A JOURNEY TO THE EAST – MY JOURNAL

 


Hello....

Wassup buddies, semoga sehat selalu yaaah. Kali ini kayanya aku mau bawa segmen baru di blog aku. Namanya My Journal nanti di sini akan aku isi beberapa cerita perjalanan mungkin wisata atau kunjungan apapun itu ke luar kota yang bagiku berkesan dan patut di bagikan. Jadi 21 November 2020 yang lalu salah satu sahabat aku, Zakia, menikah. Kebetulan pernikahnnya diadain di kampung halamannya yang ada di Cepu. Bagi yang ga tahu Cepu itu letaknya ada di ujung Jawa Tengah berbatasan langsung sama Jawa Timur. 

Zakia dan enam orang sahabatku lainnya emang selalu ada buatku dari jaman kuliah jadi rasanya kok ga etis aja sih masa ga menyanggupi buat dateng dan jadi salah satu saksi di momen bersejarah di hidupnya. Dulu sewaktu Isni temenku nikah kita semua juga dateng, lho ke Magelang. Semoga nanti kalo aku nikah pada dateng juga, yaaa.

Mungkin kalo ga di adain pas pandemi akan lain lagi ceritanya, sih. Tapi karena pandemi otomatis harus ke dokter dulu bikin surat sehat atau ngasih tunjuk hasil rapid atau swab biar bisa naik kereta. Aku sendiri sih berangkat dari stasiun Poncol, Semarang hari Jumat sekitar jam 11:50. Karena rumahku yang cukup jauh jadi ya aku dateng agak pagian terus nunggu yang lain seperti biasa di Roti O wkwkkw. Pas banget hari itu lagi ada promo satu bun roti sama kopi susu brown sugar ukuran small cuma 21ribu aja. Buat yang mau melakukan perjalanan dengan kereta di masa pandemi gini emang wajib harus bawa surat sehat dan hasil rapid atau swab. Sama jangan ketinggalan juga buat bawa KTP. Gunain pakaian dan celana yang panjang jangan lupa pake masker. Nanti petugas di stasiun juga bakal bagiin face shield kok.

Kurang lebih dua jam perjalanan akhirnya sekitar setengah tiga kita sampe di stasiun Cepu. Sampai di sana langsung dijemput sama Om nya Zakia terus makan sebentar di Ayam Geprek Sa’i. Entah kenapa ayam geprek ini ada di mana-mana wkwkwk 

Setelah kenyang kita langsung berangkat menuju hotel. Kebetulan kita udah di-booking-in Zakia buat nginep di MYSTAYS Hotel Cepu. Lokasinya ada di samping apotek K24 tepatnya di Jl. Pemuda No.47A, Cepu, Karangboyo, Kec. Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58312. Not bad kok hotelnya, sangat proper juga. Ada TV, ada standing mirror, desk, lampu tidur, airnya juga lancar bisa air panas atau dingin, ga berbau juga airnya, bersih pol, ornamennya juga bagus minimalis, rustic dan sedikit ada kesan shabby chic dan retro.

Kekinian tapi juga nyaman banget. Homey juga tempatnya serasa lagi di rumah. Cuma kayanya ga menyediakan fasilitas buat breakfast dan juga makan malam. Tapi bisa pesen sih tinggal ngomong sama petugas hotelnya aja. Tapi ya harus manual turun dulu soalnya di kamar ga disediain telepon. Tapi tenang aja sih soalnya mah di depan hotel kaya literally sepanjang jalan Pemuda, Cepu itu banyak banget kedai makanan tinggal mau pilih yang mana. dari penyetan sampe coffee shop ada semuanya, lho.

Pas foto aja ya maskernya di lepas

Keesokan harinya di tanggal 21 November 2020 kita langsung menuju ke rumah Zakia buat menyaksikan akad nikah dia. Untung akadnya langsung gapake acara minta maaf minta maaf dulu. Bisa rusak dandananku kalo ada acara gitu karena pasti bakal ikutan nangis. Sekitar jam 7 atau jam 8-an lah kita udah stand by di sana. Ga telat dan bisa ngelihat momen sakral itu secara langsung. Ikut lega banget pas akhirnya saaaah. Alhamdulillah.

Acara dilanjutin sama resepsi, yang diundang pun terbatas dan semua juga mematuhi protokol kesehatan. Dekorasi sama cateringnya aku no comment asli bagus banget. Jakia dan keluarga bener-bener persiapannya oke punya. Aku suka dan kita semua bener-bener kaya di-uwongke sama keluarga Zakia. Terharu. 


Selama disana kita fine-fine aja. Tapi momen pas mau pamitan sama Zakia eh malah nangis semua huaaa pecah. Oh ya kalo video atau fotonya ada yang ga pake masker itu cuma buat foto doang. Selebihnya kita tetep pake kok. kita juga takut kali kalo kenapa-kenapa. Gila aja nekat.

Cuma Cepu ni panas banget ya bos. Capek parah juga hawanya pengen mandi terus tidur. Sekelumit drama pun dimulai. Dimana di semua aplikasi booking hotel, hotel yang kita tempatin itu tulisannya udah full booked. Barang kita sih masih ditinggal di salah satu kamar temennya Zakia yang emang sengaja booking buat dua hari. Niatnya mau extend stay gitu tapi tulisannya booked. Agak mremet dan pusing juga. Akhirnya pas tiba di hotel lagi kata petugasnya masih ada kok yang kosong akhirnya bisa deh extend stay di sana lagi. Mandi, makan, tidur siang, terus nonton Master Chef  sambil packing wkwkwkw episode Nindy bikin Pizza yang gak banget wkwkwkw sorry.

Malemnya kita main ke rumah Iin, rumahnya ada di Bojonegoro. Kebetulan cuma ditempuh selama 6 menit aja dari Cepu. Sedeket itu perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kita makan malem di sana. Disambut super hangat sama kedua orang tua Iin. Berasa lagi ada di rumah gitu deh. Nah, setelahnya kita mampir beli oleh-oleh dulu. Beli egg roll dan juga ledre makanan khas cepu. Kalo egg roll tu ya egg roll biasa aja gitu tapi kalo ledre ni dibuat ada campuran pisangnya jadi rasanya khas dan teksturnya juga lebih empuk dan rapuh dibanding egg roll. Kalo kalian lagi di Cepu wajib banget nih bawa pulang Ledre.

Sepulangnya dari rumah Iin kita cusss nobar Start Up di hotel. Kalo ga salah episode berapa ya pokoknya episode Nam Dosan nonjok Han Ji Pyeong wkwwk chaos banget lur. Dari semua temenku cuma Saskia doang nih yang Tim Nam Dosan wkwk akhirnya jadi ceng-cengan hahaha maaf ya, Sas. Aku sih bagian hahaha aja wkwkk Frisha tuh yang kaya ngajak war wkwkwk.

Nah, tanggal 22 November 2020 paginya, kita siap-siap ke stasiun karena kereta berangkat jam 8. Sempet-sempetin dulu dong foto di hotel. Ya kapan lagi braaay ketemu. Udah pada jauh-jauh sekarang. Dulu mah jaman kuliah mau makan geprek aja berjamaah. Sekarang satu dimana satu lagi dimana pada jauh semua dengan hidup masing-masing. 

Ibunya Iin sekali lagi baik banget dia nyiapin sarapan buat kita terus kita bareng-bareng makan, deh di stasiun dan say good bye ke Iin yang nganter kita juga Zakia yang baru aja bangun wkwkw via video call tapi sama Zakianya. Akhirnya kita pulang dan ga kerasa jam 10an kita balik lagi di Poncol.

Aku yang posisinya waktu itu ga dijemput otomatis harus pulang naik BRT. Bisa sih naik ojek online tapi ya boros bro bisa ratusan ribu sampe rumah. Makanya kita mlipir dulu ke DP Mall buat makan bentar. Iya tahu aturannya harus pulang dulu. Tapi kita juga tetep mematuhi aturan dan makannya pun dikasih jarak. Mallnya juga lagi ga rame.

Selama pandemi ini BRT Trans Jateng memberlakukan sitem berkala jadi ga bisa kaya dulu ga tiap jam ada Trans Jateng. Pas aku berangkat aku cuma bayar 4000 aja tapi pas pulang kok masnya bilang bayarnya diitung 2 karena bawa koper. Ya ga masalah cuma kek, njir kok beda yang kemarin ga ditarik sama sekali. Terus yang ini ditarik.

Mohon ya Trans Jateng kejelasannya supaya ngebantu penumpang lain juga, apakah regulasinya gitu apa gimana. Toh kopernya juga ukuran standar ga besar ga memenuhi tempat duduk. Ya ga keberatan juga aku bayar diitung 5 orang juga kubayar asal jelas gitu peraturannya. Eh kok yang pas berangkat sama mbanya ga ada omongan apa-apa. Sampe poncol bayar 4000 aja, agak nganjel nya disitu perihal regulasi dan aturan. Akhirnya  sekitar ashar gitu sampe di Bawen. Oh ya Trans Jateng itu yang di area Semarang khusus buat rute Bawen-Semarang cuma bayar 4000 buat umum. 

Nah, apesnya di sini. Hapeku mati aku mau pesen ojol gabisa. Aku minta tolong lah sama petugas di sana kalo ada yang punya aplikasi ojol minta tolong dipesenin. Toh mesenin doang ga berat kan? Ada petugas yang punya tapi malah jawabannya muter-muter. Jujur aku paling benci sama orang yang kaya gitu. Benci banget. Kalo gamau ya tinggal bilang aja nggak mau, bohong pun bilang hape saya mati aku juga gatau. Kenapa harus kaya yang muter-muter bilang ini itu.

Jujur lost respect dan kesel banget. Segitunya kah sama orang? Toh aku juga ga merugikan dia, aku juga arahnya ke arah sana. Asli sekesel itu demi apapun. Gak mengurangi pulsa regular dia juga. Kaya apa sih susahnya cuma buat nolongin orang doang. Mohon banget nih meski service pelanggan mungkin berhenti sampe penumpang turun tapi kalo misal berbuat baik ke sesama manusia gitu apa sesusah itu, ya. Mohon tegurannya dan briefing petugas Trans Jateng hari Minggu 22 November 2020 keberangkatan jam 13.54 dari Poncol.

Tapi yang mas kondekturnya nih aku tanya dia gapunya. Oke fine. Nah yang ini aku gatau dia siapa petugas checking kah atau apa. Pokoknya responnya ga enak banget. Maaf harus bawa-bawa ini karena dulu juga pernah, responnya sama juga kaya gitu. Kalo emang gamau bilang aja gamau atau bilang aja gabisa bantu atau apa yang jelas. Gausa sugar coating berbelit mutar muter malah aku disuruh nge-charge hape aja biar pesen sendiri lewat aplikasi. Kaya, maaf ga ada etikanya yah. Sesusah itukah mesenin doang. Toh aku ga motong saldo dia. Akupun minta tologn juga dengan teramat sangat sopannya.

Sampe rumah aku langsung mandi keramas dan bersih diri. Terus tepar. Capek banget woy. Itulah tadi guys sekelumit cerita perjalananku ke timur wkwkkw. Penuh kesan, suka, duka ditutup dengan momen menyebalkan sepanjang hidup. Semoga ga ketemu lagi orang kaya gitu. Tetap berbuat baik guys sama siapapun apalagi nolong orang tu pahalanya besar. Berbuat baik juga ngebuka pintu rejeki kita. Jangan ditiru banget pokoknya attitude petugasnya ini apalagi yang minta tolong udah pake maaf, tolong dan terima kasih. Kita tu udah brengsek di hidup orang lain. Please jangan jadi semakin menambah daftar kebrengsekan juga.

Semoga kisahku ini bisa menghibur sekaligus jadi renungan buat kalian. Oh ya kalo ga kepepet banget please ga usah pergi-pergi. Kalo kepaksa harus pergi please banget patuhi aturan kesehatan. Pakai masker, sering cuci tangan, bawa hand sanitizer, tetep jaga jarak. Semoga kita sehat dan selamat sampai kapanpun. Aamiin. Sekian dulu ya guys ketemu lagi di cerita lainnya. I love each and everyone of you. See you on my next post. Bye bye...

XOXO,


 

10 Comments

  1. Kalo dr solo ke jogja perlu rapid ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya ga perlu deh surat dokter aja cukup kalo naik pramex ya kalo naik joglosemarkerto mungkin perlu. tapi buat jaga-jaga juga ga ada salah nya lho kak rapid atau swab dulu

      Delete
  2. pernah juga ngalamin hal serupa minta tolong pesenin ojol malah banyak ninaninu akhirnya minta tolong penumpang lain malah dbayarin pake gopay

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kaya gini tu lapornya ke siapa sih ya? lucky you kakkkkk

      Delete
  3. Edit fotonya pake apa Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake VSCO Cam filter A6 sama yang foto pake baju bridesamid di dalem ruangan itu yg ada makram bulet2nya sama yg di statsiun cepu pake filter C3

      Delete
  4. Selalu diceritakan dengan sangat ✨menarik✨. Sehat terus Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin terima kaish aullll. Sehat terus juga yaaah

      Delete
  5. Nggak nyangka bisa sedetail itu penceritaannya. Anyway, thankyouuu sudah mau hadir dan menyempatkan waktu dolan ke Cepu, Blora. Hihihi, next time main lagi buat staycation juga yakkk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siyuuup next kita bakal a journey to the west. Sehat dan bahagia selalu, Jak

      Delete