START UP : DRAKOR RASA PILPRES


Hello,

Wassup buddies apa kabar? Semoga masih sehat dan semangat meski ga ngerti lagi Coronces ini kapan enyah dari muka bumi. Ga cuma perkara Coronces yang heboh, politik pemerintahan juga heboh, dunia selebriti heboh, ga kalah hebohnya dunia fantasi kita hahaha Drama Korea. Setelah The World of The Married, Crash Landing on You, Itaewon Class, dan It’s Okay Not To Be Okay jadi drama hits selama era pandemi ini kali ini dateng lagi satu drama hits yaitu Start Up

Kenapa dibilang drama hits selain dari komposisi pemain dan jalan cerita ya, drama ini jadi buah bibir dimana-mana ditonton sama hampir semua orang di dunia, ga cowo ga cewe, artis, rakyat jelata, semuanya nonton ini, ngomongin ini. Hype nya dah macem pilpres bund mana segala sampe kubu-kubuan Tim Nam Dosan atau Tim Han Jipyeong. Btw, buat kamu tim anti on going kurasa ini waktu yang tepat untuk mulai nonton Start Up karena minggu depan udah kelar, lho. Bersama postingan ini aku pengen ngeracunin kalian kenapa kalian wajib nonton drama yang satu ini. Let’s check this out!!!!!!!


Drama ini berkisah tentang perjuangan merintis sebuah bisnis start up dimana di dalam drama ini juga diceritakan background story tokoh-tokohnya baik tokoh utama ataupun tokoh pendukungnya. Ya namanya juga drama bund biar panjang aje gitu. Dibintangi sama Bae Suzy sebagai Seo Dalmi, Nam Joohyuk sebagai Nam Dosan, Kim Seonho sebagai Han Jipyeong, dan Kang Hana sebagai Won Injae.

 

Di episode awal kita diajak flashback ke masa kecil Dalmi kenapa orang tuanya berpisah. Bagaimana motivasi dia akhirnya kok kepengen bikin start up. Tentang Han Jipyeong yang ternyata pen pal Dalmi tapi pake nama Nam Dosan. Spoiler episode 1 mengandung bawang. Sekian.

Han Jipyeong ini adalah anak yatim piatu, dia homeless dan akhirnya ketemu neneknya Dalmi yang jualan corndog. Akhirnya Jipyeong tinggal di kedai neneknya Dalmi. Buat ngehibur cucunya yang sedih karena perceraian orang tuanya, si nenek nih inisiatif pengen bikin cucunya bahagia. Salah satu caranya dengan ngasih Dalmi sahabat pena alias pen pal. Mereka bingung tu mau pake nama siapa? Neneknya pengen nama yang keliatannya anaknya tu cerdas, si Jipyeong ga sengaja dah tu nemu di tumpukan koran ada nama Nam Dosan si jenius juara olimpiade matematika. Dari situlah mereka jadi pen pal.

 

Sampai akhirnya Dalmi gede dia bingung kakaknya yang udah beda bapak Won Injae ngundang dia ke sebuah acara. Dan ego Dalmi  yang tinggi dan gamau kalah dari kakaknya dia bilang bakal bawa Nam Dosan. Bingunglah dia cari Nam Dosan. Dalmi ceritalah ke nenek. Nenek ikut pusing. Beberapa hari sebelumnya si nenek akhirnya ketemu lagi sama Jipyeong setelah sekian lama kepisah karena beberapa kesalahpahaman. Nenek Dalmi datenglah ke Sandbox minta bantuan Jipyeong. Nah. Disitulah dramanya dimulaaaaaaaaaaai.

Tapi meski di awali dengan peliknya kisah cinta segitiga, Start Up ini bagus banget kok. Ada banyak ilmu dan pengetahuan baru serta istilah-istilah di dunia Start Up kaya Hackathon, Demo Day, Incubator, Angel Investor, Venture Capital, Key Man, Burn Rate, Aqcuihire  dan masih banyak lagi. Diajarin suka dukanya bebisnis. Gimana strategi menghadapi kompetitior. Analisis SWOT dari apa yang kita hasilkan. Realistis aja gitu ga selamanya jalan mereka mulus juga. Ada jatuh bangunnya.  Start Up bukan melulu peran delevopernya doang yang ditonjolin, tapi juga peran designer yang ngatur UI/UX, bahkan gimana susahnya CEO cari investor. Aduh kalo ga banyak belajar ga banyak baca gamau  ambil resiko yowis bisa gulung tikar bisa nge-down.


Tapi, ada yang aneh hahahah Nam Dosan kok tasnya ga tas ASUS wkwkwkkw kan kalo anak IT biasanya outfitnya simple gitu persis Dosan pake kemeja kotak-kotak, laptopnya banyak sticker tapi tasnya kok tas merk laptop heheh bercanda ya Nam Dosan.

Perdebatan orang-orang sebatas “Kalo sayang tu bilang jangan disimpen sendiri” ya kalo Jipyeong bilang semua kelar hanya dalam satu setengah jam dong. Start Up bukan drakor dong melainkan film. Justru dibikin drama karena emang biar drama bund. Kalo dia ngaku di awal kelar sudah ceritanya, Nam Dosan tidak perlu divisualisasikan cukup fiktif sama hanya kaya trainee S.M yang katanya mau masuk NCT namanya Matthew Soeharsono.


Nah daripada berdebat kita breakdown aja kenapa kok Dosan begitu kenapa Jipyeong begitu biar ga ada debat-debat lagi. Aduh pusing bener dah tiap minggu debat mulu sampe perguruan sayap suci ngasih neon box Tim Dosan atau Tim Jipeyong di cabang mereka.

 

Han Jipyeong
 


Orangnya straight forward banget kaya Ichut hahahah canda sayang. Emang kerjaan dia  yang mengharuskan dia untuk blak-blakan dan apa adanya. Ya kalo jadi investor terus harus bermulut manis ya yang dimentorin kapan majunya. Misal kamu bikin start up ojek online terus dia kritik kamu “Kaya gini tuh udah banyak. Terus yang membuat kamu beda dari penyedia jasa lainnya itu apa? Emang cocok sama marketnya?” kan kamu jadi mikir jadi cari solusi jadi berinovasi . Coba dia investor tapi ngomongnya “Ini bagus banget, lho meski udah ada penyedia jasa ojek online lain tapi punyamu ini ada peluang untuk berkembang meski rasionya cuma 0.01%” .

Dia mirip ke Hachi guys, sebatang kara. Hidup dia keras. Kalo dia leha-leha bermanja-manja dibuai kenikmatan dunia mana bisa dia maju. Di usia semuda itu aja dia bisa ngubah duit nenek Dalmi dari 8 juta won jadi 80 juta won. Dia juga jenius, cerdas, pekerja keras. Idaman banget bund. Jadi kalo ada yang bilang dia tu galak ini itu, tukang bohong. Ih apasih guys. Kamu gajelas banget aslian. Kenapa dia ga senekat Dosan bilang cinta karena dia sendiri kesulitan mendefinisikan apa itu cinta. Seumur hidupnya dia sendirian. Temen ga punya. Pas dah kaya tinggal sama AI (Artificial intelligence) macem Siri macem Google Voice temennya itu doang. Dia masih meraba apa yang dia rasakan. Apakah ini cinta? Dia tu kebanyakan mikir takut apa yang dirasain ngelukain orang lain. Tapi dia selalu ngusahain yang terabik buat orang lain meski bingung sama dirinya sendiri.

 

Nam Dosan


Bisa dibilang dia nih representasi anak-anak jaman sekarang. Lho gimana engga? Hidup dengan orang tua, nurut kata orang tua, sampe bingung mimpi dia apa, tujuan hidup dia mau kemana. Sibuk memenuhi ekspektasi orang tua padahal aslinya bertentangan sama kemauan kita. Orang tua mikirnya kita bisa, kita mampu, kita hebat, anak pinter pasti masa depan cerah seolah untuk sampai ke negeri China itu hanya cukup beberapa langkah, orang tua ga peduli seberapa berat setiap langkah itu. Ya ga sih? 

Menurutku karakter dia di sini bagus banget, tapi di awal emang ga greget gitu karena di episode awal kan kita belum tau background story dia gimana, kenapa dia bisa jadi kaya gitu. Setiap episode dia mengalami pendewasaan, character development nya aku suka. Dia kadang juga lebih sering nunjukkin empati dibanding mikir logis as long as orang yang di sayangi itu bahagia. Ya tapi gapapa kadang kitapun suka di tempatkan di posisi kaya gitu. Dia ni juga peka dan super cepat tanggap sama situasi. Tapi dia tipe yang lebih sering sugar coating gitu dalam berbahasa hehehe. Tapi dia juga tetep talk less do more kok. Cuma di beberapa episode terakhir ini dia makin keliatan lebih ngikutin apa maunya hati dibanding mikir apa dampaknya kaya adegan tiba-tiba aja dia mukulin Jipyeong. Jujur disitu aku kaget Dosan kamu kok...... Mungkin bom waktu juga gatau sih ya. Udah ditahan dari lama akhirnya meledak saat itu juga.

Nah itu tadi guys bedah dua karakter yang didebatin banyak orang. Punya plus minus masing-masing. Tapi kalo aku dari awal emang cinta banget sama karakter Jipyeong.  Jipyeong tu kaya cowo yang sikap dan sifatnya aku butuh di usia sekarang sementara Dosan tu kaya cowo yang aku pengen jaman sekolah. Kalo kalian gimana guys? Comment below ya....


Tapi kita juga ga boleh lupa sama karakter Dalmi, dia ni meski kaya bocah kadang, keras kepala tapi dia mau belajar, lho. Dia mau cari tau dan berusaha untuk bisa. Kalo pengen ya bener-bener dia tekun gimana caranya dapetin itu. Seo Dalmi meski kadang kaya kekanak-kanakan tapi dia tu bukan cewek lembek gitu, lho dia mau berjuang, dia optimis. Ga melulu semuanya pake hati. Dalmi ini juga percaya diri. Dia bahkan yakin sama kemampuan timnya. Dia ini definisi anak baik versi cewek. Tipe yang ngambis bangeeeeeet. Tapi disalurkan dengan baik dan dapet bantuan dari Han Jipyeong sama Dosan juga tentunya. Meski gitu, pada akhirnya dia bisa berdiri di atas kaki dia sendiri kok. 


Gitu juga sama Injae, kenapa dia keliatan kaya sadis di awal. Sebenernya ga sadis juga kataku dia realistis dan oportunis. Dia sadar meski dia bisa suskes di atas kakinya sendiri hanya karena ayah tirinya orang berpengaruh apa yang udah dia lakuin tuh kaya ga pernah dilihat gitu. Sama kaya misal kamu punya temen yang cantik dan dia juga pinter.  Suatu hari dia diterima di perusahaan X dia bisa lolos juga setelah melewati proses panjang tapi orang cuma liat karena dia cantik aja. Nah, kita terlalu sibuk ngelihat hasil tanpa pernah mau ngeliat proses akibatnya kita cenderung jadi orang yang judgmental. Injae cukup fair play kok kebukti di episode kemarin dia berani mengakui bahwa dia bukanlah gadis yang ada di logo Sandbox. Dia juga mau nerima Dalmi bergabung sama dia pada akhirnya. Dia ga sejahat itu guys.


Selain mereka ada beberapa tokoh lain yang aku suka. Chulsan sama Saha. Menurutku mereka menghancurkan stereotype cantik harus sama ganteng, alpha female harus sama alpha male. Jatuh cinta mah jatuh cinta aja. Ga peduli mau bentuk kita kaya apa. Latar belakang kita gimana. Kalo udah nyaman mau apa. Aku juga suka banget attitude Chulsan yang teges ke Saha dia bilang buat memperjelas mereka ni apa. Kalo emang ga ada apa-apa jangan ngebikin dia bingung dan berharap. Eh, Saha yang gengsinya selangit ternyata luluh juga sama Chulsan.


Nah itu tadi ulasan panjang tentang tokoh dan karakter yanga da di drama Start Up. Banyak belajarnya, banyak bapernya, banyak emosinya, banyak nangisnya, capek liat fanwar tiap hari. Kita tunggu aja ya gengs siapa yang akan dipilih Dalmi. Kalo aku jadi Dalmi ya ga bakal milih siapa-siapa sih. Mending fokus karir dulu aja wkwkwk. Oh ya, please be mature ya guys. Boleh nih kamu ga suka sama karakter Nam Dosan tapi ya jangan sampe throwing hate speech ke akun sosial media Mas Sukangawur alias Nam Joohyuk. Gemes, geregetan boleh itu tandanya akting dia bagus kamu sampe bisa jengkel gitu. Jangan sampe kasus Han Sohee dulu waktu The World of the Married keulang lagi. Ga cuma buat aktor aktris drakor sih. Aktor aktris dalam negeri juga, jangan dikit-dikit liat FTV dia selalu jahat terus ngata-ngatain di sosial media.  Semua itu cuma akting guys.


Ga kerasa banget nih minggu depan Start Up udah kelar, gilaaaaa asli ga kerasa. Oh ya selamat nih buat Kim Seonho kemarin menang Asian Artist Awards Best Emotive Awards 2020 untuk perannya di drama Catch the Ghost. Jujur bund aku bangga dan bahagia akhirnya si Mas dinotice banyak orang. Kaya kita tahu lah ya gimana perjuangan dia bisa sampe dicintai semua orang kaya gini diomongin diseantero dunia. Semoga selepas ini bakal lebih banyak lagi karya dia yang spekatakuler ya bund. Semangat Mas Seonho!!!!!!!!!!!


Ga sabar sama 3 episode terakhir Start Up. Semoga hasilnya tidak bikin fanwar. Semoga juga ke depan makin banyak drama-drama lain yang kalah bagusnya. Oh ya guys kalo kalian nemu fankit Start Up  dengan harga yang murah kasih tahu aku ya. Atau semisal kalian nemu toko di Shopee yang jual kaos Mentor Han Jipyeong kasih tau aku juga yah. Pengen beli nih. Pastiin trusted ya bund tokonya, sablonan bagus, font nya juga jangan yang ngasal wkwkwk. Kasih tau aku yaaaaaap. Sekian dulu, guys postingan aku kali ini. Semoga bermanfaat buat kamu. Spread the positive vibes. I love each and everyone of you. See you on my next post. Bye byeeee.....

XOXO,


 

 

8 Comments

  1. #TimHanJipyeong semoga endingnya di bahagia. Nice banget kak. Selalu suka orang yang review drama atau film tapi bener-bener di breakdown ga cuma fokus di alurnya aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. aku berharap writer nim ga bikin hidup dia kek badut. kasian anjir :( ehehehe makasih ya udah mampir

      Delete
  2. Ini di VIU ada ga Kak?

    ReplyDelete
  3. Bener banget drama ini emang serasa pilpres hahahahah

    ReplyDelete
  4. Dosan untuk Dalmi
    Jipyeong untuk aku

    ReplyDelete