SUKSES MENURUT ORANG INDONESIA – PILLOWTALK

 

Hello,

Wassup buddies,

Apa kabar, nih? Semoga sehat dan bahagia selalu, ya. Hehehe sempat ditanya di DM kenapa selalu mengawali  postingan dengan menanyakan kabar. Gatau ya emang udah kebiasaan aja dan lagi berharap juga siapapun yang baca postingan aku masih dalam keadaan sehat dan bahagia. Doaku yang tulus buat kalian semua.

25 Desember kemarin aku baru aja berulang tahun ke 26. Usia yang bagi sebagian orang udah cukup matang, tua, bahkan anak kelahiran 2000-an gak segan melabeli generasiku dengan sebutan ‘tante’. Yowes sakarepmu. Cukup sensitif juga sih bahas umur di sini hahaha tapi yasudah ditutupi juga buat apa toh emang gitu faktanya. Aku pribadi, sih ngerasa masih jauh dari kata sukses menurut versiku. Menurut masyarakat JELAS HIDUPKU JAUH DARI SUKSES!

Orang Indonesia itu cuma punya dua standar sukses. Pertama nikah. Kedua kerja jadi PNS. Jelas aku bukan keduanya. Tapi apa aku gagal? Ya enggalah enak aja. I just walk on my own timeline. Aku lagi jalan dan meniti garis waktuku sendiri. 

Ya gabisa disamain sama Putri Tanjung, ga bisa juga disamain sama temen sebangku pas SD yang jadi juragan atau udah nikah anak 2 atau temen SMP yang udah jadi janda atau duda. Definisi sukses bagi setiap orang itu berbeda. Postingan ini gak bermaksud buat ‘ngayem-ayemi’ (menentramkan) hatiku, lho ya. Bukan juga buat pembenaran atas apa yang belum aku raih dan orang lain sudah raih.

Mungkin ga cuma aku. Ada banyak aku-aku lain di luar sana yang bernasib sama. Kita bukan produk gagal guys. Kita bukan juga sperma yang sia-sia.  Bukan perkara siapa yang duluan sukses. Tapi gimana kita menghargai setiap proses. Ini bukan kalimat motivasi ala Merry Riana dengan 2 juta dollarnya. Bukan juga ala Mario Teguh. Ini keluar dari dalam hati aku sendiri yang bener-bener udah capek banget denger omongan orang.

Ada kalanya kita perlu tutup kuping atas segala omongan orang tentang hidup kita. Memangnya hidup sebatas nikah dan jadi PNS aja? Kalau dua itu sudah di raih lantas apa selanjutnya? Sukses itu bisa beli Gunung Rinjani? Punya villa di Raja Ampat? Beli cottage di Bali? Anak sukses masuk Oxford? Apa? Kenapa kita harus repot-repot menuruti ego mereka dengan ngasih validasi?

Memang mereka sendiri sudah sukses? Berhenti membandingkan pencapaian orang lain dengan kita. Mungkin sejauh kita melangkah ada yang diam-diam kagum dengan kita. Ada juga yang mungkin ingin berada di posisi kita. Lalu kenapa kita harus ngedengerin orang yang tiap ketemu cuma tanya ‘kapan nikah?’ ‘malem minggu kok di di rumah aja’ LAGI CORONA ANJENG ingin teriak kaya gitu ga sih di kuping mereka?

Ini hidup kita guys, gausah repot-repot ngasih validasi buat orang-orang yang akan terus nanya kapan ini kapan itu kok ga ini kok ga itu. Kita ga pernah tahu gitu rahasia Illahi. Allah ga ngasih spoiler kita nih nanti mau jadi apa jadi kaya gimana? Ha mbok ya daripada sibuk ngurusin hidup orang mending ya kerja atau apa. Lebih berguna. Perbanyak nyisir ketimbang nyinyir.

“Udah umur segini kok belum nikah sih” Ya ada juga kali di umur segini malah udah meninggal. Dikira nikah ajang MotoGP aja balapan siapa duluan sampe finish? Hidup kita tu udah penuh urusan, penuh masalah, penuh tekanan. Kenapa gitu ditambah harus denger omongan yang memuakkan? Apa itu fungsi lain mulut tetangga?

“Kenapa kerja kaya gitu? Enak juga jadi PNS. Hidup terjamin masa depan indah ga pusing mikir pensiun” Lah, iya kalo umur sampe pensiun yak? Kalo baru dua tahun jadi PNS dah wafat apa ga dipikirin? Manusia tu kalo dipikir kadang kelewat takabur. Kaya berasa bakal hidup selamanya di dunia. Kemungkinan sakit, meninggal dan sebagainya ga dipikirin juga. Lho, bukan ngajak sugesti hal yang buruk. Lha wong fakta kok. Kita kan juga ga dikasih spoiler kapan bakal gak ada? Ya maunya sih muda foya-foya, tua kaya raya, mati masuk surga. Tapi ya kita ni siapaaaaa kok seenaknya bisa ngatur-atur Yang Maha Kuasa?

Buat kalian yang lagi struggling kaya aku ngadepin quarter life crisis. Semangat guys, ini bagian dari hidup yang harus kita jalani. F*ck the standard of success by our society. Make your own definition of success. Belum jadi CEO di usia segini bukan berarti kita gagal. Belum nikah di usia segini bukan berarti kita gagal. Gak jadi PNS bukan berarti kita gagal. 

Justru mereka yang mengganggap kita GAGAL adalah orang GAGAL yang sebenarnya. Mereka terlalu dini menilai kita. Ibarat bunga kita lagi jadi kuncup guys. Be patient and let’s bloom together.

Oh ya sebelum menutup postingan ini, kalo ditanya ‘Apa bahagia?’ YES, I AM. YES WE ARE. ABOSULTELY HAPPY. Bahagia itu bisa dateng dari mana aja. Ga melulu bahagia bersumber dari materi atau bahkan orang. Justru saking bahagianya malah jarang mengabadikan momen, because we live in that moment. Manusia emang hakikatnya gabisa hidup sendiri tapi pengaplikasiannya banyak gak melulu perkara gabisa hidup sendiri = harus selalu punya pasangan. Jangan sempit mikirnya sayang.

Terus pertanyaan lain lagi ‘Apa sih yang dikejar apa yang masih dicari?’ BANYAK. GABISA DISEBUTIN SATU-SATU DAN APA YANG AKU KEJAR, APA YANG DIA KEJAR, APA YANG KAMU KEJAR BEDA-BEDA. Stop ngurusin orang lain. Stop maksain standar moral, bahagia, hidup, masyarakat dan sebagainya yang kamu anggap benar buat dipaksain sama orang lain. Hidup ga melulu ikut standar kamu sayang.

Terakhir, pertanyaan buat yang suka nyinyir dan tanya ini itu dan ngebandingin hidupnya dengan orang lain : Are you really happy? Apa kamu puas dengan apa yang udah kamu raih? Apa yang akan kamu lakuin kalo tiba-tiba semua itu menghilang? Apa definisi sukses buat kamu? Apa kamu udah bener-bener sukses sekarang? 

Saran dari aku kalo kamu bener-bener happy dan udah ‘sukses’ dengan hidupmu harusnya kamu ga ada waktu ngurusin orang lain. Or you just got jealous at us? Because following the society standard took your happiness and freedom? If it doesn’t you have to mind your own business, darl. 

Anakmu butuh susu!

Sekian postingan dari aku. Maaf kalo ada beberapa kata kasarnya. Itu cuma luapan emosi aja hehehe. Spread the positive vibes. I love each and every one of you.  See you on my next post. Bye bye...

 

XOXO, 



 

 

 

 

6 Comments

  1. dat 'anakmu butuh susu' really slaps my neighbor wkwkwkwkwk ss mau jadiin story wassap ya kak ^^

    ReplyDelete
  2. wajib viral sih ini anjir

    ReplyDelete
  3. Menyuarakan banget isi hatiku

    ReplyDelete