REVIEW & REKOMENDASI 5 FILM INDONESIA BUAT TEMAN NGABUBURIT

 


Hello....

Wassup buddies,

Hai apa kabar? Semoga sehat dan bahagia selalu, ya. Gak kerasa udah puasa lagi, nih. Kalian akhir-akhir ini pada sibuk apa akhir-akhir ini? Aku sibuk kerja, nih sama buat isi waktu luang dan biar gak stres terus aku biasanya nonton Netflix. Kebetulan juga aku ngikutin beberapa KDrama yang cukup dark, genre serta plotnya jadi browsing Netflix aja, deh.

Cari-cari adakah yang bisa menetralkan suasana gitu. Terus entah kenapa tertarik buat nonton film Indonesia. Ada beberapa judul yang aku udah tonton maksudku kan film Indonesia di Netflix ada banyak tuh nah yang baru-baru  rilis, nah inilah yang kupilih. Bagiku semuanya bagus dan layak tonton. Cuma di sini aku mau kasih review berdasarkan honest opinion aku aja kaya first impression aku nonton film ini. Ada 4 yang oke ditonton buat teman ngabuburit jadi aman buat di tonton di bulan Puasa dan 1 mending di tonton pas abis buka wkwkkwkw. Soalnya BAHAYAAAAAAA.

Di sini aku sebagai penikmat aja sih bukan kritikus juga meski nanti mungkin aja review yang aku tulis ada sedikit kritikannya. Tapi kayanya kritik aku juga ga ada pengaruh apapun untuk film tersebut gitu. Kalo bahas soal pengambilan gambar apalah yg teknik tinggi jujur aku gak mudeng, ya. Bahkan arti skoring itu apa aja aku baru tau tahun lalu kupikir scoring itu nilai dari kita atau rating-nya eh ternyata musik yang dibuat khusus buat film tersebut.Ya, namanya juga gak tahu ya waaak.

Makanya, jangan berharap ini bakal kaya review di blog lain yang bahasanya ‘ndakik-ndakik’. Anggap aja ini kamu lagi telponan sama aku terus nanya aku dah nonton film apa njuk kamu minya dispoilerin gitu. Barang kali juga kalian lagi butuh referensi tontonan bisa banget buat coba nonton beberapa film berikut. Oh ya, ini aku tulis gak ada rating gak ada apa, ya aku urutin dari film yang pertama aku tonton sampe yang terakhir aku tonton.  Gak usah lama-lama lagi, let’s check this out!

1. Sobat Ambyar

Premis ceritanya cukup sederhana ngeliat teaser-nya udah tertarik soalnya sinematik banget. Gak begitu banyak berharap sama isi ceritanya, sih. Ternyata bener karena sangat menjanjikan di awal eh kok malah lesu sampai mendekati akhir cerita. Sekali lagi ini bagiku, ya. Kamu kalo penasaran ya monggo dibuktikan sendiri dengan nonton Sombat Ambyar.

Film ini berkisah tentang Jatmiko seorang cowok, polos, kayanya baru kenal cinta dan langsung bucin sama orang yang salah wkwkwk,  doi punya kedai kopi gitu, deh. Terus dia ketemu Saras, cewek cakep mahasiswi semester akhir yang lagi skripsian. Kalau kuliat dari bentukan awalnya aja udah keliatan kalo Saras ini ‘garanganwati’ alias f*ck girl kelas kakap.

Tapi namanya juga polos, ya si Jatmiko ini dan mungkin Saras cinta pertamanya atau mungkin Saras adalah orang pertama yang bikin Jatmiko merasakan ‘cinta’ makanya dimata dia Saras ya baik-baik aja, cinta sama Jatmiko juga kaya dia cinta sama Saras. Dari modus Saras deketin Jatmiko aja udah ketauan kalo dia ada maksud di belakang. SARAS PANCEN JANCOK adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan karakter ini.

Setiap scene kaya seolah dikaitkan atau penjabaran dari lagu-lagu sang Maestro yaitu alm. Didi Kempot.  Aku sebagai salah satu penikmat karya beliau ya seneng dan ikutan sing along sepanjang film. Namun, sayangnya ada beberapa scene yang kaya terlalu dipaksa. Ada scene yang kaya kesannya ‘ih apa sih anjir’ kaya tiba-tiba orang ngumpul di café buat merayakan patah hati mereka. Bilangnya munas, tapi munas kok dikit amat.

Harusnya gak munas tapi ya kumpul aja komunitas atau apa. Scene itu kaya cringe banget buatku.  Buatku, lho ya. Tapi bukan gak mungkin juga, sih. Tapi ya bagiku aneh wae, ndes. Mungkin karena pake support dari figuran juga, ya jadi ya terkesan gak kaya natural gitu. Cuma yaudah, sih termaafkan aja.

Terus beberapa ‘korban perasaan’ dari Saras berkumpul buat mendirikan perkumpulan Sobat Ambyar ini. Kalau arahnya mau menangkat semacem slice of life kayanya terlalu FTV dan dipaksakan. Secara gini, lho kamu naksir cewek di  real life, terus kamu saingan sama orang tapi cewek yang kamu taksir gak milih kalian malah milih orang lainnya lagi.

Kan mustahil, ya buat kamu dan orang tersebut untuk berkoalisi terus dengan lapang dadanya bilang ‘jagain dia jangan sakitin dia’ kek gak ada bray yang begitu di dunia ini. Yang ada kamu hawanya mau nonjok itu orang. Ya apa iya? Tapi ya namanya film waaak, kudu ada dramatisasi yang teramat dramatis tis tis tis.

Menurutku yang bikin suasana makin hidup ya, adeknya Jatmiko sama pacarnya yang juga jadi partner Jatmiko di café. Sama scene sakupritnya Asri Welas yang jadi cameo. Aslinya scene beliau extras aja alias penting gak penting cuma malah memorable apalagi kutipannya yang “BAJINGAN SEPERTI ITU GAK PANTES DITANGISIN” Oh ya banyak dialog bahasa Jawanya aku suka. Overall oke banget ditonton sangat menghibur dan cocok bagi Sobat Ambyar dimanapun anda berada. Buat aktingnya yang jadi Jatmiko nih aku akui juara banget, nge-feel abis bucinnya natural.

Tapi nilai moralnya juga ada kaya “jangan mencintai seseorang secara 100% jangan ngasih segalanya buat seseorang nanti takutnya kita malah sakit sendiri”. Scene agak kebelakang tuh semenjak Jatmiko sadar kalo Saras cewek yang gak bener hahaha udah banyak scene yang mulai relatable dan kaya ceritanya bisa on the track lagi. Bagian yang  pergi ke konser Didi Kempot itu ya bisa dibilang relate. Soalnya semenjak beliau booming lagi, kan banyak show beliau.

Ya suasana nonton konser sampe ‘Ambyar’ ya kaya gitu tuh. Banyak yang sampe nangis di konser. Sebetulnya kan film ini alurnya maju mundur di opening Jatmiko pingsan pas di konser terus dia flashback kenapa akhirnya dia bisa ambyar gitu sama dikasih wejangan dari Pakde Didi.

2.Geez and Ann

Geeznya cakep. Hahahaha. Itu first impression aku waktu liat film ini. Ya, gak yang cakep tipeku cuma ya cakep enak banget diliat. Seger. Cocok buat yang abis kerja atau kuliah harus depan laptop mulu liat Geez auto seger. Baru tahu ternyata ini diangkat dr novel eh novel gak sih punya si Tsana. Gak begitu mengikuti dia dan belum pernah baca karya-karya dia juga. Cuma tahu wajahnya perkara dulu rame-rame sama Jerome Polin itu. Sawwwryyyyyyy~

Mungkin kalo baca novelnya dulu aku bakal jauh lebih bisa mengaitkan atau udah ada bonding sebelumnya terhadap film ini. Tapi aku belum pernah baca jadi ya aku review atas apa yang kutonton aja. Terus dia milih Jeha sebagai Ann which is muka mereka seperti kembar ya bund, sepintas. Nonton film ini bikin aku keinget sama Dilan Milea. Lovey dovey cinta monyet fafifu wasweswos uwa uwu yang pada akhirnya yaudah berakhir di periode waktu  itu aja gak buat selamanya. Kata Fiersa Besari rasa yang tepat di waktu yang salah.

Agak bingung yang part awal kaya pensi atau apa, sih. Kok crew-nya dari geng Ann doang. Ya ada sih beberapa crew lain, cuma malah vibes-nya kek geng Cinta di AADC gitu, lho vibes-nya yang ‘INI SEKOLAH PUNYA GUE. KITA SEMUA, GENG PALING EKSIS DI SINI’. Ini pensi sekolah apa gimana. Latarnya tahun berapa. Pensi besar apa clasmeet?

Kalo clasmeet abis semesteran gitu ya oke wajar di panggung kecil terus ngundang band alumni, asumsikan geng Ann adalah semua pengurus OSIS atau apalah. Tapi, kalo pensi besar kok nanggung apalagi latar mereka orang Jakarta. Aku yang sekolahnya di Kabupaten aja pensi jaman segitu sekitar tahun 2012 2013 ngundangnya Sheila on 7 bahkan Raisa shaaaay. Part itu agak mengganggu pikiranku aja. Tapi yowes gak penting juga.

Ceritanya kisah cinta beda kasta, yang aslinya gak beda kasta beda kasta banget. Ann kulihat buka anak dari orang gapunya-punya amat. Maksudnya ya cukup berada buat ukuran orang tinggal di Jakarta cuma hidupnya sederhana. Maksudku gak berpunya tuh gini, lho rumah dia gak di gang sempit macem Get Married  atau apa  kek.

Bahkan FTV scene yang misal dia anak juragan apa yang latarnya keluarga Betawi itu juga gak menggambarkan orang miskin. Rumahnya layak dan proper. Mungkin dianggapan penulis naskah atau skenario standar orang kaya tuh kaya yang di Indosiar kali ya, rumah bertingkat dan gaya Victorian ala Eropa yang kalo pagi mau berangkat sekolah sarapannya jus jeruk sama roti dioles selai belum kemakan udah ‘Aku berangkat ya Mah’.

Dan meski keliatannya rumah sederhana tapi rumah itu kesannya homey macem rumah Milea sama Dilan gitu paham gak sih. Yang kesannya jadul tp ngangenin. Kalo Geez, dari  penampilan ibunya ya keliatan lah ya dia anak orang kaya rumahnya minimalis ala-ala ya macem yang suka di promosiin di Tiktok jual-jual rumah buat millenial wkwkwk. Cuma ya ibunya later on ngasih tahu alasan kenapa dia bisa gitu ke Geez. Which is ibunya memproyeksikan semua rasa insecure, trauma dan segala macem ke Geez. Sehingga, menyebabkan hubungan Geez sama Ann bermasalah sedari awal.

Ya, aslinya mah kalo nekad aja bisa, sih. Kaya di hadapan ibunya bilang udah putus tp pas Geez di luar negeri doi kan di luar pengawasan ibunya I mean bisa, kan dia tetep pacaran sama Ann. Eh tapi Ann gasuka ding kalo Geez boong. Soalnya Ann gabiasa boong dan Geez adalah cinta pertama dia jadi ya kenaifan masa remaja aja. Gue pernah LDR sama kaya gitu but it still work well. Tapi kan yaaa ini film hahaha.

Yasudah akhirnya di film ini kita diliatin sama salah satu bukti kalau ‘yang selalu ada bakal menang dibanding yang nanya doang lagi apa udah makan apa belum’. Padahal kalo aja mereka bisa omongin baik-baik LDR bakal jauh kerasa menyenangkan. Tapi Ann udah gakuat digantung Geez. Geez berjuang mati-matian biar dapet restu ibunya.

Sayang hadir Mas Bayu. Terus gak dijelasin lebih lanjut juga gimana ekspresi Geez pas tahu Ann udah sama orang lain padahal dia abis confess kalo gak sedetikpun ia ngelupain Ann. Harusnya ditambah dikit biar makin dramatis. Kalau kamu udah nonton ini nanti kasih tau aku, ya kalo kamu di posisi Ann bakal ngelakuin apa?

Tapi syukurnya film ini kaya Dilan sama Milea atau sama kaya film lainnya yang kaya ‘I will remember you my first love’ bukan kaya AADC 2 yang Cinta malah balikan sama Rangga. Fair enough dan yasudah Ann sudah dengan pilihannya. Tapi aku gatau, ya kalo ada film lanjutannya atau gimana akhirnya mereka bersama. Maksudku meski film ya jangan dipaksa tokoh utama harus bahagia juga. Sad ending still an ending too. Kupikir ini sudah cukup realistis aja. Yaudah, meski banyak salah paham Geez kok gak gini gitu Ann udah milih yang lain. Lo telat Geez.

3. Generasi 90an : Melankolia 

Aku sebenernya gak tahu kenapa dikasih judul Generasi 90an maksudnya kenapa ada itu. Apakah film ini diproduksi akun IG Generasi 90an atau gimana. Karena kalo dikasih judul Melankolia aja. Oke bener filmnya emang melankolis. Tapi kaitannya dengan Generasi 90annya apa? Aku nulis ini bener-bener berdasarkan first impression, ya jadi aku gak nyari ini diambil dari buku kah atau based on apa gitu.Jadi, barangkali ada yang kaya blind watching kek asal nonton apa mungkin akan dapet hal yang sama kaya aku.

Penjabarannya dimana juga, orang tokoh utamanya si Abby juga lahir tahun 2000. Which is dah tahun millennium shaaaay. Iya, sih mbaknya lahir tahun 1995. Oh apa yang pas dia cerita ibu sama ayahnya nikah tahun 1994 dimana di tahun itu ada kejadian ini itu? Ya tetep aja sih cuma gitu doang 90an nya dimana. Masih belum menemukan. Soalnya ceritanya juga tentang jaman sekarang.

Tp dari isi cerita aslinya bagus, sih tentang sebuah keluarga yang harmonis dan bahagia terpaksa harus menerima fakta dan berdamai dengan kenyataan kalau orang yang mereka sayangi hilang dan gak ditemukan pasca jadi korban kecelakaan pesawat.

Korban itu Indah, kakak Abby. Akting pemainnya aku dah gak meragukan lagi, sih. Emosinya dapet banget. Soalnya jarang juga gak sih film Indonesia yang ngangkat cerita begini. Dari sisi keluarga korban. Ya, kupikir Indah bakal ketemu ya biasanya film kita gimana, sih. Tapi ternyata engga, closing-nya juga belum gitu dapet di aku mah.

Malah di saat genting gitu terjadi hal yang gak keduga banget. Di saat semua orang berduka, Abby yang udah punya pacar malah suka dan selingkuh sama temen kakaknya sendiri. Malah bagian ini yang banyak ditonjolin dalam film. Malah bisa dibilang selain emosi pemainnya aku gak dapet apa-apa lagi selain itu. Kaya fokus kita kepecah.

Awalnya kita diajak bahagia, terus kita diajak ngerasain duka yang bener-bener mendalam banget, susahnya cari kabar, mediasi dan advokasi sana-sini terlebih katanya kecelakaan itu terjadi karena kelalalian bukan kerusakan mesin atau apa. Poin itu kurang ditonjolin. Malah lebih nyorot kehidupan Abby dan affairnya bareng temen kakanya ini.

Agak sedikit eksplisit konten ya bund ada adegan ranjang yang ditunjukkan secara implisit sih. Ya gak eksplisit banget. Tapi, brengsek juga ya Abby. Hahah abis sama temen kakaknya dia gitu juga sama pacarnya. Kupikir salah satu dari mereka bakal hamil. Tapi malah yg hamil orang lain. Terlalu abu-abu dan bingung fokus utamanya tuh mau apa.Bangkit dari duka yang mendalam atau kekacauan hidup atau apasih. Atau mungkin sikap Abby yang kaya gitu sebagai manifestasi atas rasa sedihnya karena kehilangan kakak atau apa, aku agak kurang bisa menangkap itu.

Jujur, aku dipaksa-paksa temenku buat nonton ini. Katanya bagus banget dan dia bilang ini bangus parah. Aku mungkin tersugesti jadi aku nonton dengan ekspektasi yang tinggi tapi faktanya berbalik 180 derajat. Akting Ari Irham bagus di film ini apalagi scene yang dia kaya berasa ngalamin kecelakaan pesawat yang dia halusinasi itu.

Cuma entah kenapa dia terlihat terlalu bocil kalo disandingkan sama Taskya Namya. Mohon maaf nih. Maksudku meski jarak 5 tahun tapi belum tentu  gap-nya sejauh itu. Lihat fotoku di samping lalu sandingkan dengan Lucas NCT apakah perbedaan usia 5 tahun terlihat begitu jauh? Gak juga kan?

1  4. Mariposa

Nonton film ini bikin aku keinget sama Teenlit jaman dulu kaya Fairish gitu. Vibes-nya dan segala macem bener-bener kaya Teenlit. Kurasa mungkin penulis Wattpadnya juga seusiaku atau seusia yang nulis Fairish jadi imajinasi ala-ala kaya gitu, lho. Vibes-nya juga macem kalo suka baca cerpen di majalah Gadis atau Kawanku gitu. Tentang anak SMA namanya Acha, cantik, pinter, tapi gak tahu malu menurutku.

Bagus sikap begitu cuma kalo diaplikasikan ke dunia nyata serem banget. Sebetulnya sikap Acha proyeksi dari motto hidup dia ‘kalo pengen sesuatu ya dikejar sampe dapet’. Berangkat dari situ dia ngejar Iqbal. Iqbal anak pinter juga , cuma dingin banget sikapnya, kasar juga. Aslinya gak kasar sih cuma mungkin muak kali ya karena Acha selalu berusaha deket dan clingy ke dia.

Seragam SMA-nya terlalu mevvah. Iya, sih sekolah swasta. Tapi kan gak tiap hari juga bray pake seragam identitas. Pakai seragam OSIS juga gak ada salahnya, kok. Kayanya meski sekolah swasta juga tetep pake OSIS deh, kalo Taruna Nusantara gue gatau ye atau sekolah yayasan keagamaan tertentu.

Tapi ini swasata nasional ngerti gak sih. Bukan internesyenel skul jugak gicuuuu.  Film Thailand malah seminggu seragamnya konsisten  kalo SMP biru putih kalo SMA item putih. Ya, gak ada salahnya juga pake OSIS, kan? Cuma yaudahlah ya mungkin ada di universe lain apalah arti seragam. Sepele tapi ganggu pikiranku kadang.

Ceritanya simple perjuangan Acha buat dapetin Iqbal. Dimana di-ending disuguhkan plot twist antara orang tua Acha dan orang tau Iqbal. Terlepas dari itu, ibunya Acha kan demen Korea ya. Tapi malah kaya jatuhnya too much. Acha juga suka Korea tapi dia lebih santuy dari ibunya. Ibunya malah kaya yang lebih korean minded yang semua harus Korea. Ya, tapi mungkin itu ciri ibunya, ya. Cuma feel kocak ibunya, nih kurang sampe aja.

Mungkin kalo aja ibunya maniak di KDrama akan lebih nge-feel. Disitu juga diceritain ibunya mau ikutan kontes dari embassy tapi gak dikasih tunjuk gitu penyelesaiannya gimana. I mean bapaknya Acha kan lagi di Korea, tapi ibunya malah mau ikut lomba yg hadiahnya trip ke Korea bukan buat ketemu suaminya malah mau ketemu BTS. Yaelah bro. Ya emang sih ini kisah tentang anaknya tp napa emaknya yang heboh.

Tapi, karena ini romance remaja jadi yaudah aja kemaafin gitu apalagi sikap Acha yang ngejar-ngejar banget. Tapi harus diketahui juga kalao tindakan kaya gini aslinya gak dibenerin, lho ya. Kalo gue jadi dia, gue gak mau sefrontal itu dan ngejar cowok sampe freak banget. Tapi lagi-lagi namanya cinta monyet dan difilmkan. Iqbal ya luluh juga. Padahal misal gak luluh ya gapapa. Ini mengingatkan ku akan filmnya Dimas Anggara yang dia meninggal terus pacarnya malah jadian sama kembarannya. Gak semua ending tu harus happy. Tapi balik lagi ke yang tadi namanya juga romance remaja.

Jujur nonton ini dah ilang image Zara sama Angga di Dua Garis Biru. Ya, mereka bangun chemistry lagi sebagai Acha dan Iqbal. Satu scene yang berkesan bagiku adalah scene di perpustakaan. Kaya mereka adu argumen tapi dibalas dari sisi sains. Itu brilian sih. Tapi kalo dari jalan ceritanya ya logis-logis aja cuma part ibunya itu aja yang agak cukup menimbulkan tanda tanya bagiku.

Oh satu lagi yang menganjal. Aslinya kan Iqbal emang gak suka ya. Tapi temen-temennya, nih kasarannya apa, ya bukan play victim sih tapi seolah menyudutkan Iqbal sehingga muncul rasa bersalah di diri dia.Ah guilt-tripping! Akhirnya Iqbal jadi kepikiran gitu. Padahal Acha juga kaya udah oh yaudah aja dia udah proses move on. Tapi ya balik lagi itu tadi romace movie bro kalo yang ditonjolin ngerampok bank bukan Mariposa tp Money Heist.

1.       5. Layla Majnun

Aku gak tahu ya ini pure film atau novel yang di filmkan kaya Geez and Ann sama Mariposa. Kupikir memajang Reza Rahadian, Acha Septriasa dan Baim Wong sudah cukup menjanjikan. Tapi, ya ternyata gak juga. Entah kenapa we should stop making movie yang ceritanya kaya mirip-mirip gitu. Aku gak tahu apakah kehadiran Ayat-Ayat Cinta jadi tolok ukur atau gimana. Jadi, seolah semua film yang berbalut dakwah Islam tipis-tipis harus ada scene di luar negerinya. Padahal mah, di Indonesia juga gak apa-apa.

Tapi Layla ini bisa dibilang sebagai salah satu tokoh yang mendobrak stigma ‘perempuan Jawa harus serba nerimo’. Di usia dia yang dewasa, Layla digambarkan sebagai sosok wanita Jawa, muslimah, dan modern. Hmmmm, jadi teringat teman kuliahku cuma doi gak seberani Layla ini, sih. Pikirannya Layla ini bener-bener jauh sangat terbuka. Dia juga gak menunjukkan kegelisahannya perkara ‘KAPAN NIH GUE KAWIN. UMUR SEGINI KOK GUE BELUM DI LAMAR-LAMAR’ layaknya perempuan tahun 2021 yang masih sering ditemui di lini masa sosial media.

Terus dia di lamar Ibnu tuh calon Bupati yang bener-bener masih ber-mindset ala-ala jaman priyayi penjilat kompeni jaman dulu. Kaya seolah ‘GUE BISA BELI LO DAN KELUARGA LO. GUE MAU LO. LO GAK MAU GUE, GUE GAK MAU TAHU. POKOKNYA GUE MAU LO. LO HARUSNYA BERSYUKUR ADA YANG MAU SAMA LO’ Mindset tai ledig. Patriarki as its finest yang bener-bener kebablasan. Terus Layla ke Azerbaijan, di sana dia ketemu Samir. Sukalah dia sama Samir meski awalnya denial. Halah broooo wkwkwkwk

Tapi cara Samir yang keliatan naksir banget, kaya ngebet banget bagiku serem aja. Emang kalo orang luar naksir orang kaya gitu, kah? Kalo aku jadi Layla takut banget, sih.  Kaya gimana ya ‘yaudah iya selow, gue tau lu suka sama gue iya iya gue tahu yaudah’ tapi Samir nih gaspol terus. Apalagi depan jendela dibacakan puisi alamaaaaak. Kalau kamu tipe yang mudah terbuai oleh kata-kata, suka sastra, puitis, ya sejenis itulah bakal baper pasti sampe 100 abad yang akan datang. Karena aku orangnya kelewat realistis, logis, terlalu blak-blakan, jadi kaya gini bagiku ‘cringe’ aja, sih. Balik lagi ini preferensi aku aja, sih.

Semua pada porsinya aja gitu. Aktingnya juga bagus semua. Mengaitkan sastra, sejarah, kisah cinta. Reza Rahadian kan ceritanya jadi orang Azerbaijan ya bagus aja gitu pelafalan dia mengingatkanku sama aktingnya dia pas jadi Eyang Habibi. Ada Uli Herdinansyah juga jadi temennya Layla disitu alias temennya Acha. Akting dia cukup menjajikan setelah selama ini biasanya Ramzi ya waaak yang mewarnai sobat luar negeri para aktor dan aktris pemeran utama. Aku suka fashion Acha Septriasa di Azerbaijan, sih. Tapi untuk ukuran ‘cewek dari kampung’ terus ke luar negeri penampilan dia terbilang teramat modis. Tapi, di scene awal outfit dia juga cukup modis sih untuk ukuran guru di pesantren.

Bagus, sih filmnya cuma ya I think both Reza and Acha this is’t their best performance. Kaya apa, ya akting mateng mereka gak selaras sama jalan cerita. Coba ditambah dikit lagi porsi ceritanya wah, oke banget bakalan. Cuma ya well, bisa dinikmati dan bukan tontonan yang jelek juga, Terlepas dari apa-apa setting di luar negeri dibanding 4 lainnya ini yang paling masih agak termaafkan meski gak banyak. Oh ya, aku jadi males sama Baim Wong gara-gara akting dia annoying banget jadi laki. Aku berasa aku jadinya yang kaya mau dinikahin paksa sama dia wkwkwkwk. Sorry bosque~

Berharap banget bakal muncul film dengan sentuhan Islami tapi gak yang gini-gini terus gitu, lho. Gak yang semata perkara nikah atau poligami aja. Eh udah ada ding kayanya ya Bulan Terbelah di Langit Amerika itu yang meingatkanku sama My Name is Khan sepintas. Ya, apa kek sudut pandang apa gitu. Indonesia bisa lah pasti aku percaya. Semangat untuk para sineas Indonesia!!!!!!!!!!! 

Sekali lagi ini cuma dari sudut pandangku aja sebagai pentonton yang mungkin banyak mau. Akupun kalo diminta bikin film juga gak sanggup. Aku gak ada menyebutkan juga di atas filmnya jelek atau apa. Asli bagus semua dan bisa dinikmati serta menghibur. Bagi beberapa orang mungkin film di atas sudah cukup baik tapi buat sebagian lagi ya mungkin masih ada yang perlu ditambahi atau diperbaiki. Namanya, karya pasti ada banyak sudut pandang buat melihatnya. Gak salah buat mereka yang kasih penilaian bagus, gak salah juga buat mereka yang gak sependapat sama peniliaian itu. Ada banyak perspektif kan, guys. Saling menghargai aja, yuk.

Besar harapanku ke depan semoga setelah pandemi berakhir akan makin banyak film kita yang bagus dan makin berkualitas. Aku sih percaya dan menaruh harapan besar aktor serta industri perfilman kita bisa dan mampu untuk jadi sehebat itu. BANGKIT LAGI, YUK INDUSTRI PERFILMAN KITA.

Semoga review yang sebenernya opini gak penting aku itu bisa bermanfaat buat kalian. Kalau mau tahu bagaimana filmnya apakah kalian sependapat atau engga sama aku please nonton dulu. Jangan lantas jadikan review aku sebagai patokan. Aku bukan expert. Masih banyak kekuranganku juga. Semoga dari sini kita bisa sama-sama belajar, ya. Well, sekian juga postingan aku kali ini. Spread the postive vibes. I love each and every one of you. See you on my next post. Bye-bye...

 

 XOXO,


 

 

 

2 Comments

  1. gara-gara ig story kamu aku terus blog walking ke sini wkwkwkw gpp ya mbak? aku beberapa udah nonton film yg mbok review dan sependapat sih. beberapa masih nanggung dan sayang aja gitu sama talent atau jalan ceritanya. tp ya semoga makin bagus laine lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. tak pikir IG Story ku gak ada sing memperhatikan. Makasih banget, lho ya ini terharu lho aku. Ha ah bener tapi ini masih lumayan timbang sing tak tonton di Disney Plus ya Allah eman banget tanggung ceritane

      Delete