10 REKOMENDASI DRAKOR YANG TAYANG JANUARI – JULI 2020



Hello.....

Wassup Buddies,


Hai, kembali lagi nih aku bakal ngasih 10 rekomendasi drakor yang tayang sepanjang Januari sampai dengan Juli 2020. Drakor ini sama sekali nggak aku urutin rangkingnya kaya yang paling keren sampai yang paling nggak banget atau sebagainya. Ini random aja, aku tulis berdasarkan apa yang udah aku tonton selama ini. Ada 3 drama yang nggak bakal aku masukin ke dalam list soalnya udah pernah aku ulas di blog ya kaya misalnya Crash Landing on You, Itaewon Class dan juga The World of The Married.  Beberapa juga udah pernah aku tulis di artikel aku di IDN Times cuma kan kalo di artikel, aku terbatas menyampaikan opini aku ini itu ya nggak sih. Makanya dengan adanya posting-an ini aku berharap aku bisa lebih bisa leluasa ngasih pendapat aku di sini.

 


Oh ya, untuk memudahkan kalian nonton aku bakal sertakan link situs streaming-nya di foto kedua tiap ulasan aku. Jadi, aku bakal kasih tiga buah foto tiap ulasan, nah di foto kedua itulah linknya berada. Cukup klik aja nanti kalian bakal diarahin sendiri ke halaman streaming-nya. Sebelumnya mau aku kasih tau juga, aku pakai VIU, iQIYI dan Netflix ya untuk streaming-nya. Usahakan nonton di situs legal dulu, ya guys. Kalo semisal emang drama yang aku rekomendasikan di bawah kok nggak ada di situs tersebut ya monggo silahkan buat nonton di situs streaming langganan kalian atau mungkin via telegram.

 Sekali lagi drama yang aku tulis ini drama yang aku udah tonton. Jadi semisal ada judul dari drama populer dan nggak aku ulas di sini itu berarti aku belum nonton dramanya atau aku udah nonton tapi belum kelar. Di akhir posting-an juga bakal aku tulis drama apa aja yang aku tonton tapi nggak aku kelarin atau drama yang udah aku tonton tapi nggak muat aku ulas di sini. Penasaran kan apa aja sih drakor yang aku tonton sepanjang Januari sampai dengan Juli 2020?

Cekidooooootttttttttttttttt!!!!!!!!!!!!!!!!!!


1. The King : Eternal Monarch



Super excited banget nonton drama yang satu ini karena akhirnya Babang Lee Min Ho main drama *internal screaming* The King sendiri merupakan penggabungan beberapa genre drama kaya science fiction, romance,  dan juga historical. Berkisah tentang perebutan suling sakti *tapi kalo ditiup nggak bikin joget teretetetetettttt awe awe buka sitik josssss* dimana suling sakti ini bisa membuka gerbang seluruh alam semesta.

Nah, singkat cerita nih baginda Lee Gon atau kalo dalam bahasa Korea baginda disebut dengan Pyeha (baca : pe-ya) kepo sama si pemilik ID Card atas nama Jeong Tae Eul seorang letnan kepolisian di Republik Korea. Karena pas malam pengkhianatan, sewaktu Lee Gon kecil, ada sesosok pria misterius yang datang menyelamatkan dia terus naro ID Card Jeong Tae Eul ini. 



Malam pengkhianatan adalah malam dimana omnya Lee Gon, om apa pakde ya aku lupa pokoknya sepupu ayahnya Lee Gon, melakukan pengkhianatan, guys. Lee Lim ini berambisi untuk mendapatkan manpasikjeok. Makanya dia sampe tega ngebunuh Raja saat itu, yakni ayahnya Lee Gon. Lee Lim juga berusaha mau bunuh Lee Gon tapi ga berhasil karena diselamatkan sosok pria misterius yang naro ID Card Jeong Tae Eul tadi.

Nah, Lee Gon sendiri  adalah raja disebuah republik monarki bernama Republik Corea, yang mana Republik Corea ini bisa dibilang versi masa lalunya dari Republik Korea sekarang. Jadi dua republik ini adalah dua dimensi yang berbeda bisa datang dan pergi ke dua dimensi ini kalo punya manpasikjeok alias suling sakti. Awalnya, Pyeha dateng sendiri lama-lama dia ditemenin sama pengawal pribadinya yaitu Jo Yeong. Usut punya usut ternyata udah banyak orang yang melewati gerbang dua dunia, dari Corea ke Korea atau sebaliknya.



Di awal bisa dibilang dramanya cukup rumit, di tengah menuju akhir udah mulai bisa menebak bakal kaya gimana sih maksud dari kejadian ini itu. Sayangnya, menjelang episode akhir dibuat bingung lagi, untung aja pas di episode terakhir itu penonton diberikan kejelasan.

Di Korea sendiri drama ini nggak begitu hype, kata netizen korea dramanya aneh, nggak masuk akal, sayang cast udah bagus-bagus tapi jalan cerita ga jelas, placement iklannya kegedean dan sebagainya. Mungkin juga karena di Korea sana emang lagi trennya nonton drama –drama dengan genre slice of life kali, ya. Tapi The King : Eternal Monarch ini rame banget  di perbincangkan dimana-mana salah satunya di Indonesia. Tapi emang beneran seru banget dan layak di tonton, lho drama ini. Bisa jadi yang awalnya kamu naksir sama pemeran utama bisa naksir sama pemeran lainnya. Ya gimana enggak sih line up nya aja oke punya mulai dari Lee Min Ho sampe Woo Do Hwan semua lengkap ada di sini. Oh ya, drama ini ada di Netflix, ya!


2.  365 : Repeat The Year



Bisa dibilang awal tahun 2020 itu tahunnya drama genre thriller, crime sama mystery. Idih gimana enggak? Sederetan drama ciamik dari genre itu diproduksi dengan super duper kerennya. Salah satu yang aku rekomendasikan banget buat di tonton adalah 365 : Repeat The Year. Sebetulnya drama ini sendiri merupakan adaptasi dari novel Jepang yang judulnya Repeat.  Sama kaya novelnya drama ini bercerita tentang perjalanan 10 orang yang diberi kesempatan untuk mengulang waktu, kembali ke satu tahun yang lalu untuk mengubah takdir atau jalan hidup mereka masing-masing.



Dari kesepuluh orang tersebut tentu aja punya misinya masing-masing, ada yang pengen nyelametin temennya, ada yang pengen ngehindarin kecelakaan, ada yang pengen buka café dan lain sebagainya. Bisa dibilang drama ini sebagian besar berpusat pada 3 tokoh utama penting yaitu Lee Shin, pemilik klinik Zian, fasilitator sekaligus orang yang mengumpulkan orang-orang ini untuk melakukan, reset. Shin Ga Hyun, seorang komikus yang putus asa karena mengalami kecelakaan dan lumpuh, serta Ji Hyung Joo seorang detektif yang kehilangan semangat hidup karena kehilangan sahabat tercinta.



Awalnya mereka semua seneng, tuh karena bisa Turn Back Time kalo Ji Hyung Joo ya Turn Back Crime karena polisi, ya gak? Namun, lama kelamaan mulai, deh tuh kejanggalan terjadi. Satu per satu dari mereka meninggal secara tragis. Nah, kepo kan siapa yang dalang di balik ini semua? Yang jelas nggak ketebak banget, sih. Bener-bener nggak ketebak asli, sumpah.  Sayangnya drama sebagus ini kalah pamor sama drama-drama lain. Aduh sedih banget, deh. Oh ya, drama ini nggak ada love line antar pemeran utamanya, ya sebetulnya nyaris ada tapi ya gitulah nyesek dikit. Jangan lupa pokoknya nonton drama yang satu ini! Drama ini bisa kamu tonton di VIU.


3. Extracurricular



Siapa hayo di sini yang naksir Kim Dong Hee sejak dia jadi Ha Min di Web Series A-Teen? Siapa juga yang terus ngikutin drama dia dari Sky Castle sampe Itaewon Class? Hahaha bener banget kali ini Kim Dong Hee balik sama drama barunya yaitu Extracurricular. Nah, di drama ini pasti juga banyak yang salfok sama Nam Yoon Soo yang jadi Kwak Ki Tae, pasti dikiranya Mas Kunang-Kunang di Hotel del Luna, ya kan? Hayo mana ngaku yang salfok? Beda guys, mereka bukan orang yang sama.

Kalo dilihat dari judulnya pasti bakal ngiranya ini tuh drakor school life pada umumnya, mungkin dikira bakal ada kasus di balik kegiatan ekskul di sekolah atau apalah. Eits, tapi ternyata ekskul yang di maksud di sini beda banget. Bukan basket, bukan cheerleader, bukan renang, bukan paduan suara. Extracurricular di drama ini ya dimaknai sebatas kegiatan ekstra sekolah atau kegiatan yang dilakuin di luar sekolah.



Tapi, jangan salah kegiatannya ini idih buset anak SMA cuy jadi mucikari. Nah di sini Kim Dong Hee berperan sebagai Oh Jisoo salah seorang siswa teladan di sekolah. Tapi sebagai siswa teladan, Jisoo ini lempeng aja gitu ga ada catatan dia nakal, apa kek, berantem sama temen kek, sesekali bolos kek atau apa. Jisoo ni bisa dibilang bener-bener siswa yang aneh dan mencurigakan dan hal ini pun juga diutarain sama wali kelasnya di sekolah.

Karena himpitan ekonomi, Jisoo punya semacam aplikasi prostitusi online, nggak taunya ternyata salah satu pengguna aplikasi ini adalah temen sekelasnya sendiri. Wadaw wadidaw. Jadi, gampangnya gini Jisoo punya aplikasi, nah dia kerjasama sama Mr.Lee. Mr. Lee ini yang ngumpulin gadis di bawah umur buat nerima job via aplikasi punyanya Jisoo. Nah, salah satunya ya, Min Hee temennya Jisoo ini. Di balik keseruan masa remaja anak SMA ternyata ada juga sisi gelapnya. Bahkan cewek yang ditaksir Jisoo yaitu Gyuri juga punya sisi gelap gitu juga sama Kitae. Ya namanya hidup mah nggak ada yang sempurna gitu.



Penasaran kan gimana serunya drama ini? Atau apa sih alasan dibalik Jisoo ngelakuin ini semua? Ada baiknya kamu segera nonton drama korea yang satu ini! Available on Netflix, lho. Mumpung kartu sultan udah buka blokirannya kita bisa nonton Netfix tanpa VPN lagi, deh.


4. When My Love Blooms



Kalau kamu suka nonton melodrama kayanya drama yang satu ini oke punya buat kamu tonton. Apalagi kalo kamu pengen lihat akting keren Jinyoung GOT7 yang jadi kakak BEM, orasi sana sini menyuarakan suara rakyat.  HIDUP MAHASISWA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Tapi di sini kak Jinyoung namanya jadi Jaehyun wow bukan Jaehyun NCT yaaaaah tentu saja.  Drama ini bisa dibilang bercerita tentang cinta lama belum kelar semasa kuliah.



Berkisah tentang Jisoo dan juga Jaehyun yang jatuh cinta setelah tidak sengaja bertemu selepas gelaran aksi massa menuntut hak buruh, kemudian ketemu lagi setelah 40 tahun berpisah. Kehidupan mereka tentu aja udah berubah. Jaehyun yang dulu vocal banget menyuarakan hak rakyat kecil pas udah tua, karena posisi dia yang jadi menantu pemilik perusahaan besar, dia ga se-vocal yang dulu. Terus ketemulah dia sama cinta masa lalunya yaitu Jisoo, seorang janda yang struggle menghidupi anak semata wayangnya. Eh gataunya anaknya dan anak Jaehyun sekolah di sekolah yang sama. Mulai baper lah disitu.



Posisinya Jaehyun, nih masih menikah gitu, tapi rumah tangganya complicated. Pas Jaehyun di penjara istrinya selingkuh. Bilangnya sih pas Jaehyun udah keluar dia udah insyaf, tapi nyatanya? Hadeeeh. Istrinya Jaehyun ini nggak suka banget sama Jisoo makanya ngelakuin segala cara agar suaminya ga deket-deket sama Jisoo. Semacem dia yang selingkuh tapi dia juga gamau kehilangan? Tipikal orangs elingkuh banget ga sih? Hahahah biasanya gitu dianya selingkuh tapi pasangannya dituntut loyal. Ini aku ga curhat, lho ya. Wkwkwkw. Eh ya kelupaan kalo pas muda kan diperanin Jinyoung GOT7, nah pas udah tuanya diperanin sama yang ga kalah ganteng yaitu Om Yoo Ji Tae.

Penasaran gak? Gimana akhir dari kisah melodrama yang pelik ini? Kamu bisa nonton When My Love Blooms di VIU, lho. Oh ya selain Jisoo sama Jaehyun ada satu lagi karakter yaitu mantan suami Jisoo yaitu Sehun. Aku pas nonton ini juga antara sedih apa ngakak abisnya kenapa nama castnya kaya nama idol semua.


5. Hospital Playlist



Kaya yang aku bilang drama dengan genre slice of life itu emang lagi digandrungi banget di Korea sana. Di sini juga sih. Tercatat udah ada banyak drama dengan genre ini yang sukses memikat hati penonton. Ya apalagi kalo bukan karena ceritanya yang relatable banget sama kehidupan sehari-hari. Nggak ada peran antagonisnya di sini nggak ada juga love line yang bikin cringe sampe merinding. Semua biasa aja tapi diceritain dengan luar biasa sesuai dengan porsinya, ya sama aja kaya kehidupan sehari-hari kita. Makanya nggak salah kalo drama yang tayang di Netflix ini bisa meraup banyak penggemar bahkan sampe para selebriti tanah air sekalipun.



Drama ini bercerita tentang persahabatan 5 orang dokter. Ya, dokter. Mungkin yang ada dipikiran kita kalo drakor yang ada profesi dokternya pasti semuanya berkaitan sama hal-hal medis mulai dari interaksi sama pasien, hectic-nya ruang IGD, sampe penanganan di ruang operasi. Tapi Hospital Playlist nggak gitu, lho. Drama ini nyeritain tentang kehidupan kelima dokter itu. Sisi manusianya mereka.

Masing-masing tokoh punya karakter yang kuat dan porsi yang pas. Jangan bilang lebay kalo banyak yang bilang drama ini terbaik drama ini paling rasional. Karena memang betul, tapi meski berpendapat begitu jangan menjatuhkan drama lain, dong dengan bilang drama lain itu jelek dan gak ada apa-apanya. Karena pernah ya aku nemu komen di YouTube. Ngebandingin Hospital Playlist sama Mr.Sunshine sama The King. Ya jelas beda dong dari genre saja sudah beda jauh kok. Bisa-bisanya ngebandingin hal yang nggak apple to apple.



Kalau kalian butuh drama yang ringan, dekat dengan kehidupan, kangen sahabat, atau kepo dengan kehidupan kalian 20 tahun yang akan datang akan gimana dan seperti apa. Drama ini layak banget kalian tonton.  Ah, ya fyi aja Jung Kyung Ho yang jadi Kim Joo Hwan di Hospital Playlist  itu pacarnya  Choi Sooyoung SNSD wkwkkw kali aja naksir. Dah ada cemewew nih beb. Terus juga pasti ada yang salah kira sama Yoo Yeon Seok, hayo siapa yang mikir dia ini Sehun EXO? Hahahah emang mirip, guys, tapi mereka beda orang.


6. Memorist



Selain 365: Repeat The Year, Memorist juga wajib banget kalian tonton. Buat kalian penyuka plot twist terutama. Parah drama genre thiller yang satu ini wajib banget masuk daftar tontonan kalian. Drama ini dibintangi sama si ganteng Yoo Seung Ho sama kakak cantik Lee Se Young. Memorist sendiri merupakan drama yang di adaptasi dari Webtoon.



Berkisah tentang seorang detektif bernama Dongbaek yang bisa melakukan pemindaian memori terhadap seseorang melalui sentuhan. Ya mirip-mirip dikit sama psychometric gitu.  Nah, karena kepiawaiannya memindai memori orang dengan sentuhan banyak yang ga suka juga, nih sama Dongbaek.  Kemudian karena namanya juga detektif ya kan dia harus menyelesaikan banyak kasus. Nah di sini bertemulah dia sama Han Sun Mi, aku lupa apa pangkat dia di kepolisian pokoknya dia juga salah satu profiler gitu lah. Meski nggak ada kerja sama secara langsung mereka berdua nih sering banget ketemu di lokasi kejadian perkara.Mereka berdua lantas setuju buat saling kerja sama buat menyingkap kasus pembunuhan berantai.



Setiap episodenya terus dibuat tegang dan ada-ada aja bukti baru yang bikin kita mikir siapa sih sebenernya si pelaku ini? Kita diajak ga cuma mikir tapi juga suudzon sama si ini si itu si anu si ani haduh karena saking peliknya di tiap episode. Sama kaya 365: Repeat The Year, Memorist juga nggak ada romance-nya. Meski fans udah pada menantikan ini tapi sayang banget sayang banget nggak ada sama sekali, cuy. Oh ya drama ini ada di VIU, ya!


7. Tell Me What You Saw



Thriller lagi nggak apa-apa, ya? Hahahah nggak berhenti aku buat ngepromosiin drama yang satu ini. Gimana enggak? Bagus banget cuy.  Kalo Memorist dia memindai ingatan dengan sentuhan kalo Tell Me What You Saw mengingat sesuatu dari apa yang dia lihat. Kaya punya ingatan yang kuat berdasarkan apa yang udah dilihat gitu.



Aku awalnya nonton ini karena yang main Jang Hyuk Oppa, ya dan juga Mbak cantik Choi Sooyoung. Dimana Jang Hyuk Oppa berperan sebagai Oh Hyun Jae seorang profiler cerdas yang terpaksa “menghilang” setelah tunangannya meninggal dalam sebuah kecelakaan yang udah di setting oleh pembunuh berantai, dimana Oh Hyun Jae kemudian bekerja sama dengan Cha Soo Young polisi yang ditempatkan di distrik pinggiran, tapi karena kemampuan “khusus” nya dia bisa gabung sama tim Regional Investigation Unit ya kaya semacem  tim detektif di apa ya mungkin setara Polda kali ya kalo di Indonesia atau malah mungkin malah setara Polri ya aku kurang paham. Pokoknya dulu Cha Sooyoung ini polisi biasa aja yang kerja di Polsek gitu lah terus level up ke jenjang yang lebih tinggi.



Bisa dibilang banyak adegan yang cukup triggering juga sedikit gore dan beneran nakutin di drama ini. Ya drama criminal thriller khas OCN banget, bener-bener sadis dan ngeri. Jadi, kalo kalian takut nonton beginian bisa skip jangan nonton drama yang satu ini. Tapi kalau kalian biasa aja dan malah excited sama drama model begini, fix, wajib nonton sekarang juga. Drama ini sama kaya 365: Repeat The Year dan Memorist dimana drama ini juga penuh plot twist. Kaya mau marah aja, kok bisa-bisanya si pembunuh berantai, sadis, misterius ini kok orang ini. Sebel dan kesel udah pasti. Kepo kan? Kalo nggak salah ya drama ini ada di VIU.


8. Was It Love?



Kalau 7 rekomendasi drama di atas udah pada tamat, sekarang aku bakal rekomendasiin drama yang masih on going. Tayang setiap Rabu dan Kamis ada di Netflix. Drama ini dibintangi sama Song Jihyo, Son Ho Jun, Song Jong Ho, Kim Min Jung dan juga Koo Ja Sung. Widih dari sederetan nama yang aku sebut tadi kebayang dong gimana cantik ganteng pemerannya. Ya, karena udah terbukti lah, ya banyak aktor aktris Korea tuh nggak cuma tampang doang yang cakep tapi diimbangi juga sama kemampuan akting yang mumpuni.



Was It Love? menceritakan tentang Noh Ae Jeong seorang single mother yang berprofesi sebagai produser film. Hidupnya, nih bisa dibilang struggle banget. Putus kuliah karena hamil di luar nikah, nah pas mulai udah enak nih hidupnya ia dihadapkan pada kasus utang piutang bersama rentenir ganteng yaitu CEO Koo Pa Do yang juga merupakan bapak dari temen anaknya Noh Ae Jeong yang  bernama Noh Ha Nee.

Kehidupan Noh Ae Jeong juga ga berhenti sampe dia ketemu CEO Koo Pa Do tapi juga ketemu sama guru olahraga di sekolah Ha Nee yaitu Oh Yeon Woo yang merupakan adik tingkat Ae Jeong selama kuliah yang diam-diam naksir Ae Jeong. Sama kaya pernyataan Mbak Najwa Shihab di OVJ waktu itu “Kenapa perempuan harus memilih kalau kita bisa mendapatkan keduanya? Pertanyaan itu seolah-olah  membuat perempuan tak berdaya” Eits, tapi di Was It Love ga cuma milih dua say, milih empat. Wkwkwkwk rentenir udah, bukan rentenir sih aslinya kaya CEO perencanaan financial gitu bahasa lebih enaknya, guru olahraga yang juga adek tingkat udah. Mantan pacar yang juga jadi penulis terkenal juga muncul, ga cuma mantan pacar tapi juga kakak tingkat yang sekarang jadi aktor terkenal juga muncul. Pusing nggak tuh?



Kemunculan mereka bukan tanpa disengaja ya, kaya udah jalannya aja gitu mereka harus ketemu. Ada juga peran serta Ha Nee yang sedang mencari-cari siapa nih bapak kandungnya. Drama ini baru tayang kurang lebih 6 episode minggu ini jalan episode 7-8 tapi beneran menarik dan sayang aja kalo sampe nggak di tonton. Kira-kira siapa ya bapak kandungnya Ha Nee? Apa jangan-jangan malah bukan salah satu dari empat orang itu?


9. Backstreet Rookie



Dibanding aktor lain Ji Chang Wook bisa dibilang lumayan sering, nih muncul di drama Korea ataupun variety show. Ya setidaknya publik tidak terlalu lama menunggu “Kapan nih si ganteng muncul” Kalo aktor lain kan bisa diitung jari munculnya. Per posting-an ini dibuat aja, Babang Ichang dikabarkan bakal main drama lagi bareng Kim Ji Won. Daebak ga tuh?

Nah, di drama Babang Ichang yang masih on going ini yaitu Backstreet Rookie ia berperan sebagai Choi Dae Hyun seorang anak pemilik toserba yang juga bertugas untuk menjaga toserba. Dulunya sih Choi Dae Hyun kerja di kantor pusat Toserba-nya, di sana dia juga menjalin hubungan sama Yeo Yeon Joo, Yeon Joo ini anak orang kaya sementara Dae Hyun anak orang biasa aja.  Tapi konflik utamanya bukan di mereka aja, lho.



Melainkan juga pada Jung Saet Byul yang diperankan sama Kim Yoo Jung, dia di sini bekerja sebagai pekerja paruh waktu di toserba milik Dae Hyun. Saet Byul ini bisa dibilang hidupnya sama struggle-nya, nih kaya Dae Hyun. Tapi lebih struggle Saet Byul sih soalnya dia terpaksa putus sekolah demi ngebiayain hidupnya dan juga adiknya. Pokoknya masalahnya pelik, deh. Sejauh ini agak lama ya Choi Dae Hyun naksir sama Saet Byul, belum sama sekali malah padahal udah mau kelar, lho dramanya. Mungkin bakal kaya Maudy Ayunda kali ya Cinta Datang Terlambat hehehehe.

Ada juga nih, ahjumma hits yang memerankan jadi ibu Choi Dae Hyun hahahah kalo denger namanya pasti udah tau siapa. Yups, Kim Sun Young, entah kenapa ahjumma ini laris banget dimana-mana. Tapi emang aktingnya top dan jempolan, sih. Ada juga scene komedinya antara temen Dae Hyun dan juga temen Saet Byul.  Temen Dae Hyun ini adalah seorang komikus untuk Webtoon dewasa nah dia diam-diam ada sesuatu sama temenya Saet Byul yang kebetulan adalah pembaca setia Webtoonnya, temen Saet Byul ini juga sering banget jadi top comment di tiap komik yang di rilis. Karena taunya via dunia maya cuma antara penggemar dan penulis makanya kaya pada bucin padahal mereka berdua kalo ketemu selalu musuhan tapi kocak gitu.



Yang nggak kalah nyegerin dari Babang Ichang adalah kehadiran Kim Mingue, padahal dia cuma cameo di sini tapi peranan dia emang lebih banyak sih ketimbang second lead-nya wkwkkwkw. Asli, dah ganteng parah tolongggggggg.

Lengkap banget lah drama ini. Beberapa episode kebelakang juga ada sedihnya ga cuma konyol aja. Jadi kalo kalian butuh drama yang ringan-ringan aja bisa banget nonton Backstreet Rookie setiap hari Jumat – Sabtu di SBS tapi kalian juga bisa nonton sendiri di iQiyi atau di situs streaming kesayangan kalian.


10. It’s Okay to Not Be Okay



Drama yang lagi jadi buah bibir dimana-mana. Yups, It’s Okay to Not Be Okay yang tayang di Netflix tiap Sabtu-Minggu ini sayang banget kalo sampe kamu lewatin. Karena emang worth the hype kok. Setelah cuma sekelibat-sekelibat aja muncul di drama kenamaan kaya Hotel del Luna atau Crash Landing on You, Kim Soo Hyun, yang dilansir sebagai aktor Korea dengan bayaran termahal yaitu 2,4 Milyar per episodenya ini kembali beradu akting di layar kaca. Kayanya Kim Soo Hyun ini suka ngambil peran dimana peran cewek yang jadi lawan mainnya ini lebih mendominasi, ya. Sebut aja Suzy di Dream High, Jun Ji Hyun di My Love From The Stars terus IU di The Producer eh sekarang dong  Seo Ye Ji di It’s Okay to Not Be Okay.

It’s Okay to Not Be Okay sendiri bercerita tentang seorang perawat psikiatris di rumah sakit jiwa bernama Moon Gang Tae. Ia adalah seorang anak yatim piatu yang terpaksa harus sering berpindah ke sana kemari karena trauma yang dialami oleh kakaknya, Moon Sang Tae, yang merupakan seseorang dengan spectrum autism. Gang Tae dikenal sebagai pribadi yang tenang dan pendiam, tapi nyatanya menyimpan beragam emosi dalam dirinya yang sewaktu-waktu bisa meledak.



Suatu ketika ia bertemu dengan seorang penulis buku dongeng yaitu Ko Moon Young, karena trauma serta hal buruk yang menimpanya sewaktu kecil, Moon Young tumbuh sebagai seseorang yang mengalami “gangguan” khususnya dalam bersosialiasi. Ia kerap bertindak semaunya sendiri. Nah, pas ketemu Gang Tae, Moon Young jadi sedikit berubah. Mereka berdua seperti menemukan kecocokan satu sama lain dan saling melengkapi. Moon Young butuh Gang Tae begitu juga sebaliknya.



Tiap episode dari drama ini beneran semenarik itu buat di simak karena selain jalan ceritanya yang menarik, character development pemain-pemainnya juga bisa dibilang bagus banget. Bisa pada menjiwai karakternya gitu. Jujur demi apa aku salut dan kagum banget sama Oh Jung Se yang meranin jadi Moon Sang Tae bisa se-total itu. Bahkan yang barusan viral, nih Oh Jung Se ngajak sepupu penggemarnya dia, yang juga merupakan seseorang dengan autism spectrum, buat jalan-jalan di taman bermain. Sweetnya lagi Oh Jung Se Oppa kok Oppa sih gue manggilnya padahal dia seumuran emak gue hahahah ke taman bermain itu pake kostum ala Sang Tae lengkap sama tas yang ada gantungan kunci dinosaurusnya. Gila sih, emo banget ngeliatnya.

Pakaian yang dipake sama Seo Ye Ji di sini beuhhhhh bagus-bagus banget, cuy jadi kepengen pake. Sama fashionista nya kaya jaman Jang Man Weol di Hotel del Luna, deh. Jujur aku takut darah, di episode awal itu ada scene yang bikin aku super merinding dan gamau lagi, cuy sebenernya ngelanjutin nonton. Tapi untungnya makin ke sini ceritanya makin bagus aku jadi lupa deh pernah ada adegan kaya gitu. Kalau kalian penasaran juga bakal kaya gimana sih akhir cerita antara mereka semua? Jangan lupa tiap weekend nonton It’s Okay to Not Be Okay.

Nah, itu tadi 10 drakor rekomendasi dari aku yang aku tonton sepanjang Januari sampai dengan Juli 2020. Aslinya masih ada banyak lagi kaya misalnya Hi, Bye Mama, Kingdom 2, Kkondae Intern, Team Bulldog, Rugal, Mystic Pop-Up Bar, Born Again, Soul Mechanic, Oh My Baby, Dinner Mate, The Cursed, Find Me In Your Memory, Forest dan masih banyak lagi judul lainnya yang nggak kalah menarik. Dari judul yang aku sebut barusan ada beberapa yang aku belum tonton sepenuhnya ada yang baru nonton berapa episode udah males banget. Mungkin, next aku bakal sempetin buat ngelarin hehehe ya kalo ga keburu kecanduan nonton drama lainnya, sih.



Situs Streaming Drama Korea

Menikmati drama korea bisa dibilang masih susah-susah gampang, mungkin bagi kalian yang punya televisi berlangganan nggak ada masalah buat menikmati tayangan drama Korea semau kalian, bahkan sekarang sudah ada fitur menonton siaran ulangnya pula. Tapi, kan nggak semua orang punya akses itu. Jika, kalian nih emang butuh banget tontonan, hiburan dan segala macem baik serial atau film baik dari Asia atau bahkan seluruh dunia, aku rasa nggak ada salahnya buat mencoba berlangganan aplikasi streaming premium. Nggak sampe ratusan ribu, kok. Beberapa situs yang paling sering dijadikan langganan streaming tentu aja apalagi kalau bukan Netflix dan juga VIU. Tapi, masih banyak juga situs atau aplikasi streaming legal lainnya. Cuma buat masalah drakor perdrakoran dua ini yang sering banget dijadikan rujukan.

Mengapa Harus Premium?

Kita semua pasti pernah mengalami fase nonton drakor minta file dari teman, mulai download sendiri, mulai streaming sendiri. Nah, pas difase download atau steaming sendiri ini nggak jarang kita sering banget dihadapkan dengan banyaknya iklan dari iklan judi bola, pembesar junior super, ada cacing di perut, pembersih usus kotor, game online biasa aja sampai game online yang iya-iya pasti akrab dong dnegan itu semua. Akupun juga pernah di fase itu.

Nah, karena sekarang aku sudah berpenghasilan dan penatnya kerjaan mengharuskan aku butuh hiburan, situs yang banyak iklan gitu sudah mulai aku tinggalkan. Kini, aku beralih ke aplikasi streaming drama korea yang premium. Selain aku bisa menikmati kualitas video yang HD, yang paling penting nggak ada iklannya. Nggak ada tuh lagi enak-enak streaming, dipanggil Ibu pas di stop masih oke, pas balik lagi terus di play eh malah auto direct disuruh download e-commere. Nggak hanya berhenti di situ aja kita juga bantu, nih mendukung mereka untuk terus berkaya dengan tidak mengakses situs illegal.

Nggak ada salahnya juga, kan kalian juga mulai mengikuti gerakan ini. Sekali lagi bagi kalian yang memang benar-benar butuh. Nggak ada paksaan juga cuma alangkah lebih baiknya, ya kan mulai beralih untuk berlangganan.

Gimana, nih caranya kalau mau berlangganan aplikasi Premium? Pertamax apa Pertalite apa nggak boleh?

Oh, ya buat kalian yang mau berlangganan Netflix atau Viu bisa banget langganan di temen aku tinggal ketuk aja DM Twitter atau Instagram-nya. Kalian bisa, deh langgangan Netflix atau Viu dengan harga yang super terjangkau. Harga tersebut jelas worth banget, lho karena kalian bisa menikmati konten secara premium semau kalian. Seperti biasa tinggal klik gambar di bawah ini untuk menuju ke Twitter-nya. Kalau nggak punya Twitter bisa juga nih hubunginnya lewat Instagram, ya! Link Twitter maupun Instagramnya sudah aku cantumin di atas tinggal klik aja, ok?



Tips dan Trik untuk kalian sobat bucin Drakorku semuanya

Fyi, guys mungkin bagi yang belum tahu aku bakal sedikit ngasih tau. Kalo drama yang tayang di VIU bisa jadi ada di Netflix tapi drama yang di Netflix belum pasti ada di VIU kalaupun ada masuknya lama banget. Kadang di momen tertentu VIU suka bagi-bagi voucher atau kode buat bisa akses fitur premiumnya. Tapi VIU ini bisa di akses kok tanpa akun premium asal drama yang kalian tonton udah lama, ada juga sih drama lawas tapi harus premium. Bedanya? Ikalnnya banyak banget kalo nggak premium, tuh.

Nah, kalo di Netflix kalian harus daftar dulu dan berlangganan makanya harus banget punya akun Netflix. Salah satu cara paling gampangnya ya beli aplikasi premium kaya di atas. Kalau iQIYI, kalian bisa kok nonton drama gratis dan bebas bahkan yang on going sekaipun.  Misal kalian baru banget mau nonton Backstreet Rookie di iQIYI, kalian saat ini cuma bisa akses sampe episode 10. Nah episode berikutnya itu khusus buat mereka yang member VIP. Jadi, kalau mau marathon nunggu kelar dulu, ya!

Manusia memang tempatnya alpha, setidaknya kita sudah berusaha

Kadang, ya guys emang ada drama Korea yang lagi rame diomongin orang-orang, nih misal di Twitter gitu atau drama lawas yang diomogin lagi, kadang kan susah yah nemunya bahkan dicari di situs streaming yang berbayar juga udah nggak ada. Kan ya kalo gini mau nggak mau suka nggak suka kan kita mengandalkan insting FBI kita untuk dengan semangat segera mengetik "Streaming Princess Hours Sub Indo" atau "Download Full House Eng Sub" di Google iya atau iya?

Kalo kita udah usaha di situs streaming yang berbayar nggak ada, yaudah nggak apa-apa toh apa mau dikata. Bukan ngajarin jelek, lho ya. Karena situasi yang kepepet karena butuh ini yasudah nggak apa-apa streaming atau download aja. Tapi, kalo aku lihat sih situs aplikasi berbayar yang premium gitu sudah mulai memasukkan drama-drama lawas, sih ke platform mereka. Seenggaknya kita udah usaha nyari dulu. Semangat, guys! 


Kalau kalian, apa sih drama yang paling kalian suka banget sepanjang Januari sampai dengan Juli 2020 ini? Boleh komen di bawah, ya. Boleh juga ngasih saran, kritik dan masukan buat posting-an aku ke depannya. Menurut kalian lebih baik ke depannya aku nulis recap sekaligus banyak gini per 6 bulan sekali alias per satu semester (bisa lebih dari 10 rekomendasi) atau satu-satu kaya biasanya? Komen juga di bawah, yah.

Sekian dulu postingan aku kali ini, semoga bermanfaat buat kalian yang udah menyempatkan diri buat mampir. Ditunggu, yah mampir-mampir selanjutnya. Doain blog aku makin ke sini makin baik. Aamiin. Spread the positive vibes, I love each and everyone of you. See you on my next post. Bye bye.......


Credit:

Ilustrasi Vector      : freepik, pch.vector, stories

Ilustrasi Drakor    : hancinema.net

Olah Grafis          : Annisa Bakrie         

XOXO,


20 Comments

  1. Lengkap, menghibur, edukatif, ditulis dengan sangat jujur dan lawak. Sengaja komen anonim biar misterius se-misterius cowo di The King yang padahal ga misterius-misterius amat. Keep it up Kak Ichut. Malem-malem gabisa tidur, blog walking ke sini jadi makin gak bisa tidur. Hahahaha. Aku apa aja suka ya kak mau per semester mau satu-satu. Btw, kalo per semester UKT nya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you udah mampir. Thanks for the compliment juga yaa. UKT langsung golongan 7 aja kayanya yah

      Delete
  2. The power that you hold, gue langsung masukin semua ke playlist sampe bingung mau nonton yang mana dulu. Enaknya mana dulu, yang udah kelar ya. Gue anti bgt nonton on going. Thank u in advance Ichut cangtip

    ReplyDelete
  3. (((((((((((((((pembesar junior super)))))))))))

    ReplyDelete
  4. Manpasikjeok = suling sakti YKS wkwkkwkw

    ReplyDelete
  5. DA REAL WAYZENNI WKWKKW PAS TURN BACK TIME DI KLIK AUTO NONTON MV WAYV. VERIFIED PACAR LUCAS

    ReplyDelete
  6. Klo drama yg paling aku suka hampir semua yang disebutin itu. Semuanya berkesan buat aku sepanjang satu semester 2020 ini kaaak

    ReplyDelete
  7. Menurut kamu IOTBNO sad ending atau happy ending?

    ReplyDelete
  8. Maaf kak izin tanya, kalo drakor baru yg ceritanya mirip knives out itu apakah yg dibintangi sama lee junki?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yg mirip Knives Out itu yang main Oh Nara yg jadi Jin Jin Hee di Sky Castle. Kalo drama Lee Jun Ki terbaru itu judulnya Flower of Evil. Semoga membantu yaaaa

      Delete
  9. Aneh tapi nyata. Semua yang di review kak Ichut selalu aku tonton. Dr jaman Phantom sama IOTBNO haha great job kak kamu da real influencer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehhe mungkin juga selera kita emang sama nder

      Delete
  10. KOK NGGAK ADA FLOWER OF EVIL SIH?

    ReplyDelete