FAQ Nulis di IDN Times 2.0





Wassup buddies,

Apa kabar? Setelah sebelumnya aku udah pernah sharing pengalaman menulis di IDN Times kali ini aku mau sharing lagi, nih. Siapa tau bermanfaat buat kalian yang juga pengen mulai nulis di IDN Times. Yaudah langsung aja, yuk kita mulai. Cekidooootttttt.


Q : Gimana sih caranya biar cepet publish?
A : Pertanyaan ini sering banget ditanyain oleh banyak orang. Kalo tips dari aku ya semisal kamu masih pemula banget, nih. Masih baru banget join. Kamu harus banget pelajarin jenis artikel apa aja, sih dan gimana cara penulisan di IDN Times. 


Boleh lihat writers yang sudah cukup pengalaman sebagai referensi. Bukan ngajarin jiplak, nih tapi coba dulu aja siapa tau berhasil. Misal, kamu mau tulis tentang KPop. Mostly yang sering terbit itu artikel yang di awali dengan kalimat kaya gini “10 Potret blablaba (Nama Artis) blabla (Misalnya : Di Atas Panggung / Dengan Rambut Pendek)” Contoh : 10 Potret YoungK Bassist Tampan Day6 Saat Liburan Di Eropa. Kamu pahami dan amati tu kalimat apa aja yang dia gunain dalam isi artikelnya mulai dari bullet point 1-10. Coba buat dengan nama idol lain tapi berangkat dari obyek yang sama tapi ambil dari topik  atau sudut pandang yang berbeda. Itu kalo KPop.


Kalo tema lain kamu juga bisa lakukin sistem ATM (amati, tiru, modifikasi) tinggal ganti dari sudut pandang yang berbeda aja. Tiru di sini  bukan berarti plek ketiplek mirip ya, yang ada ga lulus plagiasi yang kedua malah di reject editor. Manfaatin banget fitur search yang ada di web IDN itu. Ketik aja pake keyword dari topik yang mau kamu tulis misal yang lagi di kepala kamu saat itu adalah mau nulis tentang destinasi wisata di Bandung, pake aja search “wisata bandung” atau “destinasi bandung” kalo sudah ada banyak banget topik serupa dan diutak-atik kayanya udah nggak bisa nih dikembangin topiknya, yasudah ganti tempat atau ganti topik lainnya. 


Pastiin kamu ga bikin artikel yang mengandung unsur plagiasi. Aku sih suka recheck dulu di smallseotools sebelum aku nulis di IDN. Aku gatau sih itu valid 100 % ya tapi setiap aku cek disitu dan submit di IDN juga ga masalah nggak kena masalah plagiasi. Jangan sampai juga nulis artikel dengan topik yang udah ada, bisa-bisa malah sampe lumutan statusnya masih pending, terus. Makanya rajin search pake keyword itu. 

Q : Artikel apa aja sih yang cepet banget buat dipublish sama editor tuh?
A : Apa aja bisa kok. Asal, nggak plagiat, original, sesuai kaidah, fresh, belum ada topik yang sama pasti bakal langsung di publish. Nggak ada kategori tertentu kaya misal kalo nulis beauty pasti publish, Kpop pasti publihsh, dan sebagainya. 


Misal kamu kepikiran buat nulis yang breaking news gitu lebih baik mundur alon alon mergo sadar kowe sopo. Karena, kalo artikel semacam itu udah ada tim dari IDN sendiri yang gercep dan nulis artikel itu juga tim IDN daerah yang asli dipekerjakan dan bekerja di bawah naungan IDN bukan kek kita-kita gini anak writer biasa. 

Q : Kenapa artikel aku statusnya pending terus nggak pernah dipublish?
A : Pending bisa jadi emang mungkin menurut editor artikel kamu udah terlalu mainstream, udah banyak yang nulis ginian,banyak typonya, nggak sesuai PUEBI atau dari judul udah ga menarik aja kali ya. Tapi tenang, aku pernah juga lho artikel yang bahkan aku udah lupa kapan nulisnya tiba-tiba di publish. 


Coba dibaca lagi kak. Kalo saran aku, ya karena IDN sistem sekarang artikel yang udah di submit nggak bisa di view (kalo dulu bisa) lebih baik kamu tulis di Ms.Word dulu (aku lebih menyarankan nulis artikel di PC/Laptop daripada via hape) baru abis itu paste ke IDN setelah fix lolos plagiasi. Kayanya mindset “ini pasti dipublish” works banget di aku. Karena aku gitu, selalu yakin artikel aku original dan pasti di publish. Semangat nulis terus sampe akhirnya berubah status jadi di publish. Jangan menyerah itu kuncinya.

Q : Apakah writers dengan viewers banyak atau dengan jumlah artikel banyak lebih diprioritaskan artikelnya?
A : Aku pernah baca di grup komunitas, kata adminnya sih itu ga begitu pengaruh. Mau kamu masih member,writer atau verified writer (status member baru, status member lama community writer, verified writer warna merah buat community writer yang ngirimin data KTP sama NPWP idk buat apa fungsinya kenapa harus 2 hal itu sama verified/verified writer warna biru khusus buat org IDN asli) apapun statusnya selama sesuai dengan kriteria dan yang dikehendaki editor ya pasti bakal dipublish.


Tapi aku pernah lama vakum kaya semingguan nggak nulis artikel terus balik nulis lagi ya agak nunggu waktu lama buat dipublish. Mungkin kuncinya paling engga sehari kirim artikel satu atau dua mungkin jadi bakal lebih sering dinotis editor. Setelah itu aku kaya orang kesetanan nulis 9 artikel sekaligus dalam sehari karena udah semingguan ga upadate. 


Jadi kamu rajin-rajin aja nulis artikelnya. Kalo masih pending coba lagi. Mungkin coba nulis puisi hehehe soalnya aku gatau orang di grup whattsap regional tempat aku sering bgt bgt bgt pada share hasil puisinya yang ke publish gitu mungkin bisa jadi batu loncatan hehehehehe kalo kamu targetnya penting terbit


Q : Kalau nulis di IDN harus konsisten satu topik nggak sih?
A : Nggak harus konsisten satu topik, kok. Bebas. Kalo kamu mau konsisten nulis artikel cuma dari topik-topik tertentu aja silahkan. Misal kamu pahamnya cuma sports ya tulis aja semua tentang sports, atau kamu expertnya di food tulis teru tentang food. Nggak masalah. 


Bahkan top writers peringkat 1 sampe 50 mostly emnag mereka yang secara kontinu nulis artikel dengan topik yang sama aku gatau sih emang karena expertnya itu, mempertahankan posisi teratasnya, atau penting tiap hari gue terbitin artikel apa gimana gatau everyone has their own motives. Go ask them ketimbang kita mengira-ira terus suudzon kan yah?


Kalo aku pribadi karena nulis berdasarkan pengalaman dan apa yang aku tau, pernah datangi, pernah alami, pernah rasakan, pernah aku baca, pernah kejadian, pernah lihat, pernah dengar dan sebagainya jadi ya aku nulis beragam topik. Mulai dari beauty sampe tech aku tulis. Niat aku mau berbagi informasi dan juga sudut pandang aja sih tanpa meminta validasi dari orang kalo “aku ini wawasannya luas banget, lho” atau “aku ini pinter banget, lho” I just want to share what I share perkara diterbitkan itu bonus (ciee omongan udah idealis banget kek dah siap nyaleg)

Q : Inspirasi nulis itu datangnya dari mana sih? Kok kayanya pada produktif banget
A : Seperti yang aku katakan di atas inspirasi itu bisa dateng dari mana aja pengalaman dan sebagainya. Saran dari aku kamu tulis artikel yang bener-bener sesuai sama bidang kamu, deh. Jadi kamu ngerti betul apa yang kamu share. Oh ya, kadang aku juga pernah ada momen kaya gini aku pernah tahu nih ada makanan yang bantu bikin rileks pikiran kita tapi aku ga yakin bener enggak. Kalo kaya gitu biasanya aku search di google. Kalo ternyata nemu banyak refrensi bahwa ternyata yang mau aku tulis tentang makanan itu ada kemiripan, aku bakal mulai nulis dan nyari jurnal terkait gitu.


Jadi nggak apa-apa kok semisal kamu ga yakin sama kevalid-an berita yang mau kamu tulis kamu bisa cari referensi dan sumber literasi lainnya jadi artikel kamu jadi artikel yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya dan valid semisal ada yang menyanggah kaya “ah sotoy ni bocah” bukan bermaksud membentengi diri tapi yah gimana dong riset si A bilang gitu, penelitian ini bilangnya sama, jurnal ini apa lagi. Gitu... Mudeng kan ya maksud aku?

Q : Kan di IDN sebelum upload foto suka ada keterangan tuh, nggak boleh ada watermark ini itu, kok banyak foto dari instagram ada watermarknya?
A : Aku juga nggak ngerti-ngerti banget sih. Mungkin watermark yang dimaksud itu watermark kaya misal kamu liat foto berbayar dr shutterstcok, depositphoto, dan website lain paid photography website gitu yang mana watermarknya segede gaban banget kalo kamu asal download tanpa punya akun premiumnya. Mungkin. Jadi kan kalo digunain sebagai gambar ya merusak estetika gitu, lho. Gambar udah on point tapi ada tulisan shutterstocknya.


Aku juga pernah beberapa kali kalo ngambil foto di instagram khususnya makanan, ya suka ada watermark username dari pemiliknya. Tapi kok bisa lolos publish? Mungkin karena ada pemakluman atas watermark itu karena itu exclusive kan meski dia share di ig tapi exclusive dalam artian itu masakan dia yang bikin, dengan resep olahan dia sendiri masih di foto cantik-cantik buat kebutuhan konten dia. Dan itu gratis meski berwatermark. Makanya dari editor fine-fine aja. Juga akun dia nih yang punya foto ini emang akun instagram dengan followers banyak atau verified atau content creator. Kaya hal gitu tuh termaafkan editor kayanya.


Terus misal kaya foto Diera Bachir, Mario Photography gitu kan suka ada watermarknya ya karena ekslusivitas itu tadi. Gambar yang kamu gunakan karena emang jepretan dia sendiri gitu, lho. Susah banget ni aku jelasinnya. Ya pokoknya gitu kredit atas konten mereka. Meski ada watermark sebagai penghargaan atas karya merek, tapi bisa diunduh gratis. kalo yang web foto berbayar kan ada watermark tapi harus bayar dan ga gratis. Mungkin kasarannya gitu.

Kayanya sekian dulu postingan aku. Semoga cukup membantu banget. kalo ada yang mau ditanyain komen aja, yah. I love each and every one of you. See you. Bye bye~

XOXO,


8 Comments

  1. Semoga rejeki lancar trs ya mba. Mksh udah mau berbagi. Kadang bny liat penulis di IDN sking pengen duitnya asal tulis isi artikelnya monoton untung punya mba annisa nggak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin terima kasih doanya yah. Hahaha aku ga bilang lho yaaa gapapa mungkin mereka jauh lebih butuh. Husnudzon saja

      Delete
  2. Gaji yang verified sama verified writer sama writer beda nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang tauu ya besarannya kan ga tetaap tergantung community poin. Mungkin kalo yg verified doang alias org IDN penghitungannya beda

      Delete
  3. Pernah ga kak kehabisan ide atau males nulis karena nggak dipublish2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu diawal-awal pernah gitu sekarang mah bodoamat tulis aja

      Delete
  4. Maaf ka mau tanya misal viewers saya 300 selama berbulan-bulan bisa ada kemungkinan ga suatu hari jadi 1000 atau lebih? mksd saya viewrs bertambah stlh bbrp bulan tp sblmnya viewers stuck? smg bs dipahami. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh kaya gitu. Bisa kok aku juga pernah tiba tiba melesat viewersnya padahal sblmnya b aja

      Delete