AKU BUKAN NAM DO SAN - PILLOWTALK

 


Hello,

Wassup buddies,

Apa kabar? Semoga baik-baik saja dan sehat selalu, yah. Aamiin. Aku kebetulan nulis ini pas malem minggu dan hujan. Biasanya dua bulan kebelakang tiap Sabtu Minggu aku selalu nonton Start Up. Sekarang udah abis dramanya bingung mau nonton apa weekend ini. Ngomong-ngomong soal Start Up, meski aku suka Han Ji Pyeong kadang aku ngerasa aku kaya Nam Do San. Iya, kata bapaknya Do San dia itu kan lack of ambitions heheh sometimes aku ngerasa gitu juga.

Tapi suatu hari tiba-tiba aku bersemangat lagi entah kenapa kaya pengen nulis aja gitu hahaha. Ealah bak gayung bersambut cieee banget wkwkkw aku liat di IDN Times lagi ada event nerbitin 30 artikel bakal dapet 10.000 poin atau setara 1 juta. Ya kapan lagi braaay 1 juta murni dari IDN belum lagi poin yang kita dapet dari viewers yang tiap hari terus ngalir entah cuma satu dua kan lumayan. Mungkin faktor pemicu lainya juga karena aku butuh ganti hape baru makanya aku bisa sengambis itu lagi.

Awalnya ga pasang target besar. Targetku cuma aku pengen bisa ngehasilin 1 juta bulan Desember ini dan aku punya 31 hari buat mewujudkan itu.  Kaya yang kalian liat di page IDN ku aku udah lama banget hiatus ga nulis. Sama sekali ga nulis. Jujur agak skeptis juga. Gimana kalo aku nulis 100 artikel tapi satupun ga tembus? Takut ga di-notice dan lain sebagainya lebih parahnya takut gabisa kekumpul 1 juta selama satu bulan. Bener-bener setakut itu ga sampe target.

Aku kembali nulis itu ya per 1 Desember 2020, aku submit 4 artikel pas itu dan ga lama dapet notif kalo tanggal 2 nya artikel aku bakal terbit. Fyuh, agak lega. Alhamdulillah terbit satu pikirku. Terus aku tanpa henti kirim artikel tiap hari. Alhamdulillah rutin terbit terus dr tanggal 2 sampe tanggal 12. Eh tanggal 11 ga terbit, aku gatau kenapa. Tanpa sadar I made it 30 artikel dalam 10 hari. Tanggal 12 kemarin, Alhamdulillah udah aku tukerin jadi poin. Eh baru masuk tanggal 21 wkwkw padahal tanggal 21 aktivitas buat redeem poin dihentikan karena yang bagian ngurus ini diliburkan dalam rangka libur Natal dan Tahun baru. Tapi gapapa lho setidaknya aku udah nyicil tenang 10.000 poinnya udah masuk. You did well, Ichut.

Jujur antara kaget dan ga percaya sama kemampuanku sendiri. Hah kok aku bisa? Masa sih aku bisa? Serius masih ga nyangka.  Mungkin ke depan aku gaboleh skeptis sama diri aku sendiri kali ya. Doain ya semoga aku bisa ngehasilin 30 artikel lagi. Ya meski kalopun ga sampe 30 artikel sampe tanggal 31 Desember juga gapapa sih. Masih ada paket 2 yang nulis 10 artikel dapet 2500 poin. Penting 1 juta udah ditangan dulu. Gilee cari duit gini amat, yak!

Oh ya selama 10 hari itu aku juga sempet ngalamin stress dan juga writers block sebentar. Karena ditekan masalah kerjaan utama aku sama ambisi biar gimana caranya nih artikelku bisa terbit. Jadilah rasanya kepala mau pecah. Back pain itu pasti hahahah. Ga keitung berapa belas kali refill tumbler aku. Ga sempet main game di Shopee juga hahah saking bener-bener pengen ngambisnya. Bahkan ayang aku aja jadi ga keurus huhuhu kasian :( wkwkkw sambil ngekode pake lagu Rizky Febian yang judulnya Cuek.

Selain itu aku kepengen berbangga karena dari 30 artikel yang aku submit semuanya dalam bentuk narasi. Huhu sesuai idealism aku yang berusaha banget menghindari bikin artikel potret gitu-gitu. Masalah artikelnya bermanfaat atau engga aku gatau juga ya hahah silakan kalian nilai sendiri. Kenapa aku menghindari bikin artikel potret gitu soalnya mostly orang ambil gambar dari artis yang bersangkutan ya buat apa dibikin kolektif gitu, lho. Bisa liat di IG nya sendiri. Kemarin malah ada yang bikin artikel postingan instragram artis X yang dapet like terbanyak. Astaga terbit sih terbit tapi ga gini juga . Eh tapi ya terserah sih. I won’t judge.

Eh kalau mau coba ikutan boleh, lho guys. Akutu paling gapapa-an kalo ada orang yang mau gabung IDN juga. Maksud aku kan ada kadang orang mau belajar mau coba tapi kita berusaha menghalangi dengan segala cara. Ya coba aja guys, rejeki kan ga ada yang tahu. Siapa tau emang malah passion kamu juga kan? Kan lumayan gitu tambah-tambah kamu buat belanja di Shopee, bayar kuliah, isi Gopay, langganan Netflix dsb.  

Tapi ya emang dapetin duitnya ga gampang. Lama banget naik poinnya. 1 poin itu untuk 100 orang viewers. Iya kalo yang baca per artikel kita 100.000 viewers lha kalo cuma 200 viewers? Kan baru dapet 2 poin. Padahal  biar bisa tuker poinnya kalo udah sampe 2500 poin. Apalagi belum pasti terbitnya juga. Harus konisten dan rajin submit. Sehari submit 9 artikel juga belum tentu besoknya terbit.  Bisa dapet duit cepet juga kalo ada event gini aja.  Kuncinya telaten dan sabar. Di dunia ini ga ada duit yang dateng tiba-tiba braaaay. Ga ada yang gratis di dunia ini. Pipis aja bayar.

Eh iya ini aku cerita pengalaman aja sih engga bermaksud mau riya atau apa, bisa nulis kaya gitu. Btw kalo mau coba juga silahkan ya. Mungkin bisa baca FAQ Nulis di IDN yang aku tulis juga di blog ini. Biar ada gambaran gitu. Kalo mau baca artikel aku juga boleh banget. Aku taruh di sini ya, kamu tinggal klik aja terus baca. Boleh kasih masukan, kritikan, saran yang membangun atau nyumbang ide harus nulis apa. Silahkan. Tapi kalo komen yang menjatuhkan maaf ya ga aku ga pengen menyerap energi negatif itu.

Sekian cerita aku kali ini hehehe semoga 2021 kita lebih banyak lagi rejekinya. Semangat terus semuanya semoga juga pandemi ini beneran segera berakhir, ya. Sehat selalu semuanya. I love each and everyone of you. See you on my next post. Bye.. byee

XOXO,



 

37 Comments

  1. Gila salut bgt sih sama Kak Ichut. Semuanya seru dan bermanfaat. Hampir semua yang terbit aku bookmark

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you yah udah mampir. maaf kalo masih banyak kekurangan

      Delete
  2. Sehari submit berapa ya kak biar bisa terbit tiap hari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga mesti paling banyak sih kayanya aku submit 9/10 gitu kalo lagi ga ada ide ya 1 atau 2 doang hehehehe. selepas udah tercapai 30 artikel itu ke sininya makin chill aja ga ngoyo bisa terbit 30 lagi ya hayuk ga ya gapapa

      Delete
  3. Istirahat kak jangan lupa ayangbebnya biar aku yang jaga

    ReplyDelete
  4. Tp jujur aja artikelmu emang selain menghibur bermanfaat gitu cara penyampainnya juga asik. aku jadi ketagihan baca

    ReplyDelete
  5. ya wajar sih terbit terus org tulisannya bagus-bagus

    ReplyDelete
  6. Maaf kak mau nanya? Berapa lama, ya proses kakak bikin 1 artikel itu? Kok bisa se-produktif itu, ya bisa nulis sampe lebih dari 2 artikel per hari? Aku nulis 1 artikel per hari aja sdh syukur alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga pernah ngitungin sih berapa lamanya yang jelas begitu ada ide langsung nulis. Di sela-sela break gitu kadang scrolling sosmed terus nemu inspirasi aja kadang orang ngetweet galau apa terus kepikiran aja giru. Harus diniatin banget ni soalnya kejar target bair terbit butuh ganti hape baru kak wkwkwk. Kakaknya semangat yaaaaak

      Delete
  7. Padahal lu kerja kantoran kok bisa dah tetep terbit terus? Lu ga WFH kan braaay? Ini sengaja gue pake inisal aja tanyanya. Jan bilang lu ga tidur ye? Aneh aja lu orang apa bukan sih. Di sosmed was wes terus masih kerja kantoran kok bs artikel lu tiap hari terbit tu gimana? Kacau ni IDN kalo sampe ga notice org kek lu. Millenial of The Month Januari 2021 kek @idntimes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidur lah gila aja. Ya gue sempetin buka sosmed biar fresh pikiran gue sekalian cari inspirasi. Ngedrakor juga kokkkk cuma ya kelarnya agak lama sempet sempetin lah. Meledak ni kepala kalo ga tidur. Hahaha aamiin

      Delete
  8. Tolong dong bikin lagi FAQ nulis di IDN 3.0 please kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti yaaah tapi gatau kapan. sempet kepikiran juga mau bikin hehehhe

      Delete
  9. Insinyur liat tulisan2nya Mba :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok insinyur sih? wkkwkwk gak usah insekyur wkwk santai aja

      Delete
  10. Kalau boleh tau, kakak ada berapa artikel pending bulan ini? Aku kalo artikelku kelamaan dipending jadi gak semangat buat lanjut nulis soalnya susah juga cari idenya:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 50 artikel lebih. Kalo misal aku ngerasa worth untuk diperjuangkan aku submit ulang dengan judul yang beda. Lolos banyak = pending banyak juga

      Delete
  11. Kak, klo nulis artikel hype/kpop gitu wajib dicantumkan juga kh sumber referensinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sekadar nulis kaya rekomendasi drama comedy misal atau ulasan artis kaya "idol yang berasal dari tiongkok" gitu ga perlu pake referensi. Tapi misal kalo kaya artikel "kdrama dengan rating tertinggi tahun 2020" itu wajib menyertakan referensi kaya menurut lembaga survey korea atau gimana kaya gitu. Semoga bisa dipahami yaaaa 🙏

      Delete
  12. Kamu kan emang Annichut bukan Nam Dosan 😄😄😄

    ReplyDelete
  13. Aku udah baca artikel kakak, lho. Seru-seru sih pembahasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih yah udah mampir. Semoga terhibur dan ada ilmu yang di dapet 🙏

      Delete
  14. Izin bertanya kak, kalo mau cari sumber foto artis korea yang ga punya instagram gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicari di akun agensi artis terkait yaa biasanya punya official akun instagram atau ambil di official websitenya biasanya suka ada. Kalo ga ada coba cari aja di naver atau situs-situs korea lain yang kredibel. Kalo misal adanya twitter official atau facebook official, weibo dsb bisa dipake juga. Penting official

      Delete
  15. Pernah dulu baca artikel cinta2 pas dibaca rasanya agak kurang realistis pas liat foto profil masnya makin tambah gak yakin. Tapi betul beda rasanya baca artikel tentang relationship yg ditulis sama Mbak. Sepertinya ditulis berdasarkan pengalaman, jadi terasa lebih dekat dan lebih real. Kalo dari wajah mbaknya sih pasti pengalaman pribadi, ya hehehe kalo dari wajah masnya yang nulis kemarin itu saya kok jadi sangsi. Selamat malam dari saya pembaca baru blog Mbaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kok gitu hehehhe kalo kira-kira saya nulis artikel otomotif kira-kira kamu bakal percaya ga ya? btw makasih ya sudah menyempatkan mampir

      Delete
  16. Gimana sih caranya bikin artikel kumpulan resep gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku sih berdasarkan pengalaman karena aku emang suka masak. Paling anti deh ngawur resep. Ya tinggal bikin aja gitu aja sih. Jangan copas ntar ga lolos plagiasi

      Delete
    2. Jadi kepikiran mas-mas yang nulis artikel resep gt asli resep dia apa nyontek di internet ya?

      Delete
  17. Aku pikir awalnya nulis artikel gitu gampang, gk taunya susah banget. Bahkan kayanya dilihat aja engga. Salut buat kalian semua yang bisa terbitin hampir tiap hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat juga dong, coba tulis lagi aja. Yg di kolom pending kita juga segunung kok. Coba lagi aja jangan menyerah yah

      Delete
  18. Aku sdh nanya lebih dua kali, lho di kolom komentar blog mbak ini...Hehehe karna bisa anon akhirnya gak punya malu...Maaf ya klo mbaknya direpotkan dan makasih juga sdh menyempatkan waktunya untuk menjawab dan sharing ilmu menulisnya..Sukses trs buat mbaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi ada sebuah pengakuan, nih. Nanya yang banyak juga gak apa-apa hahah selagi bisa aku jawab pasti aku jawab. Kita sama-sama belajar aja, yaaak. Aamiin makasih doa baiknya. Doa baik kembali ke kamu juga, yah

      Delete