan kepribadian narsistik apa emang niatnya mau benching apa gimana. Sebagai seseorang yang pernah di posisi kaya Awan, jujur aku marah banget, sih setelah scene itu. Egois banget.



Ya, emang yang deket nggak mesti harus jadian tapi setidaknya nggak sebrengsek itu dong malih dengan dalih “bahagia itu tanggung jawab masing-masing” Betul, setuju aku bahagia itu tanggung jawab masing-masing. Cari bahagia versi kita sendiri jangan sampai menggantungkan bahagia kepada orang lain atau sesuatu hal. Sekalinya hal itu hilang, kita kelimpungan.

Tapi, dalam sebuah hubungan bukankah lebih baik kedua orang yang terlibat ini menemukan bahagianya sendiri secara individu, bertemu, terus saling berbagi kebahagiaan, ya? Kenapa harus egois begitu. Perasaan anak orang, lho ini. Trauma? Oke. Tapi setidaknya jadilah orang yang ga brengsek gitu. Lu gamau nyakitin tapi sendirinya malah nyakitin. “Salah siapa pake naksir?” Sampe bisa ga naksir setelah apa yang udah di lewatin itu gue rasa, yang bisa kaya gitu, bukan manusia. Kaya hukum fisika dah tuh kalo ada aksi ya bakal timbul reaksi. Emang denial dan terus cari pembelaan aja golongan orang-orang ini. Takut akan status.

 

“Lu nya aja ya baperan, makanya banyakin main biar ga baper” Enteng bener tu mulut bilang gitu ya. How triggering! Begitu ngalamin sendiri, begitu keadaan dibalik baru dah kalo omonganya dibalikin malah jadi playing victim. Pernah digituin? Sama berarti.

Come on, lah mulai waras dan rasional dalam berpikir kalo udah nyoba dan ternyata ga nemu chemistry-nya ya setidaknya mulai kirimin sinyal. Atau misal dari awal udah nggak tertarik sama sekali, ya jangan di respon atau tegas aja dai awal “Aku siap dengerin kamu kapanpun, bakal ada buat kamu. Karena kamu temen aku”

Ini nggak cuma berlaku buat cowok tapi cewek juga. Kasus kaya gini pelaku dan korbannya bisa menyerang siapa aja kok ga cowok maupun cewek bisa kena, nih.  Kalau memang belum selesai dengan diri sendiri ya jangan pernah sekali-kali buat memulai. Jangan coba-coba, deh. Orang yang sedang jadi targetmu itu bukan tempat terapi kamu. Kasih kejelasan dan batasan. Mungkin, kita pernah dilukai tapi bukan berarti juga kita bisa seenaknya melukai. Posisikan diri kita diposisi orang itu.



Kalo dari kacamata aku yang pernah jadi korban hal semacam ini tuh bikin timbul trauma banget. Jadi takut punya perasaan ke orang lain. Karena, bakal jadi overthinking “Kalo gue diperlakuin gini kira-kira apa dia juga ada rasa ya sama gue. Ah, nggak deh kayanya.

Cuma perasaan gue aja” Jadi, susah cuy timbul yang namanya trust issue. Klaim orang-orang yang dikit-dikit ngatain baperan itu juga dampaknya sama bakal muncul namanya self doubting “Ah, gak deh kayanya emang gue baperan” Kan bahaya, sih. Apalagi udah melewati tahapan demi tahapan apa iya salah aku terlalu cepat menafsirkan perasaan? Kan, ya balik lagi semua butuh kepastian.

 


Dari situ aku juga belajar, sih buat lebih spesifik lagi dan pintar memilih mana yang bener tulus mana yang macem Kale gini. Jadi, mulai sekarang mari deh jujur sama diri sendiri, tegas sama diri sendiri, jangan mau lagi disinggahi orang yang sama sekali nggak ada niatan buat sungguh-sungguh. Semangat kawan.One day, we’ll find the one.

Sekian postingan aku kali ini, semoga kalian bisa menangkap dengan baik apa maksud aku yaaaah. Buat yang pernah ngegantungin gitu semoga kamu nggak gitu lagi. Buat kalian yang pernah jadi korban perasaan kaya aku gini salah satunya, semoga ke depan kita nggak lagi dipertemukan dengan orang yang salah.  Aamiin. Makasih guys udah menyempatkan diri main ke blog aku. Next, curhat dan ngebahas apa lagi ya? Ada saran? Boleh komen di bawah. Spread the positive vibes, I love each and everyone of you. See you on my next post. Bye bye....


Credit :

Ilustrasi Vektor : freepik & stories

Ilustrasi Gambar : imdb.com

Font NKTCHI : @dimsngrho

Olah Grafis dan Editing : Annisa Bakrie



XOXO,


 

24 Comments

  1. Kale is da real fakboi euy. Tulisan yang bagus Mba. Ntah knp setuju sekali, lebih baik jelas di awal dpd akhirnya hny digantungkan. Aku tau ga smua org jago dlm berbicara terutama pria. kdg mrk takut nyakitin makanya milih ky jalani aja dulu pdhl aslinya mah ga suka suka amat. Sedih euy jd melo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngerasa jadi kaya "oh gue doang yah?" padahal emang betulan cowonya bikin baper hahahaha jd merasa salah sama diri sendiri

      Delete
  2. Maaf salah fokus. Lucas naik Trans Jateng 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha ayo kapan-kapan naik Trans Jateng siapa tau ketemu

      Delete
  3. Untung, Kale sebatas cium coba kaya yang di Twitter kumpulan cowok berkacamata yang kasus. Wah kacau

    ReplyDelete
  4. Kalimat Kale lantas bisa jd pembenaran bagi mereka yang emang sengaja dateng buat ngebaperin doang. Bener yg Mba tulis kebanyakan play victim dg blg "aku baik sm semua org"

    ReplyDelete
  5. Can relate. Aku juga agak triggered waktu Kale ngomong gitu. Kaya wow after all this time happiness is not my responsibilities i cant commited like dude youre totally a trash

    ReplyDelete
  6. Ilustrasinya tolong bagus banget

    ReplyDelete
  7. Never thought that we could be mocking someone face just by soft spoken like this. Tulisan yang sangat bagus, jujur, dengan menggabungkan kisah nyata. Keep on rocking

    ReplyDelete
  8. Dear Kale dan sebangsanya : JANCOOOOK

    ReplyDelete
  9. Benching itu istilah kak? Artinya apa mohon dijelaskan🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benching itu suatu kondisi dimana kamu sebetulnya hanya dijadikan cadangan, kalian ngelakuin banyak aktivitas kaya orang pacaran, tp dia gamau ngasih kejelasan status. Biasanya motif para benchers terhadap benchee nya ini ya semata karena dia gamau kehilangan perhatian aja.


      Btw, buat lebih jelasnya bisa baca di artikel yang pernah aku tulis di IDN Times berikut linknya yah :

      https://www.idntimes.com/life/relationship/amp/annisa-nur-fitriani-1/istilah-percintaan-c1c2

      Delete
  10. tah eta jangan ditiru yang begini si kale ini

    ReplyDelete
  11. Walaaaaa, akhirnya bisa singgah sini juga, thankyou jakia sudah menggiring daku sampai sini.semangat teh, kutunggu karyamu yg lain ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ditunggu huhuhu terima kasih yah sudah menyempatkan mampir dan komen terharu banget

      Delete
  12. Still, abis nonton When Someone's In Love tetep gabisa membenarkan atau memvalidasi kebenaran atas sikap Kale. Harusnya dia ga bikin bingung Awan. Memang fuckboi karakter ini karena dibawakan dengan ganteng makanya banyak yang bela. hadeeeeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul. harusnya dia selesai sama diri dia dulu jangan coba-coba mulai kalo belum selesai

      Delete