RESEP GYUDON RICE BOWL - SEMUA BISA MASAK SEENAK MENU RESTORAN ALA YUMMY APP

Wassup buddies,

Apa kabar? Semoga sehat selalu, ya. Bulan Ramadan kali ini kerasa beda banget dari bulan Ramadan sebelumnya dikarenakan pandemi yang tengah melanda dunia. Sedih banget, ya tapi mari berdoa supaya semua ini cepet berakhir. Semoga nggak sampe tahun depan, ya. Lekas pergi Corona. Aamiin. Setumpuk planning udah menggunung salah satunya yang pengen banget segera aku lakuin  adalah makan beef gyudon! Aku udah kangen banget pengen makan beef gyudon ala Yoshinoya itu. Nah, suatu hari karena saking pengennya banget buat makan menu yang satu itu aku langsung coba buat cari resep beef gyudon. Aku langsung cari aja di Yummy App. Apa itu Yummy App dan gimana cerita aku recook resep masakan ini? Bisakah aku memasak seenak menu restoran berkat aplikasi Yummy App ini?  Just keep on scrolling!

 
Yummy Apps | Dokumentasi Pribadi

Jadi, guys cerita sedikit yah sebelum aku share resep dan hasil recook aku memasak gyudon rice bowl.  Jauh sebelum aku  aktif nulis di IDN Times aku tahu Yummy Apps terlebih dahulu guys, kalau nggak salah gara-gara aku lagi baca artikel di Pop Mama sekitar tahun lalu kalo aku nggak salah inget. Nah, ada artikel tentangYummy Apps ini. Katanya, aplikasi resep masakan ini bisa jadi solusi buat yang belum jago masak karena klaimnya masak itu gampang. Tertarik, dong pastinya secara aku juga hobi masak. Lumayan kan nambah referensi masak. Apalagi jaman sekarang jaman serba gampang bukan nggak mungkin aku bisa makin ngembangin skill aku. Tanpa pikir panjang setelah baca artikel itu aku langsung ke Google Play dan downloadYummy Apps ini.

 

Memang ada banyak, guys aplikasi serupa cuma bedanya Yummy Apps ini siap ngasih uang buat kalian juga, lho kalau kalian upload resep dan terpilih oleh Tim Yummy Apps. Selain itu bedanya lagi kalau aplikasi lain cuma menampilkan resep dalam bentuk gambar, Yummy Apps menampilkan resep, cara membuat step by step  yang disertai foto dan juga videonya. Bahkan kalian bisa cari resep pakai fitur pencarian berdasarkan bahan makanan misal kalian punyanya ayam tinggal klik aja ayam nanti bakal keluarresep-resep dengan menu berbahan dasar ayam. Nggak cuma itu, nggak perlu pusing tanggal tua karena di Yummy App ada fitur pencarian resep sesuai dengan budget kalian saat itu tinggal di-adjust aja mau range harga berapa sampe berapa. Keluar, deh resepnya. Komplit banget. Makanya aku seneng banget ada aplikasi ini super lengkap, gampang digunain, efisien bikin aku makin jago masak.

 

Yummy Apps| Dokumentasi Pribadi

Lanjut, guys kaya yang aku bilang di atas saking aku pengennya makan beef gyudon aku kepikiran buat masak sendiri aja mumpung ada bahannya. Fyi aja, menurut literatur yang aku baca gyudon sendiri itu ya artinya beef bowl. Jadi bisa dikatakan gyudon merupakan semangkuk nasi putih yang disajikan dengan daging sapi yang dimasak dengan marinasi kecap. Masakan ini asalnya dari negeri Sakura, Jepang. Nah, Yoshinoya sendiri meskipun dia itungan franchise restoran, bukan aku mau promosi dengan tidak menyensor merk dagangnya but they're part of gyudon history itself. Kenapa? Soalnya Yoshinoya itu pioneer sekaligus yang mempopulerkan gyudon sebagai salah satu makanan rakyat yang enak dan bisa dikonsumsi semua orang sekitar tahun 1970-an hingga ke seluruh dunia.

Karena nggak mungkin juga di masa kaya gini ke mall beli langsung di Yoshinoya, makanya mumpung di rumah ada daging sapi juga, kepikiran buat bikin sendiri ajalah. Namanya bulan puasa bulan penuh berkah, ya. Aku pas nyari di Yummy Apps,  eh ternyata ada dong resep beef gyudon-nya. Seneng banget aku tuh. Kalau kata anak indie mah, semesta merestui hehehe. Tanpa pikir panjang lagi mumpung  waktu berbuka puasa masih kurang bentar lagi aku segera mempersiapkan bahan-bahan apa aja yang aku butuhin buat bikin beef gyudon.

 

Karena kondisi yang tak menentu kaya gini, harga bahan makanan yang ada juga sedikit langka. Kalau ada juga mahal banget. Ada satu bahan yang susah aku dapetin, guys. Jadi, mohon maaf kalau recook aku agak sedikit jauh penampilannya dari yang ada di Yummy Apps. Tapi dari segi rasa inshallah bukan kata aku aja, rasanya enak dan nggak jauh beda. Berikut aku tulis resep dan cara membuatnya ya:

 

 Gyudon Rice Bowl | Dokumentasi Pribadi

Bahan :

  • 300 gr daging short plate dengan lemak  (aku ganti dengan daging sapi biasa karena susah mendapatkan daging short plate berlemak kaya gini di tempat tinggal aku. Tinggal diiris dengan irisan yang tipis aja bisa kok)
  • 1 buah bombay, slice ( ini juga aku skip maaf ya soalnya harganya sedang melambung jauh terbang tinggi bersama mimpi telelap dalam lautan emosi)

Saus Marinasi :

  • 3 sdm saus teriyaki (aku pakai merk Saori)
  • 1 sdm soy sauce (ini aku pakai merk merk ABC)
  • 1 sdm madu (yang ini madu asli ya jangan pakai yang rasa-rasa apalagi rasa yang pernah ada kini tinggal kenangan)
  • 1 sdm minyak wijen (aku pakai merk Lee Kum Kee, ada kok di Indo-Alfa)

 

Bahan Pelengkap:

  • Nasi Hangat
  • Telur Mata Sapi
  • Bawang goreng
  • Bawang daun
  • Bubuk cabe (aku pake Bon Cabe)

 

Cara Membuat:

  • Siapkan daging tambahkan saus marinasi. Aduk rata hingga semua tercampur (kalau sesuai resepnya gitu gengs tapi karena ini recook aku tambahin juga sedikit garam sama lada biar makin nampol)
  • Kemudian marinasi selama 15 menit
  • Tumis bawang Bombay hingga layu dan harum (diresepnya gitu karena nggak ada karena mahal aku skip)
  • Kemudian masukkan daging beserta saus marinasi masak hingga daging matang sempurna dan saus mengalami karamelisasi (nah kalau aku jadinya ambil unsalted butter aku pake merk anchor terus aku masukkin deh dagingnya aku tumis sampai matang)
  • Sajikan daging diatas nasi hangat beserta bahan pelengkap sesuai selera

 

Gampang dan simple banget kan, guys? Pas aku coba ternyata resep gyudon dari Yummy Apps ini nggak jauh beda sama yang sering aku beli di Yoshinoya. Solusi banget, deh buat aku yang kangen banget pengen makan beef gyudon tapi nggak bisa ke mall. Tinggal buka Yummy Apps cari resep menarik, cari bahan, coba, praktekkin, deh. Kata Mama Papa aku, sih rasanya enak dan sepakat sama aku kalau rasanya nggak jauh beda sama yang dijual di Yoshinoya. Waaah, senengnya.

 

Karena keterbatasan bahan sekali lagi aku minta maaf kalau hasilnya menurut kalian agak nggak mirip. Nggak cuma beef gyudon aja, nih guys yang udah aku cobain resepnya. Melainkan juga ada banyak banget resepyang udah aku coba, yang pasti bahannya mudah dicari. Tetep bisa makan enak #DirumahAja kaya di restoran selama bulan Ramadan ini. Kalau nggak percaya, nih aku tunjukkin beberapa menu hasil recook aku yang lain setelah nyobain Yummy Apps. Btw, maaf kalau fotonya agak kurang cakep dan burem atau apa, aku selalu ambil pake HUJI Cam jadi gelap-gelap estetik gitu. Bukan engga proper ngasih foto ya, guys.

Stick Kentang Keju | Dokumentasi Pribadi

Maccaroni Schotel| Dokumentasi Pribadi

Tahu Cabe Garam| Dokumentasi Pribadi


Takoyaki| Dokumentasi Pribadi

Buat kalian, nih yang lagi belajar masak atau lagi kepengen masak-masak yang simple, gampang, tetep nikmat kaya masakan restoran wajib banget buat punya Yummy Apps di smartphone kalian. Mostly, aku seringnya masak masakan fushion atau western tapi santai, guys Yummy Apps juga menyediakan resep masakan Indonesia, lho. Mau apa? Plecing kankung? Opor ayam? Selat solo? Ada juga, lho. Lengkap banget resepnya. Minuman juga ada, kok. Selain kelebihan Yummy Apps yang udah aku sebutin di atas, aplikasi ini kapasitas memorinya kecil, lho jadi kalian nggak perlu takut kehabisan memori. Jadi, tunggu apalagi, yuk download Yummy Apps di smartphone kalian jangan lupa juga buat follow social media mereka, ya.

 

Berikut link resep yang pernah aku recook dari  Yummy Apps:

 

Official Account of  Yummy Apps | Dokumentasi Pribadi

Official akun Yummy Apps yang bisa kalian follow juga:

Facebook: https://www.facebook.com/yummyIDN/

Instagramhttps://www.instagram.com/yummy.idn/

TikTokhttps://www.tiktok.com/@yummyapp

 

Sekian dulu, ya postingan aku kali ini semoga bermanfaat. Mungkin kalian yang lagi cari referensi menu sahur atau berbuka bisa recook  resep ini atau resep-resep lain yang ada di Yummy Apps. Terima kasih telah menyempatkan diri mampir di blog aku. Kira-kira dari 1-10 berapa nilai yang kalian kasih buat gyudon hasil recook aku dari resep Yummy Apps ini? Tulis jawaban kalian di bawah, ya. I love each and every one of you. See you on my next post. Bye bye....

XOXO,


62 Comments

  1. Sudah follow Yummy di tiktok jd ikutan rajin masak juga. Nice blog kak

    ReplyDelete
  2. Wah, pas banget nemu ini. Cocok buat nanti sahur. Pas nyidam beef bowl yoshinoya juga. Thanks sis resepnyaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama. khob khun kaaa na kaaaa udah mampir. Jangan lupa donlot yummy

      Delete
  3. Jiwa jiwa masakku kembali. Huhuhu
    Thankiss infonya. Nais gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gomawo hyung sudah mampir. jangan lupa masak sama downlaod yummy app

      Delete
  4. Mauu nyoba ah.. Thankiss infonya
    Nais gan

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. ayo kak bikin jangan lupa download yummy app juga kakak

      Delete
  6. Lucu bgt dong illustrasinya

    ReplyDelete
  7. Aplikasinya bbikin pengen nyanyi "Yeah, you got that yummy, yummy"

    ReplyDelete
  8. Baru tau ini namanya gyudon. Sering pesen tapi taunya beef bowl. Baru tau jg ternyata segampang itu. Shit 45rb ku. Thanks Kak Annichut atas resep dan rekomendasi Yummy App nya

    ReplyDelete
  9. Saya sudah praktek untuk sahur. semalem nyari info ttg twotm nemu blog ini gataunya ada share resep juga. enak sekali betul mirip yoshinoya

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh makasih ya kakak sudah bersedia mampir

      Delete
  10. aku juga sering pake yummy buat masak-masak

    ReplyDelete
  11. Baru pertama kali nemu blog yang isinya menarik kaya pemiliknya. setiap postingan kaya diajak cerita. berasa lagi dengerin temen lagi curhat. bagus banget dan sukses selalu ya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Terima kasih ya kak aku terharu banget bacanya

      Delete
  12. Wah keliatannya enak banget, mba dom semarang bukan? order online aja mbak ada lho short plate murah kok nggak sampe 30 ribu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku semarang tapi di kabupatennya mbaaa. Iya nih ini mau liat-liat di shopee

      Delete
  13. Jadi malu aku di yummy app dipanngil syeffff

    ReplyDelete
  14. FIX ENAK BGT KAK DAH COBA AKU. MAAF CAPSLOCK

    ReplyDelete
  15. Yummy app emang helpful bgt sih

    ReplyDelete
  16. Oke banget nih buat menu yg bosen makan opor pas hari raya

    ReplyDelete
  17. Makasih mba langsung jd favorit keluarga saya. Penyelamat dikala anak-anak pada bosen makan rendang sama opor

    ReplyDelete
  18. Sudah coba dan memang juara

    ReplyDelete
  19. Beli daging yang tipis2 gitu dimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di supermarket ada kak kalo ndak ya coba cari di shopee

      Delete
  20. Kepengen bikin tapi ditempat saya cari daging kaya gitu susah sekali

    ReplyDelete
  21. Saya kecanduan juga nih pake Yummy

    ReplyDelete
  22. Yummy bgt kaaaaak

    ReplyDelete
  23. Buat yg blm tau cari beef belly atau shortplate atau slice beef search ada di shopee. Klaim voucher di shopee mart buar gratis ongkir

    ReplyDelete
  24. Hi kak annichut untuk tawaran kerja sama bisa menghubungi ke mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hit me up by dm instagram kak atau via email yang tertera di instagram 🙏

      Delete
  25. saya juga sering memasak pake resep dr yummy kak

    ReplyDelete
  26. Wah pas banget, buat ngolah daging qurban

    ReplyDelete
  27. Padahal tulisannya bagus, berguna tapi kok bisa ga menang ya? Jahat sekali timnya yang milih. Btw, kak aku udah coba resep ini dan betulan enak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin masih banyak yang lebih bagus Mba hehehhee. Alhamdulillah kalo enak Mba ikut seneng

      Delete